ilmu SDM

Rethinking Possibilities, Unleashing Human Potentials

Bagaimana disruptive innovation bekerja?

Tinggalkan komentar

Dalam tulisan-tulisan sebelumnya, seringkali secara tidak langsung penulis membeberkan pengaruh dan faktor inovasi yang mengganggu. Bisa dilihat bagaimana Apple mendisrupt industri jam swiss, sehingga menimbulkan tekanan berat bagi industri jam tangan mekanik tradisional mereka. Belum lagi langkah Apple yang mau masuk ke industri otomotif. Tampaknya langkah-langah ini sudah dibaca oleh para disruptor otomotif sebelumnya seperti Tesla, mengakui rivalitas dengan Apple daripada Google Car/ Alphabet.

Mengapa siklus perubahan sedemikian cepatnya, apakah yang menjadikan perusahaan bisa lebih cepat berinovasi dan mengganggu industri mapan lainnya? Jawabannya justru ada di karakter atau langkah strategis perusahaan.

Karena perusahaan cenderung berinovasi lebih cepat daripada kebutuhan pelanggan, sehingga mereka akhirnya memproduksi produk atau layanan yang sebenarnya terlalu canggih, terlalu mahal, dan terlalu rumit bagi banyak pelanggan di pasar mereka. Inilah yang biasa disebut sebagai “Inovasi berkelanjutan” atau Sustaining Innovation.

Namun tanpa disadari, dengan melakukan hal tersebut, justru perusahaan menciptakan ruang dan pintu untuk “inovasi yang mengganggu” atau disebut sebagai disruptive innovation. Inovasi ini memungkinkan populasi konsumen baru di bagian bawah akses pasar terhadap produk atau layanan yang secara historis hanya dapat diakses oleh konsumen berduit atau butuh ketrampilan tinggi.

Mari ambil contoh sederhana disruptive innovation pada produk dibawah ini :

Disruptor Disruptee
Mini Computer Mainframe / Server
Personal Computer Mini Computer
Laptop Personal Computer
Handheld / Portable / Tablet Devices Laptop
Smartphone/ Wearable Smart Devices Handheld / Portable / Tablet Devices

 

Tahun 90 an adalah eranya PC. Namun di tahun 2000 an sudah mulai tergantikan oleh Laptop. Di era tahun 2010 an, sudah mulai jarang melihat orang bekerja dengan PC, hampir rata-rata bekerja dengan Laptop. Bukan berarti PC punah, namun penjualannya stagnan dan terus menurun, diganti oleh Laptop/netbook . Kini tahun 2010 ke atas era Smartphone / PC dan Smart Wearable Device yang menunjukkan penjualan meningkat dan sudah bisa menggantikan beberapa peran laptop/PC seperti olah data, presentasi, internet disamping berperan sebagai alat komunikasi.

Tabel diatas menggambarkan karakter evolusi disruptive innovation untuk produk yang sama yaitu Computer. Jika pada awalnya komputer berukuran besar, kini semakin kecil, semakin portable, semakin mungil dan semakin konvergen. Adanya smartphone/wearable smart device juga telah mengganggu produk elektronik seperti Kamera Digital, Radio Tape Recorder/ Compo, dan TV.  Dengan konvergensi ini, membuat alat elektronik seperti : kamera, radio, sensor suhu, tekanan, suara, sensor detak jantung, jam tangan, kompas,  remote control, TV, terangkum dalam satu perangkat. Bahkan konvergensi alat deteksi kesehatan ke dalam Smartphone ini, bisa jadi mengganggu perangkat medis besar dan berat yang biasa ada di klinik atau RS.

Karena itu tepatlah karakteristik suatu produk, layanan atau jasa disebut sebagai Disruptive innovation, yaitu ketika produk atau jasa tersebut berakar pada utilisasi atau aplikasi yang terlihat sederhana di bagian bawah pasar dan kemudian tanpa henti bergerak ke atas pasar, dan  akhirnya menggeser pesaing yang sudah mapan.

So, jadinya disruptive itu tidak canggih, tidak kompleks, dan tidak rumit. Dia sederhana, ringan dan memudahkan.

 

Iklan

Penulis: Tengku Shahindra

Strategic Business Advisor, Implementer, Consultant & Trainer dealing with Business Management, Business Performance, Organization Development & Human Capital Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s