ilmu SDM

Rethinking Possibilities, Unleashing Human Potentials

Vision Testing : Bagaimana melakukan test evaluasi Visi dan Misi Organisasi?

Tinggalkan komentar

Sebuah visi dan misi yang baik tentunya memiliki karakteristik sendiri. Namun tidaklah mudah untuk membuat sebuah Visi dan Misi yang bisa memberikan tujuan, arahan maupun strategi sehingga dipahami oleh semua insan dan individu di dalam organisasi. Ada beberapa teknik dan evaluasi untuk menilai bagaimana visi dan misi tersebut sesuai dengan organisasi.

Lantas bagaimana mengevaluasi terhadap Visi dan Misi. Tentunya ada langkah sederhana untuk melakukan evaluasi terhadap Visi dan Misi perusahaan. Dengan melakukan penilaian evaluasi secara kualitatif ini, bisa terlihat apakah Visi dan Misi tersebut layak dan sesuai.

  1. Apakah pernyataan Visi dan Misi tersebut bersifat menyeluruh (mencakup seluruh aktifitas perusahaan) tetapi relatif singkat?
  2. Apakah Visi dan Misi tersebut mendeskripsikan (secara garis besar) apa produk/jasa/solusi yang ditawarkan oleh perusahaan?
  3. Apakah Visi dan Misi tersebut mendefinisikan wilayah geografi yang dilayani organisasi/perusahaan?
  4. Apakah pernyataan Visi dan Misi tersebut konsisten, ketika organisasi tersebut bergerak dari level atas atau korporat ke level unit bisnis dibawahnya.?
  5. Apakah Visi dan Misi organisasi tersebut konsisten dan selaras dengan aktivitas aktual dari organisasi tersebut dan prospek persaingan di level Korporat? Mari kita ambil permisalan pada industri automobile, Chrysler. Misi Chrysler untuk menggunakan teknologi untuk beroperasi baik di industri automobile maupun di industri pertahanan telah gagal menyelaraskan posisi kompetitifnya., Menghadapi kompetisi internasional yang sangat kuat dalam industri automobile mensyaratkan Chrysler untuk berkonsentrasi secara total dalam industri ini. Akhirnya, hal ini memaksa Chrysler untuk menjual bisnis yang tidak ada kaitannya dengan industri automobile.
  6. Apakah Visi dan Misi organisasi konsisten dengan aktivitas aktual organisasi dan prospek persaingan pada level unit bisnis yang ada di dalamnya?

Itulah cara sederhana melakukan evaluasi Visi dan Misi Organisasi. Secara garis besar ada kata-kata kunci didalamnya yaitu : menyeluruh, mencakup , definitif, konsisten, dan selaras. Silakan cek dan evaluasi Visi Misi Organisasi anda.

 

Iklan

Penulis: Tengku Shahindra

Strategic Business Advisor, Implementer, Consultant & Trainer dealing with Business Management, Business Performance, Organization Development & Human Capital Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s