Konflik Suriah..dari ranah lokal ke regional menuju global…

syria_division_2012-2-1_v3Ada satu peristiwa yang bisa jadi merupakan kabar yang akan mengejutkan dan berpotensi mengubah peta global geopolitik maupun pengaruh kawasan di dunia ini dalam waktu mendatang. Peristiwa tersebut adalah larutnya konflik di Suriah yang mulanya merupakan bentuk perlawanan dan perjuangan mayoritas rakyat Suriah terhadap rezim yang berkuasa saat ini sejak tahun 2011, namun kini sudah menjadi pertarungan pengaruh antara pihak-pihak yang memiliki kepentingan di sana. Kekuatan-kekuatan besar di dunia, terutama yang memiliki pengaruh militer kuat ternyata ikut andil dalam memberikan pengaruh.

Konflik Suriah pada awalnya dimulai dari kekecewaan besar dan penindasan rezim yang berkuasa terhadap rakyatnya sendiri, maka timbullah perlawanan dari rakyat dan akhirnya mengemuka menjadi perlawanan dan perjuangan secara sistematis untuk mengakhiri rezim. Tidak dipungkiri bahwa menggeliatnya perlawanan rakyat Suriah banyak diilhami oleh ‘Musim Semi Arab’ yang melanda negara Tunisia, Mesir, Libya  di tahun 2009 sampai dengan 2011 dan kini diikuti rakyat Suriah. Posisi Suriah cukup istimewa, karena rezim sekarang (Bashar Asaad) adalah sekutu utama Iran dan kelompok ‘Hizbullah’ syiah Libanon. Namun, pihak lain yang melihat keistimewaan dan letak strategis geografis membuat banyak pihak yang juga ingin terjun baik terlibat secara langsung atau diam-diam.

Siapa saja blok blok besar yang saat ini ikut ‘bermain’ secara diam atau langsung, secara keseluruhan bisa dibagi dalam 4 kelompok besar dan berikut adalah motif kelompok-kelompok tersebut.

Motif

Blok

Iran, Hizbullah Syiah Lebanon

Rusia – China

AS, Sekutu (NATO) dan Sekutu Arab (Saudi, Oman, Qatar dll)

Kataib Suriah / FSA, Mujahidin Global, Daulah Islam Irak Syam

Menyelamatkan proyek imperium Syiah Persia Raya (‘Bulan Sabit Syiah’)

Ya

Menyelamatkan Rezim Bashar dan ideology Syiah

Ya

Ya

Melawan Intervensi dan hegemoni AS/Barat

Ya

Ya

Melawan kekuatan Islam Ahlussunnah waljamaah

Ya

Ya

Ya

Memadamkan kekuatan jihad dan mujahidin islam

Ya

Ya

Ya

Memperkuat hegemoni politik luar negeri

Ya

Ya

Melengserkan rezim Bashar Asad

Ya

Melindungi kepentingan Israel

Ya

Menguasai sumber daya alam ala kapitalis

Ya

Menolong dan membebaskan rakyat suriah  dari penindasan rezim.

Ya

Menolong sesama umat islam dan kaum muslim

Ya

Melawan musuh-musuh islam secara ideologis (zionis dan kafir harbi)

Ya

Menegakkah syariah Islam

Ya

Mendirikan milestone menuju khilafah

Ya

Blok para pejuang/Kataib Suriah yang mendapat dukungan penuh dari sebagian besar rakyat Suriah saat ini cukup dominan. Jika di awal tahun 2012 hanya menguasai 30% wilayah, sekarang (Mar 2013, Polgeonow.com)  sudah menguasai hampir 70% wilayah Suriah. Meskipun mendapat gempuran keras dari rezim Asaad yang dibantu sekutu terdekatnya, Iran dan Syiah Hizbullah serta Rusia.

syria_uprising_2013-03-08Dengan banyaknya blok yang ikut dalam konflik Suriah ini, maka prediksi penulis  konflik akan berlanjut secara panjang dan menyeret ke negeri-negeri lain sekitarnya (Lebanon, Yordania, Irak, Turki, Palestina/Pendudukan Israel dll) pada tahun-tahun berikutnya . Potensi konflik global akan menggurita, karena begitu banyak pihak yang terlibat. Beberapa pihak yang bermain di sana juga nantinya akan memperlihatkan ‘topeng’ sebenarnya. Siapa yang nantinya akan keluar sebagai pemenangnya? penulis berharap seperti halnya kisah cerita silat dimana awal-awal  mula selalu mengalami masa berat dan penindasan, namun pada akhirnya sang pembela kebenaran yang menang.  Kisah yang selalu berakhir manis terkadang memang mesti melewati jalan yang terjal.

Referensi :

Abu Yahya. 2013. Siapa yang bermain di Suriah. dari laman http://www.an-najah.net/fokus/siapa-yang-bermain-di-suriah/

Political Geography Now. 2013. Syria Uprising Map, dari laman http://www.polgeonow.com/2013/03/syria-uprising-map-march-2013-9

Syria. 2013. Dikutip dari laman http://en.wikipeda.org/syria