Yang penting dimiliki sebelum menjalankan program Cost Reduction

cost-brain-mapSepertinya tulisan tahun lalu mengenai bagaimana cara menjalankan program cost reduction, masih relevan untuk tahun 2016 – 2017 ini. Bahkan pemerintah sendiri sudah melakukan pemangkasan anggaran pemerintahan, yang tentunya berujung kepada efisiensi. Di saat ekonomi sedang lesu, tampaknya kenaikan cost cukup menjadi beban besar bagi perusahaan. Ya, Indonesia memang mengalami proses dilematis. Upah pekerja naik, tapi tidak dibarengi dengan produktifitas meningkat.

Sayangnya kebanyakan program cost reduction dalam pengamatan penulis, lebih banyak hantam kromo. Tidak menyentuh akar masalah, atau hanya membereskan hal-hal kecil saja. Disinilah letak pentingnya aspek yang sebaiknya dimiliki terlebih dahulu, sebelum menjalankan program cost reduction. Apalagi bila menjangkau banyak fungsi organisasi.

Aspek terpenting yang menjadi kritikal dalam keberhasilan program Cost Reduction adalah komitmen dari manajemen puncak atau di tingkat Dewan Direksi. Merekalah yang memberikan dukungan kesuksesan utama dalam cost reduction keseluruhan atau bagian /fungsi perusahaan. Adakalanya usulan/ide/konsep dari Cost Reduction berasal dari bawah seperti dari superintendent/foreman, kepala department atau bagian operasional lainnya. Namun tanpa dukungan dari manajemen puncak akan sulit berjalan karena ini menyangkut penyelarasan / alignment program perusahaan.

Mengapa dukungan dari manajemen puncak sangat dibutuhkan? Karena merekalah yang memberikan mandat/ otoritas terhadap program itu. Manajemen puncak perlu melihat apakah cost reduction merupakan tema / strategi dari perusahaan untuk tahun ini, karena bisa jadi cost reduction bukan merupakan tema utama bagi perusahaan. Buat apa melakukan program cost reduction, jika ternyata cost itu (menurut kacamata manajemen puncak) belum menjadi prioritas?.

Itulah gunanya penyelarasan antara program/insiatif/ide cost reduction dengan strategi manajemen puncak. Jika mandat atau ide cost reduction berasal dari manajemen, tentu jauh lebih mudah. Apalagi jika manajemen puncak dan manajemen menegah maupun dibawah, sama-sama menyadari bahwa cost perusahaan sudah sedemikian besarnya sehingga perlu mengalami reduksi. Syukur-syukur jika pengurangan cost tidak mengurangi output atau produktifitas perusahaan.

Bagaimana bentuk komitmen manajemen puncak? tugas dan tanggungjawab manajemen puncak sangatlah besar. Program cost reduction bisa merupakan salah satu strategi perusahaan selain program strategi perluasan pasar, peningkatan produktifitas, perbaikan struktur finansial dan strategi lainnya. Terkait program cost reduction, tentunya komitmen manajemen puncak bisa diperlihatkan dalam bentuk : Kehadiran pada meeting cukup sekali-kali dalam hal memperlihatkan dukungan, bertemu dengan anggota tim saat implementasi di lapangan, memberikan approval terhadap program cost reduction terutama yang bersifat strategis (ada perubahan struktur, perubahan proses bisnis, investasi aset) bukan operasional (perbaikan metode kerja, perubahan jam kerja,dll), memberikan mandat atau otoritas demi kelancaran program.

Ada kisah mengenai program cost reduction ini. Seorang manajemen puncak pernah memberikan mandat kepada kepala tim cost reduction, yang waktu berpangkat foreman. Mandatnya kira-kira sebagai berikut : “Berikan informasi langsung kepada saya, jika ada orang yang tidak mau menjalankan program cost reduction. Anda boleh report langsung ke saya demi keberlangsungan cost reduction ini. Tidak usah khawatir, saya akan dukung anda sepenuhnya..!”. Nah, enak kan jika manajemen puncak memberi mandat seperti itu?

Dukungan penuh dari manajemen puncak merupakan kritikal utama program keberhasilan cost reduction perusahaan. Program cost reduction ini, bisa dijalankan sendiri atau menggunakan konsultan.Keduanya mampu berjalan baik, selama ada komitmen penuh dari seluruh pihak mulai dari jajaran top manajemen sampai dibawah.

Note : ingin tahu lebih lanjut tentang program Cost Reduction & Productivity Improvement ? klik ini.

Satu pemikiran pada “Yang penting dimiliki sebelum menjalankan program Cost Reduction

  1. Ping balik: Menghitung penghematan – Cost Saving dalam program Cost Reduction | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s