Siapa negara dengan tinggi badan penduduk tertinggi dan terendah di dunia?

hollywood-height-chartJika anda ditanya mengenai negara mana yang memiliki penduduk tertinggi di dunia, mungkin anda beranggapan bahwa negara itu adalah Amerika. Ternyata salah besar. Meskipun  di film atau televisi kabel  sering diberitakan tentang atlet atau bintang film dengan tinggi badan besar, secara rata-rata tinggi badan penduduk mereka tidaklah sebaik negara Eropa. Rata-rata tinggi penduduk pria Amerika hanya 176 cm, dan perempuan sekitar 163. Berarti jika di Amerika, tinggi badan penulis masih diatas rata-rata penduduk sana🙂

Lantas siapa negara pemegang rekor tinggi badan penduduk dunia? Ternyata negara itu pernah punya hubungan historis dengan negara kita.

Adalah negara Belanda yang kini masih memegang rekor penduduk dengan dengan tinggi badan teratas. Rata-rata pria Belanda memiliki tinggi badan 183 cm, dan perempuan tinggi badannya 170 cm. Bagaimana dengan rata-rata di dunia. Secara rata-rata tinggi badan penduduk negara di dunia adalah 172 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk perempuan.

Nah, ini yang menarik tapi juga menyedihkan. Tentunya ingin tahu berapa rata-rata tinggi penduduk Indonesia. Sebagai negara terbesar ke 4 di dunia dalam jumlah penduduk, ternyata Indonesia menempati posisi terendah penduduk dengan tinggi badan terpendek. Kalah dibandingkan Vietnam, yang negaranya bahkan merdeka lebih baru dari Indonesia. Rata-rata pria dewasa di Indonesia hanya memiliki tinggi 158 cm, dan untuk perempuan 147 cm. Vietnam, memiliki pria dengan tinggi 162 cm, dan perempuannya rata-rata tinggi badan 152 cm. Indonesia memang bermasalah dalam nutrisi, dimana negara ini memiliki rekor tertinggi konsumsi beras per kapita, melebihi negara asia seperti India, China dan Jepang.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan mengapa penduduk suatu negara pendek atau terus bertambah tinggi, ada faktor internal seperti genetik maupun faktor eksternal seperti pola makan, gaya hidup dan diet. Jepang pada abad 19 memiliki rata-rata tinggi badan lebih rendah dari negara China. Kini mereka sudah melampaui tinggi badan penduduk China secara rata-rata, dimana pria Jepang memiliki tinggi 171 cm, dan China 167 cm. Perubahan gaya hidup, faktor nutrisi, konsumsi protein dimana dulu bangsa Jepang sering mengkonsumsi karbohidrat tinggi sekarang berubah menjadi konsumsi protein hewani ikan serta diet tinggi protein telah merubah tinggi penduduk bangsa jepang saat ini.

Kondisi paling nyata dan eksplisit terlihat di bangsa korea, yang boleh dibilang genetiknya sama.  Pria Korea Selatan sekarang tinggi badannya mencapai 173 cm, sudah melampaui ‘saudara perang’ nya di Korea Utara yang rata-rata tinggi badan pria hanya sekitar 164 cm. Padahal seratus tahun lalu, ke dua negara ini masih menyatu dan sekarang dengan kemajuan, budaya serta kesejahteraan penduduk maupun pola hidup budaya penduduk Korea Selatan yang berbeda dan Korea Utara, menyebabkan perbedaan tinggi badan warganya.

