Read it first

Selamat datang dan menikmati situs web blog Ilmu SDM

Situs ini dibuat untuk mereka yang senang mempelajari segala hal terkait dengan Sumber Daya Manusia, agar dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia menjadi sumber daya yang unggul, kompetitif, berharga dan bermartabat.

Dibuat dalam bahasa indonesia, karena memang mengkhususkan diri untuk pengembangan sumber daya manusia indonesia, dengan tema utama adalah SDM dan aspek terkait didalamnya.

Bila berbicara tentang SDM, tentu tidak hanya berbicara aspek sempit/ fisik semata, namun juga memandang SDM secara holistik dengan melihatnya dalam berbagai dimensi yakni physical being, social being, human being, emotional being dan spiritual being. Sehingga lebih tepat jika SDM disebut sebagai makhluk multidimensi.  Aspek berikut yang akan dibicarakan juga meliputi atmosfer yang melingkupi SDM yakni tentang mengenai organisasi yang menjadi tempat bernaung. Organisasi ini bersifat luas, bisa berwujud perusahaan ataupun jaringan (social – network). Dengan demikian, pembahasan organisasi mengenai structure, leadership, organizational capability, system, culture, values akan sering dibahas pada webblog ini.

Dalam menganalisa dan menghayati aspek SDM, tentunya diperlukan pendekatan yang bersifat menyeluruh dan komprehensif. Karena itu, tema-tema seperti competency, talent, analytical thinking, human resources system management, information system, human capital, new-approach management tools, excellent model, quality, work-life balance, organization capability, culture development, emotional / spiritual management, human intelligence, eco-management, positive management, human philosophy, human sociology, process re-engineering, structure, strategic thinking, psychology, ethics, morale akan banyak disinggung dalam web blog ini. Tidak menutup kemungkinan juga membahas aspek metafisika, psikososial, bisnis, ekonomi, finansial, teknologi, politik yang tentunya dapat menambah khasanah keilmuan mengenai SDM.

Penulis bukanlah seorang ahli dalam semua bidang-bidang diatas. Namun, dengan membagi apa yang menjadi pengetahuan dan pengalaman penulis, diharapkan dapat membantu pemahaman bersama dan meningkatkan pengetahuan mengenai keilmuan SDM secara menyeluruh. Dalam banyak hal, penulis merasakan masih terus belajar dan belajar (lifelong learner), sehingga bisa disebut dalam sebagian besar hal masih pemula (novice).  Namun, penulis termasuk yang mempercayai, bahwa pengetahuan itu tidaklah datang dari satu arah (one-direction), namun merupakan convergence, suatu proses terus menerus, dengan pandangan-pandangan yang saling melengkapi baik bersifat berlawanan atau mendukung sehingga terjadilah proses thesis-antithesis-sinthesis berkelanjutan. Karena itu umpan balik terhadap weblog ini sangatlah diharapkan.

Akhirul kalam, semoga webblog ini dapat membantu siapa saja yang berminat untuk mengembangkan pengetahuan di bidang keilmuan SDM.

Tengku Shahindra, tshahindra@yahoo.com

SMS/Mobile/Whatsapp : 08118400339

Jakarta 2007

71 pemikiran pada “Read it first

  1. Sangat bagus…
    Terima kasih sudah menyumbangkan pengetahuaannya dalam bidang HR.
    Saya berharap ke depan artikelnya banyak contoh studi kasus yang terjadi di lapangan agar SDM Indonesia lebih maju.

  2. Terimakasih untuk saudara yudi dan steve, saya akan berusaha terus mengupdate tentang HR ini untuk menambah kemajuan dan pengetahuan SDM indonesia.

  3. Rekan Shahindra,

    Saya senang melihat ada blog yang anda bangun ini. Berbagi memang prinsip yang indah untuk dilaksanakan seperti diingatkan Stephen Covey dalam moto hidupnya: Learn, Live, Love, Leave a legacy (meninggalkan warisan).

    Semoga blog ini semakin rame.

  4. Untuk rekan ismi, nanti akan ditambahkan template/form-form HRnya.

    Sama-sama, pak Gabe. Saya jadi ingat pepatah lama, tidak akan miskin orang yang sering bersedekah, tidak akan makin bodoh orang yang sering membagi ilmu. Justru yang terjadi sebaliknya😉

  5. Assww

    Pa T. Shahindra,

    Saat saya ingin mengenal lebih jauh HRD, blog anda telah memberikan ilmu (penjelasan) yang begitu rinci.

