Siapa pemain terbesar manufaktur IC/Chipset di dunia?

IC Chipset

Jika kita mendengar tentang Apple, Samsung, Xiaomi. Maka mereka adalah produsen-produsen kelas atas untuk smartphone, gadget dan perangkat elektronik lainnya. Namun jika diperhatikan lebih jauh, ada perusahaan lain dibalik kesuksesan mereka, terutama untuk IC (integrated circuit/chipset) bagi perangkat elektronik yang dibuat.

Nama perusahaan ini tidak terlalu dikenal. Tapi sangat ngetop bagi kalangan industri elektronik, IC Design makers atau fabless semiconductor company. Upaya efisiensi terus menerus dan fokus industri elektronik, mulai dari System Architecture,  designer smartphone, IC chipset design, pabrikan/manufaktur chipset, assembler telah membuat mereka menjadi ekosistem bisnis yang saling mendukung terciptanya produk hebat. Perlu diketahui bahwa iPhone 6S dan 6S Plus, memiliki dua produsen chipset A9 nya Apple, yang berbasis ARM Architecture.

Siapa pemain terbesar dalam pabrikan/manufacturer chipset untuk produsen kelas atas tersebut? Yang biasa memproduksi IC atau Chipset dalam jumlah besar untuk Apple, Qualcomm,NVidia, Marvell, atau MediaTek? Jika pernah mendengar singkatan TSMC, maka dialah produsen tersebut atau lebih dikenal sebagai pureplay semiconductor foundry.

TSMC, singkatan dari Taiwan Semiconductor Manufacturing Company merupakan pabrik manufaktur IC, Chipset independen terbesar di dunia dengan kapitalisasi pasar 110 milyar USD dan nilai penjualan sekitar 10 milyar USD per tahun. Secara keseluruhan TSMC berdedikasi penuh untuk proses produksi IC dan produk sejenis (processor, DSP, Analog dll) sesuai ‘pesanan’ dan disain dari luar. TSMC tidak peduli dengan brand/mark karena cap tersebut akan dibuat sesuai dengan permintaan IC disainer dari luar, yaitu Qualcomm, Apple, NVidia, AMD , MediaTek atau Marvell yang lebih dikenal sebagai fabless semiconductor company.

Keberadaan pureplay semiconductor foundry tentu menguntungkan bagi fabless semiconductor, karena mereka tidak perlu pusing soal urusan produksi IC/chipset. Cukup bagi mereka untuk fokus pada design IC/chipset paling bagus, efisien, paling komplit lantas urusan manufaktur diserahkan ke luar. Bagi perusahaan elektronik besar seperti Apple, bahkan lebih cerdas lagi dengan menyerahkan produksi chip A9 untuk iPhone 6 mereka kepada TSMC dan Samsung yang memiliki fasilitas manufaktur chipset sendiri atau disebut Integrated Device Manufacturer sama halnya dengan Intel dan IBM.

Manfaat pertama tentu adalah terjaminnya pasokan. Karena dengan adanya dua pemasok IC, maka jika terjadi kejadian /dispute bisa segera mengalihkan ke pemasok lainnya. Yang kedua adalah negosiasi harga untuk mendapatkan harga lebih baik. Apple menjual puluhan juta iPhone setiap tahunnya, tentu bisa mendesak untuk harga murah pada nilai kontrak yang besar. Dan terakhir tentunya bisa mendapatkan manufaktur yang paling efisien proses disain IC/chipsetnya. Kabarnya chipset A9 yang diproduksi TSMC lebih efisien penggunaan baterainya daripada chipset A9 buatan Samsung.

Siapa pesaing terdekat TSMC? Tampaknya hanya Globalfoundries yang merupakan divisi terpisah dari AMD sebagai pesaingnya. Urutan ke tiga dipegang UMC, dan Samsung sendiri berada diurutan ke 4 khusus untuk pabrikan/manufaktur chipset.

Satu pemikiran pada “Siapa pemain terbesar manufaktur IC/Chipset di dunia?

  1. Ping balik: Apa dampak Xiaomi dan Huawei bagi Samsung? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s