Menghitung penghematan – Cost Saving dalam program Cost Reduction

cost-savings-in-cost-reductionDalam sesi pelatihan maupun konsultansi mengenai program cost reduction, penulis selalu memberikan teknik atau metode penghitungan cost saving atau penghematan yang berjalan. Karena ini merupakan salah satu bagian penting yaitu mengkuantifikasi pengurangan biaya yang dijalankan, baik secara simulasi atau setelah program berjalan.

Penghitungan atau kuantifikasi nilai penghematan sangat penting karena membantu kesuksesan dari para pihak dalam program cost reduction. Terlebih dalam rangka dukungan menajemen puncak, yang memang harus dimiliki sebelum menjalankan program. Karena merupakan hal yang kritikal utama dalam keberhasilan program.

Sebagai contoh pada perusahaan manufaktur, biaya untuk pengadaan material bahan baku baja/steel mencapai 2 juta USD per tahun. Ini merupakan biaya tertinggi dari struktur cost perusahaan manufaktur. Biaya ini tetap ada, namun manajemen berupaya agar bisa mereduksi biaya tersebut tanpa mengurangi kebutuhan akan baja.

Berdasarkan analisis dan observasi diketahui kebutuhan material bahan baku baja mencapai 10 ribu ton/ tahun. Sejauh ini menggunakan 5 vendor yang ada. Dari tim cost reduction mendapatkan informasi ada perbedaan2 harga antar vendor, karena masing-masing memberikan supply sekitar 1500-2000 ton/tahun. Karena itu tim memutuskan untuk mengkompetisikan vendor yang ada melalui lelang terbuka agar didapatkan harga termurah.

Tentunya dalam pengadaan tender terbuka membutuhkan biaya. Dari simulasi, pengadaan tender membutuhkan biaya 4000 USD yang meliputi :

  • Iklan di media online/offline                      : USD 600
  • Undangan, Anwijzing, pengumuman : USD 100
  • Pembentukan Tim Tender,                          : USD 300
  • Biaya Hotel Tim                                                    : USD 2000
  • Biaya kunjungan/observasi ke vendor : USD 1000

Namun biaya cost  karena harga steel yang berbeda-beda, menjadi lebih murah karena  dengan 1 vendor bisa memberikan harga paling murah, dengan rata-rata selisih USD 5 per ton untuk kebutuhan 10.000 ton setahun.

Sehingga bisa dihitung berapa biaya penghematan yang terjadi.

  • Cost Saving : USD 5 * 10.000 ton = USD 50.000
  • Total Cost Saving = Cost Saving – Biaya Tender =  50.000 – 4000 = USD 46.000

Nilai penghematan adalah USD 46 ribu setahun.

Note : ingin tahu lebih lanjut tentang program Cost Reduction & Productivity Improvement ? klik ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s