Inilah Peradaban Baru dambaan ummat dan penduduk muka bumi

Territorial_control_of_the_ISIS.svgJika ada berita yang paling mengejutkan, paling menggemparkan dan mungkin akan paling mengguncangkan dunia di tahun 2014 terutama bagi pemimpin negara-negara kapitalis , sekuler dan liberal, maka hanya satu berita paling pas yaitu telah diumumkannya kekhalifahan Islam atau Daulah Islam , di barat disebut Islamic State (IS) pada tanggal 29 Juni 2014 di kota Raqqa, yang dulunya menjadi wilayah kekuasaan ISIS (Islamic State of Iraq and Sham)

Implikasi dari pengumuman ini sangatlah serius, karena akan membawa perubahan besar dan pengaruh ke dalam struktur tatanan global, geopolitik maupun geostrategis kawasan timur tengah khususnya dan di dunia umumnya. Mengapa bisa terjadi demikian? Karena dengan berdirinya Islamic State, berarti berdirinya suatu pemerintahan, tata kelola politik, pelayanan umum, sistem ekonomi, sistem perdagangan, sistem pendidikan, sistem sosial budaya, sistem pertahanan maupun sistem peradilan hukum yang benar-benar hanya berlandaskan prinsip-prinsip Islam.

Pada tulisan terdahulu mengenai tokoh berpengaruh di dunia, Abu bakr al Baghdady memang ISIS memiliki cita-cita mendirikan suatu daulah islam / Islamic State. Perkembangan cepat penguasaan dan pembebasan wilayah di Suriah dan separuh wilayah Iraq ke dalam penguasaan ISIS, penguasaan aset vital dan strategis seperti sumur minyak, bandara militer, pembangkit listrik, bendungan air, sekolah, gedung pemerintahan serta segeranya ISIS menjalankan roda pemerintahan maupun pelayanan umum masyarakat di wilayah yang dikuasai, membuat ISIS merasa perlu mendeklarasikan Islamic State, dimana nama Iraq dan Sham dihapus. Dengan keputusan tersebut, serta merta pemimpin ISIS, Abu Bakr al Baghdady menjadi Emir atau Khalifah umat islam. Bisa dibilang, pengumuman Islamic State adalah titik kulminasi kemenangan pihak ISIS dalam konflik regional rezim nushairiah Suriah dan rezim syiah Iraq.

Islamic State bukanlah hanya sebuah wilayah, tapi lebih tepat digambarkan sebagai sebuah strategi, sistem, model, ideologi, pemikiran, struktur, maupun budaya untuk membangun peradaban bagi seluruh penduduk di muka bumi, menuju jalan rahmatan lil alamin, membuka jalan yang penuh berkah bagi umat di dunia ini. Maka dengan berdirinya Islamic State, akan banyak benturan dan bentrokan dengan ideologi, sistem, model rusak yang sudah keburu ada dimuka bumi ini yaitu sistem ekonomi kapitalis, sistem sosialis/komunis, sistem liberalisme, ideologi pluralisme, asas kebebasan, sistem politik demokrasi , sistem monarki, sistem otokrasi dan sistem lainnya Tak heran, banyak penguasa di dunia mengkhawatirkan berdirinya Islamic State, karena akan mengancam kekuasaan, pemilikan modal atau kapital selama ini yang tidak adil bagi penduduk muka bumi.

Ambil contoh sistem ekonomi. Selama ini masyarakat dunia sudah terlalu lama dibodohi dengan sistem kapitalis melalui : sistem perbankan ribawi dengan model fractional reserve, sistem keuangan fiat money (uang kertas) dengan inflasi meraja lela tanpa adanya proteksi terhadap nilai uang, sistem pasar tidak adil dimana hanya yang punya uang bisa berjualan di pasar, kesulitan akses modal. Maka dengan berdirinya Islamic State, akan dengan mudah menghilangkan itu semua dengan sistem ekonomi penuh berkah seperti pemberdayaan masyarakat miskin melalui zakat, sistem mata uang lebih adil (memiliki nilai seperti dinar/dirham), penghapusan pajak, hilangnya ribawi, serta dibukanya akses bebas kepada modal, produksi maupun pasar. Tidak ada lagi penguasaan segelintir orang kaum kapitalis terhadap modal, pasar maupun produksi, dimana orang-orang diluar kaum kapitalis hanya akan menjadi target eksploitasi semata, dijerat pada sistem rente, dibuat ketergantungan terus menerus (harus pakai mata uang tertentu), dan hanya jadi target pasar semata.

