Inilah salah satu kandidat produsen Smartphone terbanyak di dunia tahun 2016

Ringing-Bells

Jika di tahun 2014, Xiaomi menduduki peringkat ke tiga dalam penjualan Smartphone, namun ternyata sudah disalib oleh Huawei pada tahun 2015. Lantas siapakah yang kira-kira menjadi  nama baru produsen Smartphone lima besar di dunia tahun 2016 ini? Apakah Oppo, atau Oneplus yang sering disebut sebagai flagship killer?

Kalau menurut prediksi penulis bukanlah dua nama tersebut, yang memang cukup inovatif dalam menggerus pasar Samsung maupun Apple. Tampaknya start up perusahaan dari India yang bisa menembus masuk Lima besar produsen Smarthone terbesar di dunia pada tahun 2016. Siapa nama produsen tersebut?

Adalah Ringing Bells, yang telah berhasil memproduksi Smartphone termurah di dunia dengan harga 251 Rupee atau sekitar 3.8 USD, yang setara dengan 50 ribu rupiah !. Ya bukan 500 ribu rupiah, benar-benar 50 ribu rupiah. Lebih murah dari jajan di Mall yang bisa mencapai ratusan ribu rupiah per porsi.

Di India memang banyak bertebaran teknologi manufaktur yang berupaya memproduksi barang atau produk termurah di dunia. Ketika beberapa tahun lalu, Tata Motor berhasil membuat Tata Nano yang menjadi mobil termurah sejagat dengan harga sekitar 20 jutaan rupiah, kini kembali ada inovasi dari perusahaan teknologi India, Ringing Bells yang sejak 18 Februari memperkenalkan produk smartphone Freedom 251.

Dilihat dari spesifikasi, ternyata masuk kelas menengah. Smartphone termurah di dunia itu memiliki baterai berkapasitas 1450mAh dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1, dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 3,2MP dan kamera depan 0,3MP. Ponsel ini juga didukung oleh RAM berkapasitas 1GB, internal memori 8GB, serta dimotori prosesor 1,3GHz Quadcore.

Jika harga tersebut bisa mencapai semurah itu, tampaknya harga jual produk lebih murah daripada harga Bill of Material  dari komponen penyusun smartphone tersebut. Tentu untuk mencapai efisiensi, perlu pendekatan massive production agar bisa diperoleh harga paling ekonomis. Ada kemungkinan dukungan dan insentif dari pemerintah India, persis dengan yang diterima oleh Huawei.

Kini berapa yang sudah memesan Freedom 251? Dari harian Hindustan Times menyebutkan pihak Ringing Bells terpaksa harus menghentikan pesanan daring / online karena sudah mencapai 73 juta pesanan ! Pengiriman handset smartphone termurah di dunia ini akan dimulai April mendatang. Perusahaan juga menjanjikan pengiriman selesai sebelum akhir 2016. Jika jumlah pesanan tersebut terealisasi, maka akan mengalahkan produksi penjualan Smartphone Xiaomi atau Huawei di tahun 2015

Dengan harga handset termurah sedunia,  sepertinya Mohit Kumar Goel, pendiri Ringing Bells tidak berkeinginan untuk mengambil profit dalam produksi Handset tersebut. “ Saya bermaksud berkontribusi dalam membentuk Digital India dengan memberikan kesempatan bagi semua penduduk India untuk memiliki Freedom 251 di tiap kantongnya”  demikian dikatakan Goel pada Hindustan Times. Sebuah visi yang tulus dan didukung oleh pemerintah, masyarakat dan industri .

Agaknya inovasi yang diluncurkan oleh Ringing Bells bisa menjadi mengubah peta dunia Gadget, smartphone atau lainnya. Pendekatan sosial bisnis dengan visi membentuk Digital India untuk semua masyarakat penduduk India yang berjumlah 1.1 milyar, telah menjadi fenomena tersendiri dengan pesanan Smartphone terbesar yang pernah ada. Para innovator di negeri  India dengan jumlah penduduk terbesar no 2 di dunia, begitu dihargai oleh Pemerintah India. Tidak seperti di negeri ini, dimana inovasi-inovasi dengan hasil riset yang mendukung malah ditutup, tidak peduli apakah inovasi itu bisa menjadi potensi bagi industri elektronika, manufaktur atau riset mahasiswa.

Negeri ini perlu belajar dari India mengenai inovasi  dan teknologi.

Referensi :

Hindustan Times. 2016. Dikutip dari laman http://www.hindustantimes.com/tech/freedom-251-booking-closed-company-to-deliver-7-35-cr-phones-in-2016/story-6pVKQF6GqNZdPNasoyYctK.html

4 pemikiran pada “Inilah salah satu kandidat produsen Smartphone terbanyak di dunia tahun 2016

  1. Kalau benar terjadi, bisa merubah lansekap industri smartphone secara keseluruhan. Tapi tentu kita juga perlu paham, bahwa ada kemungkinan segmen kelas menengah mungkin tak akan terlalu bergeming terhadap “serangan harga”

    • Iya..bisa jadi, untuk yang premium tidak terlalu mengubah. Mirip dengan segmen pasar automotive untuk Lexus, Rolls Royce, Ferarri tentu tidak dipengaruhi oleh Tata Nano.

      Tapi dengan munculnya Tata Nano, membuat produsen automotive massal juga ikutan membuat LCGG, Low Cost Green Car, artinya ada antisipasi dan reaksi dari produsen otomotif terhadap kemunculan tata Nano. Akhirnya muncullah Datsun Go/+, Agya/Ayla, Brio/Satya dll.

      Smartphone di Indo dengan spek menyerupai Freedom 251,harganya sekitar 700 ribu s/d 1 jutaan.

  2. Ping balik: Apa dampak Xiaomi dan Huawei bagi Samsung? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s