Cara mendapatkan kandidat terbaik yang hampir tak pernah dipecat !

qualities good employeeMungkinkah mendapatkan seseorang yang sangat tepat pada suatu posisi, sehingga hampir tidak pernah gagal atau dipecat sebelum waktunya? Dengan tingkat keberhasilan mendekati 100% kepuasan pada pelanggan yang menggunakan jasa head hunter atau recruitment agency, ternyata ada kiat-kiat tertentu yang bisa dijadikan best practice bagi pelaku perekrutan.

Kiat dan jurus apa yang digunakan untuk mencapai hal itu., ternyata kuncinya hanya pada satu kata yaitu : Referensi. Mirip dengan jurnal ilmiah, jika tulisan ingin semakin ilmiah dan scientific maka referensinya harus sangat kuat sehingga tulisan semakin berbobot, accountable dan bisa dipertanggungjawabkan.

Claudio Fernandez-Araoz, salah satu eksekutif pada Global Executive Search Egon Zehnder, penulis buku It’s not the How or the What but the Who (HBR press, 2014) menyebutkan ada  enam kiat untuk mendapatkan kandidat terbaik melalui referensi tepat, sehingga hampir mendekati 100% tidak dikeluarkan.

Kiat pertama. Pastikan bahwa kandidat yang dipilih memiliki referensi lengkap dan relevant untuk bisa dihubungi. Apa saja referensinya? Menurut Claudio referensi bukan hanya atasan tapi juga bawahan, rekan kerja dari beberapa pengalaman kerja sebelumnya. Persempit pencarian referensi sesuai dengan keahlian dan ketrampilan spesifik yang dibutuhkan misalnya :  mantan atasan untuk melihat orientasi strategis dan motivasi berprestasi, rekan kerja untuk melihat pengaruh dan kolaborasi, serta mantan bawahan untuk mengecek kepemimpinan.

Kedua adalah memberikan insentif tepat kepada orang menjadi referensi. Bisa katakan betapa pentingnya hal ini untuk mendapatkan informasi tepat mengenai kandidat.Tidak ada kandidat yang sempurna, tentunya mereka hadir dengan segala kekuatan dan kelemahannya. Akan lebih baik jika menanyakan langsung via phone daripada email atau online messenger.

Ketiga adalah membantu pereferensi menghindari bias informasi tentang kandidat.  Hindari pertanyaan yang menimbulkan bias “ “Coba ceritakan bagaimana pendapat anda tentang Michael”. Pertanyaan seperti itu memberikan banyak interpretasi. Lebih baik menanyakan pereferensi mengenai bagaimana si kandidat ketika menghadapi situasi kerja yang mirip dengan tawaran pekerjaan sekarang, bagaimana dia mengembangkan akuntabilitas dan tanggungjawab, apa dan bagaimana cara dia bekerja dan seterusnya.

Keempat adalah  menanyakan pada pereferensi tentang kecerdasan sosial atau emosional si kandidat. Fokus mendapatkan informasi bagaimana kesadaran diri, empati, ketrampilan sosial serta motivasi.

Ke lima adalah memeriksa kesesuaian nilai dan budaya si kandidat. Meskipun kandidat memiliki kompetensi yang dipersyaratkan, faktor ini bisa merupakan kunci bagi kandidat apakan bisa beradaptasi atau sukses dalam lingkungan organisasi baru.

Nah faktor terakhir menurut Claudio adalah mengecek kepada pereferensi bagaimana si kandidat tentang kemampuan kandidat dalam belajar, beradaptasi dan menumbuhkembangkan pengetahuan maupun ketrampilannya. Ini sangat penting mengingat perubahan yang terjadi sangat cepat, kompleks dan dinamis. Faktor ini sangat relevan mengenai tantangan  SDM masa depan yang sudah ditulis dalam blog ini.

Itulah sekelumit kiat dari head hunter tekemuka. Sudahkah anda mengikutnya?

Satu pemikiran pada “Cara mendapatkan kandidat terbaik yang hampir tak pernah dipecat !

  1. Ping balik: Cara merekrut talenta untuk Perusahaan Start-Up dan Digital Technology Demonstrator | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s