Amerika, negara kampiun teknologi  sekarang justru mengalami problem dalam tinggi badan penduduknya. Lha kok bisa?. Di tahun 1750, penduduk Amerika Utara memiliki tinggi badan 173 cm, dimana saat itu lebih tinggi sekitar 5-8 cm dari rata-rata penduduk Eropa Utara. Namun kini negara-negara di Eropa seperti Belanda dan Skandinavia seperti Norwegia, Swedia,Finlandia sudah melampaui tinggi badan penduduk Amerika, dengan rata-rata di atas 180 cm, dimana penduduk umumnya mengkonsumsi makanan rendah lemak daripada Amerika. Sebaliknya, Amerika sekarang banyak dipenuhi penduduk Imigran dari dunia ketiga, seperti Asia, Amerika Selatan dan lainnya dimana diet makanan dan pola hidupnya sangatlah jelek dibandingkan Eropa. Tinggi gula, tinggi lemak pada makanan fastfood yang masih menjadi favorit sebagaian besar penduduk Amerika. Kini, masalah obesitas melanda penduduk pria Amerika. Studi dari Gallup  menunjukkan tingkat obesitas (BMI Body Mass Index : 30) penduduk Amerika meningkat menjadi 27.2% pada tahun 2013. Jika diukur berdasarkan BMI (normal BMI berada diantara 18.25 – 25), dimana jika BMI diatas 25, dianggap sudah berlebihan berat badan, maka ada 62.7% penduduk Amerika memiliki berat diatas normal atau hampir 2/3 penduduk kegemukan.

Lantas, bagaimana menambah tinggi badan penduduk dengan alamiah. Sederhana saja. Perbanyak konsumsi makanan rendah lemak jenuh, tinggi protein, kalsium alami , produk susu alami dan turunannya serta olahraga teratur maka anak-anak generasi berikut akan lebih tinggi dari terdahulu. Praktik gaya hidup ini biasa dilakukan oleh negara Skandinavia, Nordik , atau Belanda sehingga telah menyumbang signifikan kenaikan tinggi badan penduduk. Bahkan gaya hidup seperti itu telah ratusan tahun dipraktekan penduduk wilayah Montenegro, bagian dari Serbia dengan jumlah penduduk sekitar 800 ribu jiwa. Tahukah anda berapa rata-rata tinggi penduduk wilayah tersebut? Pria Montenegro rata-rata memiliki tinggi badan 191 cm, dan perempuannya 180 cm !

Sumber

Situs averageheight co

Gallup Pool. 2013. US Obesity Rate Climbing. Dikutip dari laman http://www.gallup.com/poll/165671/obesity-rate-climbing-2013.aspx.

68 pemikiran pada “Siapa negara dengan tinggi badan penduduk tertinggi dan terendah di dunia?

  1. Ping balik: Akankah Amerika tetap teratas dalam hal militer jika kualitas fisik penduduk serta tentaranya terus melorot? | ilmu SDM

  2. lho berdasar wikipedia, tinggi penduduk korea hanya 170 cm, yang 173 cm itu hanya survey anak mudanya saja. trus china itu 172 cm (daratan utama), bukan 167 cm karena yang 167 cm itu keselurahan china termasuk hongkong macau taiwan dll.

  3. Boleh prcya to tidak sering melompat bisa buat kita tambah tinggi misalnya saya 2 jam lompat perhari dalam jangka 3 tahun kelihatan bedanya dari yang dulu 167cm 3 tahun kemudian saya ukur jdi 183 cm

  4. tinggi badan saya 170 cm dan umur 22 thn..
    tiap hari saya rajin skipping dan konsumsi sayur
    pertanyaannya, apakah masih bisa menambah tinggi badan ? trims..

  5. Kalau sudah diatas umur 22 tahun, kemungkinan bisa tambah tinggi lagi kecil mas. Kecuali umur masih antara 13 – 19 tahun, dimana disitu adalah masa pertumbuhan tercepat. Tidak apa-apa sekarang tinggi 170 cm, cukup baik dan masih diatas rata-rata tinggi badan pria indonesia.
    Saat ini saya sedang mengembangkan program pelatihan menambah tinggi badan, meliputi diet, olahraga, pola hidup khusus tapi hanya bagi mereka yang berumur antara 13 – 19 tahun dan memiliki tinggi dibawah rata-rata sesuai umur.
    Program ini memang disasarkan khusus bagi remaja setingkat SMP-SMA atau baru masuk Perguruan Tinggi.

