ilmu SDM

Rethinking Possibilities, Unleashing Human Potentials

Apa saja disruptive innovation di sektor oil & gas industry?

Tinggalkan komentar

Berbicara mengenai disruptive innovation, seringkali diskusi mencakup industry yang umum, start-up, technology based dan bersifat penghubung. Jarang berhubungan dengan segmentasi industri yang capital intensive, high risk industry atau proyek-proyek dengan expenditure yang besar. Nah, terkait topik diatas, mungkinkan terjadi disruptive innovation pada sektor migas (oil & gas industry)?

Dalam beberapa tahun terakhir ini, sebenarnya sudah ada disruptive pada industri oil dan gas. Memang melihat kondisi keadaan cadangan minyak dan gas di negeri ini, tampaknya sulit terhadap sektor ini. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Komersialisasi pada sumber minyak dan gas non-conventional seperti pada minyak dan gas serpih (oil and shale gas), telah menurunkan harga minyak dan gas sangat signifikan. Jika anda pernah mendengar tentang perusahaan Mitchell energy, maka boleh dikatakan perintis disruptive innovator khusus pada minyak dan gas serpih, dengan temuan formula fracking fluid, yang mampu meningkatkan produksi minyak/gas serpih mereka. Teknologi fracking yang ditemukan membuat eksplorasi dan eksploitasi minyak/gas serpih menjadi feasible saat ini.

Ok, itu adalah substitusi minyak dan gas konventional yang sanggup menurunkan harga minyak dan gas di tahun 2013 sd 2015.  Dengan faktor politik dan geopolitik dunia, seperti pada produsen besar minyak dunia KSA, Rusia menurunkan harga minyak dan gas mereka untuk berkompetisi dengan rival mereka dari Amerika. Perlahan sampai tahun 2018, harga minyak sudah menunjukkan keseimbangan baru, meski belum mencapai level tertinggi di awal 2010 an.

Bagaimana teknologi disruptive pada operasional industry migas mampu memacu analysis, bisnis proses dan kinerja lebih baik pada industri ini? Jauh sebelum era IoT (Internet of Things), para eksekutif perusahaan minyak biasa menggunakan 3-D seismik, programming linier untuk kilang minyak, dan kontrol proses lanjutan dalam operasi produksi migas. Penggunaan teknologi tersebut mampu melepaskan sumber hidrokarbon baru dan memberikan efisiensi operasional di seluruh rantai nilai upstream sampai downstream.

Kini, berkembangan revolusi seperti Industri 4.0 di sektor manufaktur, Big Data analytic, dan IoT juga mampu mewarnai percepatan proses bisnis dan rantai nilai oil dan gas. Pengalaman penulis dalam business process improvement di sektor oil dan gasi ni , juga melihat bahwa akan terjadi perubahan-perubahan signifikan dalam proses bisnis.

Inilah beberapa kecenderungan yang akan digunakan industry oil dan gas di masa depan:

  1. Operasi Pemeliharaan Masa depan. Sementara analisis tingkat lanjut digunakan untuk mengubah fungsi seperti pengadaan (integrated supply chain management) dan untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik, teknologi terbaru, seperti drone dan sensor peralatan, juga merevolusi pemantauan dan pemeliharaan. Dampak potensial dari menggunakan analisis lanjutan untuk predictive maintenance adalah penurunan biaya pemeliharaan hingga 13 persen. Terdapat kasus satu perusahaan Oil dan Gas, di mana biaya pemeliharaan menyumbang 25 persen dari biaya operasi, ini memungkinkan Preemptive Equipment Maintenance difungsikan, sehingga peralatan vital dapat diperbaiki sebelum rusak. Upaya ini mengurangi biaya hingga 27 persen sekaligus meningkatkan keandalan dan waktu aktif. Suatu Analisa kompleks terhadap predictive maintenance , juga memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi energi sebanyak 10 persen.
  2. Peningkatan Reservoir Limit. Dengan mengintegrasikan aplikasi digital, perusahaan akan dapat meningkatkan batas reservoir mereka secara signifikan, sehingga terjadi penurunan hingga 20 persen dalam belanja modal hulu dan hilir. Beberapa perusahaan telah mulai menggunakan pencitraan seismik 4-D untuk menambahkan dimensi jeda waktu ke dalam pencitraan 3-D tradisional, memungkinkan untuk mengukur dan memprediksi perubahan fluida di reservoir. Penampakan reservoir yang ditingkatkan ini biasanya mampu menaikkan recovery rate reservoir hingga 40 persen, serta meningkatkan pendapatan hulu hingga 5 persen.
  3. Digital Enabled – Oil & Gas Marketing Distribution. Ritel di industri lain telah menerapkan teknologi digital untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebiasaan dan preferensi konsumen , mengoptimalkan model penetapan harga, dan mengelola rantai pasokan secara lebih efisien. Perusahaan minyak yang mampu menerapkan metode ini, akan mendapatkan hasil mengesankan, berpotensi meningkatkan pendapatan hingga 1,2 persen. Dengan menggunakan geospatial analytic, demand forecasting modeller AI, misalnya, perusahaan hilir minyak akan mampu meningkatkan efisiensi jaringan pasokan dan distribusi mereka melalui perencanaan lokasi dan pengoptimalan rute. Secara kolektif, upaya dalam kategori ini telah menurunkan biaya hingga 10 persen dan meningkatkan pendapatan sebesar 3 persen.

Dengan telah tersedianya perangkat teknologi, komputasi, jaringan dan Big data, banyak perusahaan yang  telah membuktikan nilainya dalam bentuk mengurangi biaya operasi, meningkatkan efisiensi, dan menghasilkan pendapatan. Karena itu perusahaan minyak harus bergerak cepat untuk merangkul teknologi digital, IoT, big data dan perangkat terbaru . Inilah  perbedaan antara mereka yang memimpin gelombang inovasi industri berikutnya dan mereka yang tertinggal.

 

Note : Ingin tahu solusi konsultansi bisnis proses, peningkatan kinerja, dan disruptive paling tepat bagi bisnis dan organisasi anda,  silakan  klik ini.

Iklan

Penulis: Tengku Shahindra

Strategic Business Advisor, Implementer, Consultant & Trainer dealing with Business Management, Business Performance, Organization Development & Human Capital Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s