ilmu SDM

Rethinking Possibilities, Unleashing Human Potentials

Ketika tidur menjadi ancaman mematikan

Tinggalkan komentar

snooringJudul diatas sepertinya sangat mengerikan. Tapi ternyata benar adanya, terutama bagi orang-orang tertentu, tidur bisa jadi ancaman kesehatan dan jiwa. Cukup menjadi topik perhatian utama sampai perlu menuliskan artikel khusus ini. Dari sekian puluhan klien konsultasi, mempelajari model bisnis/usaha klien termasuk hal menarik, dimana ada klien yang fokus utamanya memberikan jasa dan produk perawatan bagi orang-orang yang memiliki ancaman pada tidurnya, agar hidup orang tersebut lebih sehat dan berkualitas.

Tapi, mengapa tidur bisa menjadi ancaman? Atau bahaya bagi orang tertentu?. Bukankah tidur adalah mekanisme tubuh untuk istirahat agar bisa kembali segar? Sudah pasti bagi orang normal, tidur adalah proses alami mengistirahatkan organ tubuh, fungsi regenerasi sel dan berbagai manfaat lainnya. Namun ada beberapa orang, yang justru mengalami gangguan pada tidurnya. Kita biasa menyebut gejala atau symptomnya seperti mengorok atau mendengkur.

Ya, mengorok atau mendengkur mungkin dianggap biasa. Tapi ini adalah indikasi utama terjadinya penghentian nafas saat tidur. Inilah yang disebut sebagai ancaman saat tidur. Banyak orang meremehkan ngorok atau dengkur ini, padahal saat penderita mengorok atau mendengkur, nafas bisa berhenti antara beberapa detik hingga dua menit. Hal ini karena kondisi saluran nafas rileks dan lemas hingga menyempit. Akibatnya, walau ada gerakan nafas, tak ada udara yang bisa lewat. Bisa disamakan dengan kondisi tercekik saat sadar.

Apa bahayanya? Perumpamaan seperti tercekik, penderita gangguan tidur tersebut akan bangun sejenak, lalu akan tertidur kembali karena masih mengantuk. Kejadian ini bisa berulang-ulang kali dalam satu siklus tidur. Bayangkan saja, jika terjadi ratusan kali selama sekitar 6-8 jam periode tidur. Pastilah saat bangun tidak merasa segar dan perasaan mengantuk timbul sepanjang hari. Efek ini jika terjadi berulang kali sungguh tidak remeh bagi organ jantung.  Otot jantung akan berdetak kadang pelan, kadang cepat saat tidur. Akhirnya jantung bisa berhenti mendadak saat tidur.

mike-mohedeKasus kematian yang menimpa Artis Mike Mohede, yang meninggal saat tertidur tahun lalu pada usia 32 tahun bisa jadi merupakan akibat dari gangguan tidur selama bertahun-tahun. Termasuk juga kematian anak Menteri Susi Pujiastuti pada 18 Januari 2016 ketika tertidur. Keduanya dikenal tidak memiliki riwayat gejala maupun penyakit jantung, kondisi fisik baik, usia muda masih sekitar 31-32 tahunan.panji-hilmansyah Terlebih anak menteri Susi Pudjiastuti memiliki profesi sebagai Pilot, yang tentunya wajib menjalani test kesehatan secara teratur.

Perawatan dan Pengobatan

Bagi yang mengalami masalah tidur, atau rekan, saudara , orang tua bahkan pasangan hidup yang mengetahui bahwa orang terdekatnya tersebut mengalami gejala mendengkur, mengorok dan penghentian nafas saat tidur segeralah memeriksakan diri. Dalam bahasa medis, gangguan tidur itu disebut sleep apnea. Ada klinik khusus, yang bisa melihat atau mendiagnosis apakah seseorang itu tidurnya wajar, dengkurnya bermasalah atau ada kelainan lainnya. Biasanya klinik tempat tersebut fokus terhadap problem tidur dan pernafasan atau Sleep Disorder, Snooring & Respiratory Clinic.

Dari hasil diagnosis atau pemeriksaan, barulah bisa diketahui mana perawatan yang tepat. Bisa ada perubahan perilaku saat tidur, obat-obatan tertentu, pembedahan, perbaikan dental oleh Dokter Gigi atau penggunaan alat produk tertentu untuk melancarkan pernafasan saat tidur. Nah alat dan produk tersebutlah yang ternyata dipasarkan oleh klien penulis, seperti CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) dan varian lainnya.

So, jadi dengkur atau ngorok itu adalah indikasi yang berbahaya bagi gangguan tidur atau sleep apnea. Bila ada kerabat, rekan terdekat,  anak, saudara , pasangan hidup atau siapapun yang anda kenal mengalami tidur ngorok atau mendengkur, hendaknya jangan ditertawakan. Apalagi dijadikan bahan guyonan. Peringatkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau klinik yang tepat. Akan ada banyak nyawa yang bisa diselamatkan melalui pemeriksaan dan perawatan awal gangguan tidur ini.

Jika ingin penjelasan lebih lanjut mengenai produk/jasa / solusi untuk perawatan penyakit gangguan tidur, bisa menghubungi Med Alpha Indonesia, Graha Sucofindo , Lantai 10. Jl. Raya Pasar Minggu Kav.34 Jakarta 12780 Indonesia. http://www.med-alpha.com/contact

Iklan

Penulis: Tengku Shahindra

Strategic Business Advisor, Implementer, Consultant & Trainer dealing with Business Management, Business Performance, Organization Development & Human Capital Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s