Ketika plagiarisme menjadi budaya instan

hlg_plagiarsmBerbicara mengenai plagiarisme, ya ternyata sudah banyak menjadi pelakunya. Kalau dirunut dari sejarah di negeri ini mulai dari murid, guru bahkan sampai level professor pun ada yang pernah melakukan plagiarisme. Seolah tidak pandang bulu, siapapun bisa saja melakukan plagiarisme.

Bahkan tulisan di web blog penulis ini juga tak luput jadi bahan plagiarisme. Ada rekan bernama Alexa yang menginformasikan ke email penulis. Beliau menemukan bahwa ada tulisan yang sama persis dilakukan orang lain dengan content web blog di tahun 2014.

Berikut adalah screen shot dari tulisan dan link : https://www.linkedin.com/pulse/cara-mengukur-employee-engagement-lebih-baik-desiana-andar?trk=prof-post

Tertanggal 7 september 2016

screenshot-desiana-andar-7-sept-2016

Dari seseorang bernama Desiana Andar, dengan akun LinkedIn https://www.linkedin.com/in/desiana-andar-93601697, telah menulis pada pulse LinkedIn tersebut, yang persis sama dengan tulisan yang sudah penulis publish pada tanggal 20 November tahun 2014 di web blog ini.

Sekarang coba bandingkan tulisan di web blog Ilmu SDM pada link ini https://ilmusdm.wordpress.com/2014/11/20/cara-mengukur-employee-engagement-lebih-baik/

screenshot-ilmusdm-20-november-2014

Semuanya persis sama. Dari kata-kata, paragraf dan lainnya. Sampai-sampai gambar yang digunakan juga persis. Real Copy Paste.

Sangat disayangkan bahwa Sdri Desiana Andar, sama sekali tidak tidak mencantumkan sumber atau referensi dari mana tentang tulisan di linkedIn tersebut. Padahal mengaku sebagai Business Consultant, Marketing Specialist, StartUp Friends dll.

Budaya instant, ingin cepat tenar, kepepet, tidak percaya diri, tidak mencintai pekerjaannya, tidak ingin ketinggalan adalah beberapa alasan umum bagi para pelaku plagiator. Plagiator tak lebih daripada orang yang suka membohongi diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s