Tesla kini menjual atap rumah panel surya?

solar-roof-tesla

Seperti tiada habisnya Tesla melakukan inovasi. Setelah meluncurkan produk mobil sport premium bertenaga listrik, kemudian model S dengan kemampuan auto drive (semi otonom) di tahun 2014, sampai kemudian pada awal oktober lalu meluncurkan model 3 dengan kemampuan full otonom (level 5). Kini Tesla meluncurkan lagi pada tanggal 28 oktober lalu, solusi panel atap, dengan kemampuan tenaga surya.

Lha, apakah sudah berubah sasaran perusahaan Tesla ni? Yang tadinya menjual mobil sport listrik + baterai lithium ion (bekerjasama dengan Panasonic) kini seolah menjadi perusahaan bangunan panel atap?. Dalam kacamata strategi, sah-sah saja Tesla melakukan itu. Toh atap/genteng yang dijual Tesla berbeda dengan atap biasa, ataupun panel surya perusahan lainnya.

Disinilah pintarnya pendiri Tesla, Elon Musk. Tesla telah merubah dari awalnya dikenal sebagai pemasok mobil sport premium elektrik + kemampuan otonomi penuh, kini menjadi perusahaan teknologi dan disain solusi energi terbarukan (renewable energy) terintegrasi yang bisa ditawarkan bagi jutaan rumah di amerika, eropa dan negara lainnya.

Dengan bentuk panel atap surya yang persis sama dengan atap/genteng lainnya, maka Tesla sudah mampu melakukan inovasi kombinasi yang mampu menggabungkan segenap keunggulan antara panel surya kombinasi dan keunggulan atap rumah. Solusi ini mirip pada level 4 inovasi, karena berdasarkan penemuan tersebut, mampu mengeliminasi kompromi kinerja dasar yaitu panel surya yang kurang menarik dan tidak menyatu dengan atap rumah, dengan bentuk atap genteng yang sama tapi memiliki kinerja bisa menyerap energi matahari. Jenis penemuan ini, akan menyebabkan pergeseran paradigma pada sektor teknologi dimana produk/jasa tersebut berada. Bisa dikatakan atap panel surya Tesla pada hakikatnya adalah genteng + kemampuan panel surya atau bisa disebut real solar roof.

anatomy-solar-roofDalam tayangan video peluncuran produk tersebut, bahkan disebutkan keunggulan atap panel surya Tesla, dimana memiliki keunggulan tidak pecah ketika sebuah beban berat dijatuhkan dibandingkan atap keramik/tanah liat, atap metal, bahkan lantai granite.

Maka bagi perusahaan-perusahaan pembuat material bangunan atau atap rumah + perusahaan pembuat panel surya akan mendapatkan kompetisi baru dengan hadirnya Tesla atap panel surya. Bagi Tesla, peluncuran atap panel surya akan mendorong ekosistem mandiri kendaraan listriknya yang tidak lagi tergantung dengan BBM.

Tampaknya Tesla sudah berubah dari hanya perusahaan automobil semata. Persis seperti Google (kini Alphabet) dimana misinya sudah lebih kearah perusahaan penyedia solusi terintegrasi di robotika, kecerdasan buatan, digital media dan solusi big data.

Tesla kini bukanlah hanya pembuat kendaraan. Tapi sudah menjadi perusahaan disain dan teknologi yang fokus pada inovasi energi terbarukan.
Referensi:

Website Tesla. http://www.tesla.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s