    Ilmu SDM yang anda berikan yang dilengkapi pula oleh Pa Yodhia sangat bermanfaat bagi orang lain,

    Saya yakin bahwa kebaikan anda tentunya akan mendapat “ridhoNya” karena bekal menuju akhirat adalah “doa anak yang saleh (tidak hanya doa anak kandung termasuk doa anak2 non kandung), “amal jariyah ” dan “ilmu yang bermanfaat”

    Apakah Pa Shahindra akan membuat subscribe seperti blognya Pa Yodha ? apabila ya…tolong saya didaftar sebagai member…

    Sekali lagi terima kasih atas ilmunya dan SELAMAT…

    wass

    dewi poedjiastuti

  6. Buat mbak Dewi Pudjiastuti, thanks untuk informasinya, akan saya pikirkan model seperti ini. Selama ini belum pakai model member..

    Buat mbak dewi ashuro…keep on learning, silakan tanya aja. Jangan lupa belajar terus ya…

    Terimakasih untuk pak widi fajar, semoga kita semua selalu berjaya..

  7. Pak Indra,

    Salam Kenal, ya. Mau sedikit komentar, boleh ?

    Wah, saya sependapat lho kalo dikatakan bahwa SDM adalah mahluk multidimensi. Rasanya tidak akan pernah habis tuntas kalau kita berusaha memahami keberadaan dan dinamika SDM. Dari sudut pandang tinjauan manapun, masih saja ada celah atau black box yang menjadi misteri. Kedepan saya yakin akan banyak tinjauan baru yang akan menambah pemahaman akan misteri SDM.

    Keep writing, pak Indra.

  8. Terimakasih buat dukungannya,

    Sudah beberapa minggu tidak sempat update blog, karena kesibukan di kantor. Tapi saya akan terus berusaha untuk update dan share informasi mengenai sdm semaksimal mungkin. Mudah2an setelah ada waktu sedikit luang, update akan bisa normal kembali.

    salam hangat,
    indra

  9. Waduh secara gak sengaja aku buka website ini…kebetulan lagi disuruh direktur buat Penilaian Kinerja….thank u banget yach ilmu sdm daku merasa nemuin dunia baru…sekarang jadi langganan dech.,.muachhh

  10. Mbak Sandra,
    Silakan eksplorasi yang ada di web ini. Mohon maaf, beberapa waktu lalu tidak sempat update karena tugas ke luar pulau sekitar sebulan. Insya Allah akan update selanjutnya,

    salam hangat,
    Indra

  11. Salam kenal dari saya Rasikun lebih akrab dikenal Aaqun, informasi ini bagus banget bagi yang mau mempelajarinya kalau ada yang punya soft copy tentang STANDAR SOP AUDIT SDM boleh kirim-kirim ke saya itu si kalau boleh?

    salam kenal
    rasikun

  12. Mas Rasikun,

    Boleh saja kalau mau softcopy audit SDM. Tapi perlu pemahaman tujuan audit SDM yang mas mau lakukan. Apakah untuk improvement, pemenuhan standar atau hanya sekedar memenuhi persyaratan. Audit SDM secara berkala tidak hanya membantu agar sistem dan prosedur SDM yang ada tetap memenuhi persyaratan, namun juga membantu aspek finansial perusahaan agar tetap stabil dan mantap. Tentu saja, itu didapat setelah adanya implementasi dari rekomendasi hasil audit SDM yang telah dilakukan.

    salam hangat,
    Indra

  13. Hallp Pak Ilmus

    DIkatakan bahwa fungsi audit SDM dapat merujuk pada standart (pemda & Pemprov). Mohon bisa diberikan contohnya dan pejelasan lebih lanjut

  14. Halo pak Indra lam kenal….
    Terima kasih sudah banyak membantu dibidang kerja saya.. kebetulan saya pegang HRD , kasih contoh donk mas gimana seh Performance Appraisal yang berbasis kompetensi karena penilaian yang ada sekarang masih perlu dikembangkan…ada contoh dari Perusahaan X engga misalnya…thanks

