Bagaimana cara menambah tinggi badan secara alami

world-leader-heightTernyata tulisan penulis mengenai negara-negara dengan tinggi badan tertinggi dan terendah di dunia cukup diminati oleh pembaca. Bahkan selalu menempati peringkat atas bacaan tertinggi. Tulisan tersebut dimaksudkan sebenarnya sebagai cermin instropeksi bagi semua pihak di sini karena tidak/kurang peduli terhadap nutrisi dan perbaikan gizi bangsa.

Bandingkan dengan negara lain yang secara massif peduli terhadap gizi dan nutrisi penduduk. Dimana mereka punya program seperti Vietnam yang menjadi produsen ikan patin terbesar didunia setelah belajar dari negeri indonesia. Rata-rata penduduk Vietnam baik laki atau perempuan sudah lebih tinggi dari rerata penduduk Indonesia.

Atau bisa ambil di negeri India, dengan revolusi putihnya sudah mampu meningkatkan konsumsi susu per liter. Perbaikan nutrisi secara masif yang dilakukan pemerintahan – pemerintahan di Asia sudah memperbaiki kualitas tinggi badan mereka. Negeri India, Jepang, dan Korea Selatan sudah mendapatkan perbaikan tinggi badan generasi berikutnya karena perubahan pola gizi penduduknya. Kini  penduduk negeri tersebut hampir menyamai rata-rata orang barat/eropa. Salah satu pembaca blog ini, Sdr Kis, bahkan memiliki tinggi badan 175 cm, padahal kedua bapak ibunya pendek (160 dan 150 cm) termasuk keluarga besar bapak/ibunya. Perubahan gizi/makanan menjadi sebab utama mengapa orang bisa tinggi atau pendek.

Dari studi dan riset literatur yang penulis lakukan, ada dua hal utama yang menjadi faktor penambah tinggi badan. Faktor internal yaitu genetik dan faktor eksternal. Jika anda memiliki bapak dan ibu berbadan tinggi, maka potensi tumbuh tinggi  secara genetik sebagai faktor internal sangat besar, selama tidak mengalami kekurangan gizi dalam masa pertumbuhan. Potensi tinggi anda bisa dilihat berdasarkan rumus :

Potensi tinggi anak laki  = (Tinggi badan bapak +13 cm + Tinggi badan ibu) : 2  +/- 8.5 cm

Potensi tinggi anak perempuan = (Tinggi badan bapak -13 cm + Tinggi badan ibu) : 2  +/- 8.5 cm

Contohnya untuk kasus pembaca blog diatas, tinggi bapak 160 cm dan ibu 150 cm, maka potensi tinggi anak laki adalah (160+13+150): 2  +/- 8.5 cm , sehingga tinggi badan anak laki berkisar antara 157 cm s/d 166 cm. Tapi mengapa  pembaca web blog tersebut mampu memiliki tinggi badan 175 cm?. Nah faktor kedua inilah berpengaruh besar terhadap tinggi badan yaitu faktor eksternal.

Faktor eksternal bisa merubah potensi genetik yang memang sudah dari sononya (bawaan lahir atau takdir). Anda tidak boleh menyalahkan orang tua yang pendek, sebagai alasan mengapa tidak tinggi. Bisa kualat nanti..:). Faktor eksternal dapat diperbaiki melalui perbaikan lifestyle, makan, gizi, gaya hidup dan latihan tertentu. Jadi jika anda merasa badannya pendek dan masih dalam rentang usia pertumbuhan (sampai dengan sekitar usia 19-21 tahun), maka masih bisa bertambah tinggi melalui perbaikan olahraga, gizi dan nutrisi yang pas dan alami.

Apakah ada obat yang bisa menambah tinggi secara singkat?. Terus terang penulis belum percaya akan hal tersebut. Karena jika ada, tentu sudah laku keras di negeri Indonesia, yang mendapat predikat negara dengan penduduk terpendek sedunia. Namun pengamatan penulis bahwa ada orang-orang tertentu yang bisa lebih tinggi dari kedua bapak-ibu atau keluarga besarnya itu cukup banyak. Hampir kebanyakan yang penulis perhatikan, mereka berasal dari keluarga yang memiliki kepedulian terhadap nutrisi anak, serta si anak termasuk rajin olahraga yang memang membantu pertumbuhan tinggi badan.

Karena itulah, penulis bermaksud meluncurkan program penambah tinggi badan alamiah, tanpa menggunakan obat-obatan kimia sama sekali dimana hanya faktor eksternal yang akan disentuh. Program ini meliputi perbaikan makanan, nutrisi, diet khusus serta olahraga baik berupa pilates, yoga termasuk saran olahraga harian yang tepat.  Program ini juga dilengkapi dengan akupressure dan terapi akunpuntur sebagai tambahan.

Agar lebih efektif, penulis menginginkan adanya kerjasama dengan lembaga gymnasium, aerobik atau pengelola sarana olahraga, karena membutuhkan tempat dan latihan tertentu. Tentunya ini hanya diperuntukkan bagi mereka dalam usia SMP-SMU dan baru masuk perguruan tinggi, yang merasa badannya kurang atau ingin bertambah tinggi badan. Mudah-mudahan upaya ini, bila disebarkan secara meluas ke seluruh lembaga sekolah SMP-SMU dan perguruan tinggi, akan mampu meningkatkan tinggi badan remaja Indonesia secara signfikan.

Silakan kontak penulis di web blog ini.

Referensi :

Situs averageheight.co

Satu pemikiran pada “Bagaimana cara menambah tinggi badan secara alami

  1. Ping balik: Bagaimana cara menambah tinggi badan secara alami — ilmu SDM | Rion Aritonang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s