Apa perbedaan utama BPR dan BPI?

Future LivingDalam praktek konsultansi maupun training yang penulis lakukan, BPR – Business Process Reengineering dan BPI – Business Process Improvement sering kali diperbandingkan. Keduanya memang terkait satu sama lain. Ibarat saudara kembar memiliki banyak persamaan. Tapi tetap ada perbedaan diantara keduanya. Nah disini penulis akan mengulas apa yang membedakan dua model peningkatan kinerja proses tersebut.

Persamaan diantara keduanya adalah sama-sama bertujuan meningkatkan kinerja. Keduanya juga menggunakan metode, tools, pendekatan dan model yang boleh dibilang serupa dalam upaya peningkatan kinerja. Secara definisi BPR dan BPI merupakan segenap upaya secara sistematis untuk memahami, memetakan dan mengukur kinerja proses saat ini menjadi lebih baik melalui serangkaian perubahan cara kerja, metode kerja, alat kerja/perangkat/tata letak kerja dan lainnya sehingga terjadi perbaikan dalam hal quality, cost, speed, delivery, safety, morale dan pendapatan/profit organisasi.

Perbedaan BPR dan BPI

Perbedaan utama antara BPR dan BPI adalah level perubahan/tingkat perbaikannya. BPR berupaya merubah secara dramatis, radikal dan fundamental. Karena itu, BPR hanya bisa jalan jika ada dukungan dan komitmen kuat dari pemilik perusahaan dan/serta top manajemen perusahaan. Target dalam BPR jauh lebih besar dibandingkan BPI, dimana target BPR seperti : penurunan cost antara 80-90% dari sebelumnya, kecepatan/lead time delivery meningkat dua kali lipat/atau lebih, peningkatan revenue kinerja dua kali lipat atau lebih, efisiensi meningkat diatas 80%. Dengan perubahan yang benar-benar radikal, BPR umum dilakukan sebagai salah satu metode bagi pemilik perusahaan yang ingin melakukan business turnaround agar bisa mengembalikan perusahaan / organisasi menjadi sehat kembali.

Sering terjadi BPR dilakukan jika perusahaan sudah dalam kondisi severe/parah/sakit berat jika didiagnosis. Tapi bisa saja dilakukan pada perusahaan yang masih baik, jika ingin ada perubahan yang mendasar dari cara kerja, metode kerja  the way they are doing business. Tak heran, dalam prakteknya BPR sering mendapatkan resistensi jika tidak mendapatkan dukungan dan komitmen kuat. Tingkat resiko keberhasilan BPR juga besar, sebanding dengan tingkat keberhasilan yang diperoleh. Ya, memang semakin tinggi resiko suatu program, berbanding lurus dengan tingginya tingkat pendapatan yang diperoleh.

Sedangkan BPI memiliki target perubahan yang tingkat perbaikannya lebih rendah dibandingkan BPR. Penurunan cost sekitar 10 – 30% dalam BPI merupakan target yang umum. Termasuk juga peningkatan kecepatan, leadtime dan delivery sekitar 10-30%. Perubahan yang dilakukan pada BPI tidaklah setinggi resiko pada BPR. Dalam BPR sering terjadi adanya perubahan dalam hal budaya organisasi, sedangkan BPI jarang terjadi.  Pada BPR bisa diikuti perubahan besar dalam organisasi / re-organisasi maupun struktur / restrukturisasi. Sehingga pada BPR terjadi perubahan yang bersifat lompatan / quantum leap dibandingkan BPI yang lebih kearah kontinyu/ continuous improvement. Karena low risk dan tingkat penerimaannya tinggi, BPI sering jadi alternatif bagi manajemen yang ingin meningkatkan kinerja tanpa resiko besar.

Kesimpulan

Baik BPR maupun BPI keduanya bisa dipertimbangkan sebagai pelengkap satu sama lain. Bukan berarti bahwa BPI lebih baik dari BPR atau BPR jauh lebih powerful dibandingkan BPI. Sekali lagi adalah  seberapa besar target tujuan/sasaran/goal yang ingin dicapai oleh manajemen untuk perubahan kinerja proses. Jika target perubahan adalah radikal/ cepat/ dramatis maka menggunakan BPR lebih tepat. Seandainya faktor resiko menjadi pertimbangan, maka BPI bisa dipilih karena lebih fleksible dan konsentrasi pada satu atau lebih proses untuk ditingkatkan kinerjanya.

Note : ingin tahu lebih lanjut tentang BPR ? klik ini.

Satu pemikiran pada “Apa perbedaan utama BPR dan BPI?

  1. Ping balik: Manfaat BPM – Business Process Management bagi pemerintahan dan institusi publik | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s