Superkomputer tercepat di dunia dan Indonesia

Penulis mencoba mengecek data Supercomputer negeri ini di laman Top500. Ternyata, tidak ada satupun komputer dengan kategori super dari Indonesia. Hampir tidak percaya, negara sebesar ini, penduduk 280 juta, ternyata untuk urusan teknologi komputasi tercepat tidak masuk daftar. Jelas, jika ada yang bilang Indonesia tertinggal 20-30 tahun an teknologinya dengan negara maju, maka penulis akan mengamini.

Ini bukan berarti negara kita tidak memiliki supercomputer. Di fasilitas High Performance Computing LIPI, telah ada Supercomputer Mahameru dengan 2864 core processor, 13.552 GB memory dan kapasitas penyimpanan 4 Petabytes atau sekitar 4 juta GB. Tampaknya sangat mengesankan jika dibandingkan komputer PC tercanggih sekalipun. Tapi jika dibandingkan dengan Supercomputer paling buncit dalam daftar Top500, maka itu hanyalah sepersepuluh kekuatannya.  Apalagi jika dibandingkan posisi 5 besar puncak, yang memiliki antara 1.5 juta sampai 12 juta core processor. Ibarat  semut lawan gajah kemampuannya.

Bandingkan dengan negara tetangga yang jauh lebih kecil dari Indonesia. Singapore menempatkan 3 Supercomputer di dalam daftar. India ada  6 , sedangkan Australia ada 5. Bagaimana dengan negara seperti China, Amerika dan Jepang? China kini telah menggeser Amerika sebagai pemilik Supercomputer terbanyak di dunia dengan 229 unit, Amerika di tempat ke dua dengan 108 unit dan Jepang di No 3 dengan 30 unit. Dalam top 10, China menempatkan dua supercomputernya.

Lantas siapa posisi pertama, kini dipegang oleh Summit Computer buatan IBM untuk Oakridge National Laboratory dengan kecepatan 148 PetaFLOPS (Floating Point Operating Per Second) atau sekitar 0.145 ExaFLOPS. Bahkan kabar terbaru, AMD Bersama Cray Research akan membangun supercomputer terkuat di dunia, dengan kecepatan 1.5 ExaFLOPS . Kemampuan ini setara dengan 160 supercomputer tercepat  dikombinasikan, dengan bandwidth 24 juta kali lebih cepat dibandingkan koneksi fixed broadband internet residensial 100 Mbps, dan mampu memproses 100 ribu HD movies 4K dalam waktu sedetik.

Menarikya, langkah China juga akan membangun kembali supercomputer lebih cepat daripada yang dimilikinya saat ini, yaitu Sunway Taihulight supercomputer. Sejak Amerika melarang ekspor chip semiconductor Intel, AMD, Nvidia ke China, mereka telah membuat chip processor sendiri yang disebut Matrix-2000. Sunway memegang posisi puncak Top500 sejak bulan Juni 2016 sampai bulan Juni 2018, sebelum diambil alih Summit Computer, IBM.

Perkembangan cepat teknologi 5G-6G network, artificial Intelligence, prediksi cuaca global, simulasi aircraft /ship/ automobiles design, earthquake modelling, advanced material, human genome, molecular modelling,  simulasi peledakan nuklir, riset fusi nuklir, telah membuat lembaga Qingdao National Laboratory for Marine Science and Technology,  National Supercomputing Centre of Tianjin dan National Supercomputing Centre di Shenzhen (Semacam BPPT-LIPI China) untuk mengupgrade kemampuan supercomputernya dengan komputasi Exascale pada tahun 2020, 2021 dan 2022. Boleh dibilang, ini merupakan upaya China mempertahankan ‘kepemimpinan dan dominasi’ kecepatan supercomputer nya sejak berhasil mengalahkan dominasi Amerika pada daftar Top500 supercomputer di dunia.

Bagaimana dengan Indonesia ? sayangnya sampai tulisan ini dibuat (September 2019) tidak ada satupun pernyataan dari pemerintah, lembaga resmi pemerintah, Kemenristek, BPPT, LIPI atau lembaga kompeten lainnya yang menyebutkan ambisi pemanfaatan secara penuh teknologi komputasi, roadmap supercomputer untuk membantu pengembangan riset teknologi pesawat / kapal / kendaraan, kecerdasan buatan, keselamatan bencana, lingkungan, riset genome maupun material demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s