Seperti apa bentuk Organisasi Masa Depan?

the-future-brought-to-you-by-nasaPada sesi Sharing Organization Development yang akan penulis bawakan, maupun sesi pelatihan/konsultasi/ seminar tentang pembentukan Struktur Organisasi biasanya penulis berikan materi mengenai bentuk dan struktur organisasi masa depan. Model dan bentuk ini dibuat sebagai antisipasi pemenuhan kebutuhan organisasi di masa mendatang, yang tidak bisa dihadapi dengan model saat ini.

Dalam beberapa hal, seringkali penulis menekankan tentang pentingnya membangun struktur yang tidak hirarkis, atau jangan terlalu banyak layer. Anggaplah ada dua perusahaan dengan bisnis model dan produk/jasa sejenis. Perusahaan pertama memiliki rata-rata rentang kendali atau jumlah anak buah dengan atasan adalah 4, perusahaan kedua memiliki rentang kendali 8. Maka organisasi pertama dengan 7 layer, akan memiliki 4096 staff operasional di layer terbawah dan 1365 manajer, sedangkan organisasi dengan 4 layer hanya memiliki 4096 staff operasional dan 586 manajer! Besar sekali perbedaannya, padahal skala atau model bisnisnya sama.

Karena itu organisasi masa depan akan menghilangkan atau mengeliminasi model ini. Pada organisasi tertentu yang luar biasa, seperti halnya agensi riset pertahanan Amerika, yaitu DARPA sudah mengadopsi model struktur masa depan.  Artikel  pertama dan kedua mengenai DARPA bisa menjadi teladan yang bagus disain organisasi masa depan sangat membantu pencapaian kinerja dan eksekusi di lapangan.

Jadi bagaimana karakter dan model Struktur Organisasi masa depan? Ini adalah beberapa karakter dan ciri-cirinya :

  • Globally connected dengan tim kecil yang hebat. Ketika penulis berinteraksi dengan klien yang memiliki banyak jaringan di beberapa negara, ternyata untuk efisiensi dan efektifitas operasional, mereka sangat kecil jumlah timnya. Total tidak lebih dari 5 orang staff fungsional, namun sudah bisa mengjangkau area lintas negara dengan tanggungjawab yang begitu luas. Bakat dan talenta mereka tidak lagi tergantung kedekatan perusahaan, karena untuk koneksi dan hubungan antar wilayah area kerja, sudah terkoneksi dengan teknologi informasi dan internet. Layanan Virtual Office, Teleconference, Web-online meeting, Internet of Things yang sepenuhnya memanfaatkan internet sudah biasa dilakukan. Mereka benar-benar terkoneksi secara global, tidak lagi ada batas-batas negara/ wilayah atau struktur.
  • Connected Workforce. Organisasi masa depan memiliki tenaga kerja yang mampu untuk tetap terhubung dengan orang yang tepat dan informasi terkait ; kapan saja, di mana saja, dan pada perangkat apapun. Ada konvergensi dengan perangkat terhubung yang ada entah itu tab, pc, laptop, gadget, smartphone sampai wearable device. Ini berarti penggelaran teknologi kolaborasi yang tepat yang memungkinkan hal ini terjadi. Teknologi menjadi inti sistem saraf pusat organisasi masa depan.
  • Act like Small company . Dalam perusahaan yang kecil, mereka mampu membuat keputusan dengan cepat, tidak macet oleh birokrasi, dan lebih lincah serta mudah beradaptasi. Meskipun memiliki banyak tenaga kerja, tapi mereka mampu bekerja dengan cepat, lincah, cepat beradaptasi karena didukung oleh budaya yang likuid, eclectic. Tidak banyak meeting dalam organisasi ini, setiap ada keputusan penting, eksekusi langsung dijalankan.
  • Flatter structure. Ini seperti tulisan di awal. Dari pengamatan terhadap puluhan organisasi yang ditemui, struktur yang bertingkat dan hirarkis lebih banyak membawa masalah daripada manfaat. Akibatnya proyek sering berjalan mandeg, saling tunggu-tungguan, tidak berani mengambil keputusan, menunggu perintah dan beragam masalah lainnya. Struktur yang lebih flat atau landai bukan berarti keputusan selalu dari ‘atas’ ke ‘bawah’, tetapi komunikasi dan kolaborasi mengalir juga ke atas, ke bawah, dan sisi ke sisi. Baik secara vertikal maupun horizontal.

Nah itulah beberapa ciri organisasi masa depan. Sudahkah anda memilikinya?

Note : Ingin tahu solusi dan implementasi struktur organisasi masa depan, silakan  klik ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s