Memang banyak pihak sudah berupaya mengembangkan model sistem ekonomi islami, melalui perbankan syariah, asuransi syariah atau perdagangan dengan dinar/dirham. Tetapi Sistem ekonomi islam tidak akan bisa berjalan utuh, jika ‘payung’ diatasnya masih rusak atau tidak sesuai prinsip Islam yaitu sistem demokrasi, sistem otokrasi/monarki atau sistem lainnya. Ekonomi islami hanya bisa berjalan secara totalitas, jika berada dalam model, tatanan pemerintahan sesuai syariat yaitu Islamic State. Wal hasil upaya-upaya di atas tidak mampu berjalan optimal, bahkan ada kemungkinan diberangus penguasa.

Masyarakat juga telah diperlakukan semena-mena dengan sistem demokrasi, dimana pemimpin dipilih berdasarkan suara terbanyak, maka akan diperoleh pemimpin populer tapi tidak memiliki kapabilitas memimpin, mensejahterakan atau bisa membawa penduduk ke dalam keberkahan. Sistem demokrasi hanya melahirkan UU, peraturan, keputusan berdasarkan suara atau keinginan rakyat, yang belum tentu sesuai fitrah manusia. Tak heran, di beberapa negara sudah dilegalkan UU aneh, absurd dan menyalahi fitrah seperti kawin sesama jenis. Tinggal menunggu saja akan ada UU di Negara dengan sistem demokrasi, yang membolehkan kawin dengan batu, dengan hewan atau dengan tumbuhan. Pikirkan, masihkah sepaham atau setuju dengan demokrasi.

Tentunya, berdirinya Islamic State akan menjadi musuh terbesar bagi pendukung dan pemimpin Negara-negara kapitalis, liberalis, pluralis, demokrasi maupun sistem rusak lainnya. Bahkan juga berbenturan dengan pemimpin negara mayoritas muslim yang tidak sepaham/seide dengan model Daulah Islam/ Islamic State. Bentrokan dan benturan masih akan tetap berlangsung, serta mempunyai potensi menjadi konflik global antara blok-blok Negara besar dengan Islamic State. Namun, sebagaimana janji Allah dalam QS An Nuur : 55, bahwa pemberian kekuasaan akan diberikan kepada ummat yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, selama ummat tersebut tetap menyembah Allah dan tidak mempersekutukan Nya serta meyakini bahwa kekuatan dan kemenangan itu datang dari Allah (QS Al Munafiqun : 8).

Rasanya, dalam waktu tidak terlalu lama, peradaban baru dambaan ummat segera terbentuk…seperti tulisan tentang negeri Impian di blog ini.

References :

Wikipedia. http://en.wikipedia.org/wiki/Islamic_State_of_Iraq_and_the_Levant

Wikipedia. http://en.wikipedia.org/wiki/caliphate

The Guardian. http://www.theguardian.com/world/2014/jun/30/isis-announces-islamic-caliphate-iraq-syria

Al-Mustaqbal. http://al-mustaqbal.net/khilafah-bentuk-pemerintahan-islam/

Muhaimin Iqbal. Kapitalisme Musuh-musuh semua agama. Dikutip dari laman gerai dinar. http://geraidinar.com/index.php/using-joomla/extensions/components/content-component/article-categories/86-gd-articles/ekonomi-makro/1347-kapitalisme-musuh-agama-agama

6 pemikiran pada “Inilah Peradaban Baru dambaan ummat dan penduduk muka bumi

  1. Ping balik: Perang Gaza, siapa yang unggul ? | ilmu SDM

  2. Ping balik: Pemimpin yang zalim terhadap umat.. | ilmu SDM

  3. Ping balik: Inikah negeri impian itu? | ilmu SDM

  4. Ping balik: Inikah bakal calon negara adidaya berikutnya? (1) | ilmu SDM

  5. Ping balik: Meningkatkan produktifitas dan hasil bisnis melalui keimanan dan ketakwaan | ilmu SDM

  6. Ping balik: Inikah bakal calon negara adidaya berikutnya? (3) | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s