  6. umur saya 28 tahun, tinggi 187cm.. dengan kepadatan tulang yg tinggi karena sewaktu kecil sampai saat ini saya teratur dalam berolahraga dan konsumsi protrin dan kalsium

  7. tinggi badan sy 173-175 umr 21..brrti sy sdh lmyn diasia ya…pdhl ortu sy kecil… n sy jarang olahraga..Tpi brtahun2 lalu setiap hari(brtahun2 juga) naik speda ksekolah sejauh 3 km pulang 3km lgi.. dan sering tiduran…mungkin ini pnyebabnya

    • Masih normal mas..Bahkan tinggi mas masih diatas rata-rata usia dewasa pria indonesia.
      Dengan umur masih 16 tahun, masih ada peluang untuk tumbuh sampai dengan usia 19-20 tahun. Lakukan perbaikan gizi (tinggi kalsium, tinggi protein, rendah lemak/karbohidrat) disertai olahraga yang tepat.

      Saya sudah hampir selesai menyusun program penambahan tinggi secara alamiah (tanpa obat-obatan) hanya berdasarkan diet, dan olahraga khusus. Jika berminat bisa kontak langsung private.

      salam,
      TS

    • Masih bisa banget mas Leon, secara umur dibawah usia 19 tahun.
      Biasanya jika 12 tahun saja sudah 170, kelihatan secara genetik potensi anda bisa sampai 190 cm

  8. Normal mas…bahkan diatas tinggi rata-rata orang luar. Jika usia masih 18 tahun, masih bisa potensi tambah tinggi lagi..Sering latihan basket ya?
    Akan sangat kelihatan di Indonesia, orang dengan tinggi badan >185 ketika berjalan diantara orang banyak. Kecuali jika di Montenegro, yang pria dewasanya saja sudah rata2 191 cm…

    • Jika secara negara, masih belanda.
      Tapi secara wilayah, ketika masih menjadi bagian dari serbia, maka Montenegro yang tertinggi. Situs averageheight.co, belum memasukkan montenegro sebagai Negara, yang menjadi referensi tulisan ini
      Untuk umur diatas 25 tahun, tampaknya sudah sulit untuk menambah tinggi badan lagi secara alami lewat pola hidup, makanan maupun olahraga tertentu.

  9. Kalau saya mas tingginya 168 – 169
    Umur saya 17 tahun mas
    Target saya sih 175 – 180
    Pertanyaannya apakah dalam 2 tahun ini saya bisa setinggi 175 – 180 mas? Kalau bisa kasih tipsnya dong

  10. Ampuh 100% tinggi badan. Usahan badan kamu kurus. trus setiap hari makan sayur bening. Jangan ada lemak. Jd focus nya ke tulang. Kalau sudah jangkung tinggi cobah lh fitnes..biar badan berisi setelah jangkung. Coba gaes… Usahakan jgn jajan siap saji dll

  11. kurangi nasi banyakin lauknya protein, tambah sayur, minum susu 1 liter per hari dan hidup enjoy jangan selalu baperan/sensitifan, 100% di jamin tambah tinggi. udah saya buktikan 5 cm bisa saya dapat usia udah 22.

  12. Untuk semua pembaca diatas, umumnya bisa pertambahan tinggi bisa dilakukan pada usia emas yaitu 13 s/d 19 tahun. Sesudahnya bisa, tapi sangat sulit.
    Saat ini program penambahan tinggi badan secara alami sudah ada, silakan kontak. Hanya bagi yang berumur dalam rentang 13 s/d 19 tahun.

