Manfaat BPM – Business Process Management bagi pemerintahan dan institusi publik

Workflow Redesign CartoonSaat ini, masih banyak yang beranggapan bahwa BPM (Business Process Management) lebih tepat diaplikasikan pada organisasi bisnis, perusahaan maupun komersial. Pada kenyataannya, BPM bisa memberikan manfaat besar bagi organisasi pemerintahan atau institusi publik. Layanan publik memang tidak memberikan revenue atau pendapatan, karena institusi publik bukanlah organisasi komersial. Lantas dimana BPM bisa berperan?

Pada dasarnya BPM dengan metode peningkatan kinerja melalui BPR atau BPI bermaksud memberikan perbaikan dalam hal kualitas, biaya, kecepatan, keamanan, moral dan lainnya. Nah, aspek terhadap peningkatan kuallitas, penurunan biaya proses atau lead time services atau aspek keamanan bisa menjadi target bagi penerapan BPM bagi insitusi publik atau pemerintahan. Inilah peran BPM bisa dimaksimalkan bagi organisasi tersebut.

Terlebih jika organisasi publik  tersebut sudah menerapkan sistem Informasi Teknologi. Maka keberadaan BPM akan sangat mendukung dan relevan dalam mengungkapkan isu-isu penting pada proses di institusi publik, serta mampu mendefinisikan kesempatan perbaikan. Karena pada dasarnya BPM merupakan management discipline yang melibatkan segala kombinasi dari modeling, automation/implementation, execution, control, measurement dan optimization dari  business processes.

Sebagai layanan publik, maka kualitas, kecepatan, delivery, kehandalan, realiabilitas dan ketersediaan merupakan salah satu indikator penting. Sebagai contoh, kasus peningkatan proses pada kepengurusan pajak PKB/BBN-KB di Samsat. Ada perubahan yang signifikan dalam kecepatan proses sebelumnya dari 1 jam menjadi sekitar 30 menit atau meningkat 50% kecepatan proses. Melalui teknik BPM, masih bisa diidentifikasi peluang perbaikan. Karena pada sistem yang saat ini, publik masih harus mendatangi kantor Samsat untuk perpanjangan. Dengan menggunakan SOA (Service-Oriented Architecture) dan integrasi pada pembayaran di Bank, maka proses kepengurusan nantinya bisa kurang dari 30 menit, menjadi hanya kurang dari 2 menit.

Dengan demikian BPM tidak hanya bermanfaat bagi organisasi swasta/komersial, tapi bisa diaplikasikan ke semua organisasi, baik pemerintahan, publik, layanan masyarakat, LSM serta institusi lainnya. Selama ada proses di organisasi tersebut, BPM bisa mendorong proses lebih baik. Mengenai manfaat lebih dalam, process stage dan bentuk transformasi apa bagi institusi publik, akan dijelaskan dalam tulisan selanjutnya.

Note : ingin tahu lebih lanjut tentang BPM bagi institusi publik ? klik ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s