Ketika bisnis anda bersaing dengan disruptive innovator

apple-iphone-verge

 

Jika anda mendengar nama Seiko, Casio , Citizen adalah produsen jam tangan terkenal dari Jepang.  Terlebih nama seperti Rolex, Patek Philippe, Omega, Longines, Cartier, Tissot yang merupakan nama-nama brand terkemuka untuk high premium & prestige wrist watch. Negara dimana produsen terkemuka itu berada adalah Swiss. Namun jika ditanya siapa pesaing mereka sebenarnya? Apakah mereka saling bersaing satu sama lain?

Ada pendatang baru yang menandingi nilai penjualan produk terkemuka diatas. Nama ini tentunya sudah tidak asing lagi. Bahkan produsen produk ini sudah dibahas oleh penulis, karena inovasinya.

Ya dialah Apple Watch. Saat ini penjualan Apple Watch sudah bisa menyaingi penjualan produsen jam tangan terkenal lainnya dari Jepang dan Swiss. Tampaknya kita perlu mengerti mengenai jam tangan ini sebelum pembahasan lebih lanjut.

Awalnya, jam tangan merupakan produk glamour dan mewah. Ada sejarah mendalam bahwa jam tangan berupa produk perhiasan baik untuk pria dan wanita. Produsen jam tangan telah membuat jaringan dari pintu ke pintu yang khusus, menciptakan kelangkaan artifisial melalui distribusi regional – area dan retailer. Hingga akhirnya sampai ke tangan konsumen. Industri jam Swiss mewah seperti Patek Philippe, Rolex, Cartier menikmati hal ini  sampai dengan era tahun 2000 –an.

Sampai pada akhirnya, jam berubah menjadi komoditas. Daniel Wellington dan MVMT mampu mengambil ceruk pasar yang menginginkan produk jam tangan berkualitas dari Swiss dengan harga bersahabat atau  Low-End Swiss Watch. Dengan teknik advance mass product-manufacturing , maka kini bisa diperoleh produk jam tangan bernuansa mewah tapi lebih terjangkau.

Kini beberapa inovator telah melihat ceruk dan peluang bisa diraih. Konvergensi dan teknologi manufaktur industri 4.0, seolah tidak melihat adanya batasan –borderless – antara IT, Internet dan Manufaktur. Apple termasuk pemain yang bisa melihat potensi tersebut. Tak heran dalam penjualan di tahun 2015, sudah merebut posisi no 2 (nilai penjualan) dibawah Rolex. Data asosiasi eksport industri jam tangan Swiss menunjukkan penurunan signifikan ekspor produk jam tangan mereka  tahun 2015-2016.

screen-shot-2016-09-09-swiss-watchMemang ada yang menyebutkan bahwa Apple Watch bukanlah sebuah jam tangan. Keberadaan mereka, berbeda dengan jam tangan tradisional mekanik yang didisain dengan kondisi dan kualitas tertentu. Bahkan peruntukannya untuk karakter personal spesifik. Tapi jika dilihat secara jangkauan dan fungsionalitas, tentu membandingkan Apple Watch dan Rolex cukup menarik. Keduanya bisa memberi informasi waktu. Tapi dapatkah Rolex memberitahu berapa temperatur di Silicon Valley saat ini? Dapatkan Rolex mengganti informasi waktu otomatis ketika bepergian lintas wilayah? Bisakah mendengarkan musik ? Bisakah memberi notifikasi penting sms, email, online messaging?. Dalam hal ini, Apple Watch menjadi jawaban untuk itu.

Tampaknya industri jam tangan mengalami kekacauan dengan kedatangan Apple sebagai disruptive innovator. Kini mereka harus berbenah atau disrupted. Batasan-batasan pesaing sudah makin menghilang.

Note : ingin tahu lebih lanjut tentang  Disruptive Innovation ? klik ini.

Referensi :

Federation of Swiss Watch Industri. Diunduh pada 21 Sept 2016 pada laman http://www.fhs.ch/file/59/comm_160707_a.pdf

4 pemikiran pada “Ketika bisnis anda bersaing dengan disruptive innovator

  1. Ping balik: Strategi bisnis yang selaras dengan visi misi organisasi | ilmu SDM

  2. Ping balik: Cara membangun Struktur Organisasi yang selaras dengan strategi visi misi organisasi | ilmu SDM

  3. Ping balik: Siapa pesaing Tesla Motor selanjutnya? | ilmu SDM

  4. Ping balik: Bagaimana strategi Apple di dalam proyek automotif? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s