  13. Bener tuh, orang belanda kebangetan tingginya, US kalah deh.
    Tinggi badan gw 175cm, dulu waktu kerja di lingkungan bule, orang2 US tuh banyak yang lebih pendek dari gw malahan, atau paling banter lebih tinggi 5cm. Di real life ngga seperti di film2 Hollywood yang tinggi2 aktornya.

    Tapi sama orang Belanda, gw cuma sebahunya, sampai ngobrol pegel banget lihat keatas terus. Dijalanan sana betebaran yang tingginya 2m, udah kaya laler. hahaha

    Jepang sama korsel juga tinggi2, kebanyakan sepantaran sama gw, bahkan beberapa lebih tinggi malahan.

    Kalau sesama orang indonesia, jarang banget ada yang lebih tinggi dari gw, paling sebulan sekali gw nemu yang lebih tinggi.

    Yang bikin miris karena orang2 ingin tinggi, ini dijadikan lahan bisnis penipuan obat peninggi badan di Indonesia, beberapa kali nganter temen2 yang pengen beli obat ngga jelas begitu, yang jual obatnya aja semua pendek2.

    Sekedar saran untuk yang masih masa pertumbuhan, ngga usah beli obat2 peninggi badan, itu cuma scam doang, kalian rajin makan keju dan minum susu, dan renang, renang bagus untuk meninggikan badan dibandingkan basket, karena badan tertarik tanpa ada tekanan dibandingkan loncat2 saat basket, kan waktu badan jatuh ada tekanan kebawah tuh.

    Temen2 gw semua tinggi2, rata2 170-185, setelah diselidiki, kita semua seneng banget sama keju waktu masih pertumbuhan, tiap hari makan keju.

    Orang2 juga pada heran karena orang tua gw pendek2 (ibu 150, ayah 160cm), dan satu keluarga besar pada pendek semua, tapi gw bisa tinggi.

  14. Standar Pria Indo :
    165 (syarat tni) – 170 (syarat pilot) = normal
    171 – 175 = tinggi
    176 – 180 = jangkung
    181 keatas tinggi banget

    ane punya temen kampus tingginya 185cm dia paling tinggi dikelas, sayangnya dia susah punya cwek karna minimal kriterianya 170cm & tau sendirikan cwek indo kebyakan paling tinggi 165cm

  15. Wah aq brrti tinggi bnget klo dbndingi tnggi normal indonesia. Tnggi aq 167 wanita umur 18 th, mngkin slain dr gen ayah aq uga ska mnum ssu ultra

    • Iya..untuk wanita indonesia, termasuk tinggi.
      Apalagi usia masih 18 tahun. Masih ada potensi bertambah tinggi lagi dengan diet. latihan olahraga dan gaya hidup.

  16. Kak, aku Tinggi 163 berat badan 53 umur 16 Kira kira olahraga dan makanan apa ya yang tepat untuk menaikan tinggi dengan cepat? Target tahun ini 170 nihh

  17. Salam Haniff,
    Untuk menambah tinggi badan, ada batasan alamiah dimana tidak bisa menambah tinggi badan lagi yaitu usia. Karena masih dalam usia pertumbuhan (16 tahun), maka Haniff masih memiliki potensi peluang untuk bertambah tinggi badan lagi 4 sampai 9 cm lagi, sebelum usia 20 tahunan.
    Latihan olahraga yang baik adalah seperti Basket dan nutrisi gizi yang baik. Itu adalah upaya yang bisa menambah tinggi badan. Jika ingin program lebih serius mengenai teknik, latihan dan nutrisi tertentu bisa hubungi secara private via email. Karena program ini sangat spesifik, bisa berbeda untuk tiap orang.

  18. Bapakku 176 cm, bapaknya cina asli mamanya jawa asli
    Mamaku 155 cm, mamanya cina asli bapaknya melayu asli
    Aku tingginya 174 cm paha panjang, badan panjang, kaki pendek letter o turunan emak, kalau muka ama kulit aku lebih ke cina

    • Secara potensi, mas Julius akan mempunyai potensi tinggi antara 167 s/d 176 cm. Jika tinggi 174 cm, maka sudah berada di dalam kisaran. Masih bisa bertambah tinggi badan lagi,bila melakukan latihan olahraga dan perbaikan nutrisi. Asalkan masih dalam rentang usia pertumbuhan.

