Bagaimana strategi Apple di dalam proyek automotif?

apple-secret-carSetelah sukses melibas produsen jam tangan konvensional dan menempatkan diri sebagai produsen jam tangan pintar (smartwatch) di posisi no 2 tahun 2015 lalu, tampaknya Apple serius menggarap proyek automobilnya. Hal inilah yang sudah didengungkan oleh pendiri Tesla Motor Inc, Elon Musk, mengenai siapa kompetitor langsung Tesla Motor. Tapi bagaimana Apple akan bersaing?

Apple diketahui telah merekrut mantan VP teknikal Tesla, kemudian merekrut beberapa engineer dari Ottawa, Kanata tempat lokasi dimana kantor Blackberry QNX berada. Perlu diketahui bahwa Blackberry QNX merupakan sistem operasi untuk kendaraan premium dan juga fitur hiburan kendaraan untuk Volkswagen, Audi, BMW, GM dan Ford.

Bahkan diketahui pula co-founder sistem operasi QNX sekaligus CEO Blackberry QNX, Dan Dodge telah keluar dari QNX dan bergabung dengan Apple. Tentunya jika level petinggi perusahaan pindah, akan membawa lusinan pegawai juga yang ikut bergabung dengannya. Maka semakin lengkaplah talenta untuk proyek car-automobilenya Apple.

Dari komposisi yang dimiliki sekarang, fokus Apple sepertinya mengarah pada Operating System untuk kendaraan. Mungkin saja bisa disebut sebagai CarOS atau i-Car OS, seperti produk-produk Apple dengan tulisan i di depannya. Namun apakah hanya dalam aspek hiburan media untuk kendaraan atau keseluruhan aspek kendaraan, masih belum jelas. Dalam strategi tersebut, Apple dapat bermitra dengan manufaktur otomobil untuk mengintegrasikan sistem operasi dan teknologinya ke dalam platform ekosistem kendaraan otomotif. Tepanya sebagai otak ‘brain’ nya mobil atau backbone technology untuk kendaraan.

Seperti yang sudah dikemukakan oleh Elon Musk, Apple harus segera mewujudkan produk atau prototypenya. Apalagi Apple sudah merekrut petinggi penting Tesla yang tentunya bisa membawa teknologi manufaktur kendaraan termasuk fungsi self-driving-autonomous car nya ke dalam project car-sering disebut ‘project titan’.

Paling lambat 2017, Apple harus sudah menunjukkan demo/prototipe produknya – jika tidak ingin terlambat.

Kita tunggu di tahun 2017, bagaimana kiprah Apple dalam project otomotif.

Satu pemikiran pada “Bagaimana strategi Apple di dalam proyek automotif?

  1. Ping balik: Samsung tiru langkah Apple di otomotif? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s