Realisasi dalam kompetisi – 1st Robotic Challenge Competition 2019

Beberapa waktu lalu penulis membaca berita di media tentang seorang anak yang mengalami gangguan psikomotorik, tubuh maupun syaraf. Anak tersebut tidak bisa mengendalikan interaksi sosial dengan keadaan sekitar maupun gerakan tubuhnya sehingga perlu menjalani perawatan secara intensif. Apa penyebabnya? Ya kecanduan main game melalui perangkat gadget/console. Diketahui, anak tersebut bisa menghabiskan waktu lebih dari 6 jam sehari hanya bermain game.

Berawal dari kajian tentang inovasi terbuka di lego, selanjutnya tentang kontes robotika oleh DARPA, sehingga mengilhami berdirinya sebuah Lembaga robotika,sebagai start up sekolah robotka dan otomasi di tahun 2015. Dengan niat tulus untuk memperbaiki pendidikan terutama aspek sains, teknologi, rekayasa, matematika dan seni melalui Lembaga tersebut. Misi berikutnya adalah menghindari anak-anak mengalami nasib seperti tulisan diatas, yang unfaedah, kalau ikut bahasa milennialnya. Dengan berdirinya Lembaga ini diharapkan para orang tua sadar akan bahaya dan efek buruk game/console berlebihan bagi anak, serta bisa memberdayakan energi dan keinginan anak ke dalam hal yang positif, melalui disain, perancangan, pembuatan perangkat mekanik maupun simulasi robotic.

Setelah 4 tahun berdiri tentunya perlu pengembangan bagaimana menyusun kurikulum, standar pelatihan termasuk juga bagaimana menjadikan model pembelajaran ini sebagai bentuk intervensi dalam pelajaran sekolah. Saat ini sudah mendapatkan perijinan sebagai Lembaga Ketrampilan dan Profesi, mendapatkan nomor NPSN dari Diknas serta aspek legalitas lainnya, dalam bentuk Yayasan dan akta. Juga perlunya mengadakan kompetisi secara regular untuk melihat bagaimana keterlibatan anak didik melalui sekolah-sekolah terhadap minat dan kemampuan anak menerapkan sains, rekayasa, matematika dalam bentuk kompetisi robotika.

Akhirnya, melalui berbagai upaya, pendekatan, pengelolaan serta manajemen, kami memberanikan mengadakan kompetisi pertama 1st Robotic Challenge Competition, di wilayah Depok. Mengapa tidak langsung besar ke seluruh wilayah? Tentunya lebih baik mulai dari wilayah terkecil dulu, baru menggarap lingkup lebih besar seperti tingkat provinsi maupun negara.

Pada Ajang 1st Robotic Challenge Competition ini, yang mengambil tema Space Exploration telah diikuti hampir serratus siswa SD dan SMP di wilayah Depok dan Jakarta Selatan, dengan berbagai kategori meliputi : Building RC Sumo Bot, Robotic Space Explorer, Robotic Space Story Telling serta kategori lainnya yang bertujuan menggugah kreatifitas, imajinasi, rekayasa, sampai seni bagaimana merangkai, menyusun, sebuah perangkat sehingga bisa memenangkan atau mengatasi hambatan tertentu.

Kompetisi 1st Robotic Challenge Competition yang diselenggarakan ini telah mendapatkan validasi dari Diknas sehingga bisa menjadi bagian dari Jalur Prestasi anak didik. Jalur Prestasi merupakan jalur penerimaan siswa dengan prestasi anak didik di tingkat kecamatan, kabupaten, kota, maupun nasional baik secara akademik maupun non-akademik. Untuk memenuhi syarat tersebut, maka anak didik/siswa harus mendaftarkan diri kompetisi ini melalui surat/rekomendasi dari Sekolah bersangkutan.

Tentunya dengan melibatkan kolaborasi dan kerjasama dengan para pihak yang memiliki kesamaan akan pentingnya pendidikan sains, teknologi, seni , logika, rekayasa dan matematika pengembangan lebih lanjut akan diteruskan. Ada rencana-rencana besar untuk mendorong dan menggerakan pendidikan anak-anak di Indonesia ke arah yang lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas, talenta, kompetensi SDM Indonesia di masa depan.

Semoga langkah ini dimudahkan dan dilancarkan para pihak yang berkepentingan.

Ingin kerjasama atau mengetahui lebih lanjut tentang sekolah robotika? Kunjungi dan ikuti instagram @hypertech_robotic_school disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s