  19. Ping balik: Bagaimana cara menambah tinggi badan secara alami | ilmu SDM

  20. mas , lebih baiknya kita berkenalan dulu , nama saya ali kurniawan ,
    saya ingin bertanya , tinggi saya 168 dengan usia 18 tahun ,
    saya sangat ingin tinggi 175 , bagaimana agar saya bisa dapat tinggi dengan cepat ? sebelum usia 20 tahun mas ?
    mohon penjelasannya mas

    • Salam mas Ali,
      Bisa mas, karena masih dibawah usia 21-23 tahun, peluang atau potensi untuk bertambah tinggi masih terbuka. Dengan mengikuti program penambahan tinggi melalui perbaikan makanan/nutrisi, olahraga yang tepat, hipnoterapi dan akupressur, insya Allah mas Ali masih punya potensi bertambah tinggi antara 5-10 cm lagi.
      Silakan hubungi penulis untuk keterangan dan informasi lebih serius.

  21. Salam mas, sebenernya pertumbuhan tinggi badan itu melambat pada umur berapa? Saya cari tahu, ada yg bilang 19, 20, 21, 22.
    Umur saya sendiri 19 tahun. Dan mulai sadar kalau kalau tinggi 164 masih tergolong pendek. Apa masih mungkin tambah 6-10 cm lagi sampai umur 21 tahun?

  22. Kalau berdasar yg saya alami,
    Ayah tinggi 158, ibu 154, ketika saya usia 12 tahun, tinggi saya masih 149 cm,
    Kemudian saat smp, saya rutin berolahraga dan terus memantau pertumbuhan, hasilnya pada saat usia 15 tahun tinggi saya 169 cm.
    Kemudian ketika memasuki skolah menengah atas, awalnya saya kira pertumbuhan masih bisa dipacu dng pola hidup yg sama, namun ternyata pada saat lulus usia 18 tahun, tinggi saya hanya bertambah 4 cm, jadi pada saat usia 19 saya hanya setinggi 173 cm,
    Namun ternyata setelah lama tidak mengukur, kemarin pada usia 26 tahun, tinggi saya 176. 6 cm.
    Yang saya tanyakan, mengapa pada rentang usia 20 sd 26 sy masih bisa bertambah 3.6 cm? Padahal gaya hidup sudah berubah karena kesibukan bekerja.

    • Betul, kemungkinan besar mas Bayu bertambah tinggi 3.6 cm tersebut antara usia 19 s/d 22 tahun. Karena selama rentang usia 20-26 tahun, mas bay lupa mengukur tinggi badan, padahal disebutkan bahwa di usia 19 tahun tingginya 173 cm. Jadi masih dalam masa pertumbuhan ketika terakhir mengukur tinggi badan. Umumnya orang masih bisa bertambah tinggi sampai batas usia 22-23 tahun. Diatas itu, bukan tidak bisa tapi jarang sekali.
      Faktor penambah tinggi badan bisa karena internal : genetik atau keturunan . Faktor luar adalah : makanan, gaya hidup, nutrisi. Tampaknya faktor luar kuat mempengaruhi tambah tingginya mas Bayu.

    • Masih bisa banget..
      Karena masih dibawah usia 22 tahun. Ada potensi bisa sampai 180 cm bahkan lebih, asalkan mau melakukan olahraga, diet dan gaya yang hidup yang tepat.
      Jika minat..silakan kontak lebih lanjut

    • Olahraga yang benar, diet makanan dan nutrisi yang tepat, berperilaku yang membantu menambah tinggi badan.
      Itu bisa membantu menambah tinggi badan mas Riccardo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s