  15. Salam kenal juga mbak windu.
    Untuk penilaian performance appraisal berbasis kompetensi, mbak windu perlu menambahkan aspek kompetensi ke dalam sistem penilaiannya. Sesuaikan saja aspek kompetensi yang perlu dicapai dengan jabatan yang disandang oleh karyawan bersangkutan.
    Misalnya, untuk penilaian kinerja, berbasis KPI untuk IT network engineer :
    – Server availability (uptime)
    – Network intrusion percentage
    – Spammer, spyware detection percentage.
    Terus tinggal ditambahkan aspek kompetensinya, kemudian diberi rating, seperti :
    – Organizational commitment
    – Result Driven Orientation
    – Teamwork & cooperation.
    – Database Management System
    – Cabling & Networking..dst
    Mbak winda bisa menggunakan metode 360 degree untuk penilaiannya kompetensi (soft) atau hasil test untuk yang technical skill (hard).
    Mudah-mudahan kalau sempat contoh riilnya bisa saya upload di webblog ini.

    salam hangat,

    Indra

  16. Salam kenal juga mas siswo,
    Iya, untuk mengelola sdm, sebaiknya sudah bisa mengelola diri sendiri, mengelola unit terkecil (keluarga misalnya), baru mengelola orang lain. Ada korelasi positif antara hubungan diatas.

    salam hangat,
    indra

  17. Dear pak Tsahindra,

    saya menemukan situs bapak pada saat sedang googling karena membutuhkan pemahaman dan pengetahuan tentang HRD yang baru saja saya emban.

    saya memang butuh sekali pengetahuan mengetanai performance management

    semoga bapak dapat terus mengelola situs ini dengan uptodate

    akhirul kalam saya sampaikan terima kasih

    GBU

    • Dear Sdr Maharlika,
      Terimakasih atas dukungannya, semoga saya masih bisa diberi kesempatan dan tenaga untuk terus mengupdate blog ini.

      salam hangat,
      tshahindra

    • Terimakasih atas kunjungannya pak,
      Semoga kita semua mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari web blog ini,

      salam hangat,
      tshahindra

  18. Wowww………This is really an excellent blog…..can add insight about the science of human resources, presented in a straightforward and easy to understand even for ordinary people .. 4 thumbs for u. ..keep on writing….

  19. yth. bpk tshahindra

    Situs ini akan sangat membantu saya & teman-teman praktisi sdm dalam mendalami dunia sdm.

    Terima kasih.
    Semoga terus berkembang & up date

    Salam hangat,

    Ningrat

    • Salam kenal juga,
      Blog 3Cvirtual bagus sekali, semoga blog ini bersama blog lainnya mampu memajukan kualitas SDM khususnya di indonesia,

      salam,

      Tengku Shahindra

  20. Insya Allah bermanfaat and berkah,
    V suka sama tagline blognya :

    mencerdaskan dan mencerahkan dengan mempelajari ilmu SDM
    🙂

    #If you want one hundred years of prosperity, grow people (pepatah bijak)#

  21. Saya sedang mencari lembaga yang bisa mengaudit struktur organisasi yang telah ada sekarang di perusahaan, boleh saya telpon pak indra untuk diskusi? Atau mungkin ada saran dari Pak Indra atau rekan lainnya? Salam hangat …

  22. kalau saja ilmu SDM ini bisa diterapkan melalui jalur pendidikan formal seleval D1 tentunya akan banyak anak-anak muda yang mau belajar tentang SDM
    Brovo

  23. Ping balik: Layanan bagi UKM | ilmu SDM

    • Silakan mbak Annisa,
      Semoga blog ini membantu untuk mereka yang mau belajar, karena saya sendiri juga masih belajar..:)

      salam,
      T Shahindra

  24. Mas Syahindra, blog nya bagus dan sangat bermanfaat,
    energi untuk nulisnya pasti luar biasa.

    Uda punya buku mas ? kata teman2 saya penulis buku, maaf nih, kasian para blogger abis tenaga nulis, emang dapat pahala sih, bagi ilmu.Tp kalo diitung-itung uda jadi buku.

    Tapi kalo nulis buku 200 hal (standar buku pop-knowledge) misalnya di Gramedia, bisa lebih eksis lagi mas, goresan sejarah peradaban. apalagi kalo bukunya dipakai universitas tertentu, nanti bisa jadi pembicara dimana-mana.

    Tp silakan lanjutkan mas, ini cuman ide aja, jngn patah semangat.

    • Terimakasih mas Andi untuk dukungannya,
      Ya, untuk buku sedang dalam tahap akhir. Tinggal edit dan kirim ke penerbit independen atau indie.
      Insya Allah tahun ini akan muncul.

      Salam hangat mas Andi,
      T. Shahindra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s