Atribut atau karakteristik dari Internet of Things yang bisa membawa pabrikan menuju Industri 4.0

Smart Factory Large

Ternyata pabrikan kelas dunia sekalipun masih bisa mengalami kehilangan waktu sekitar 15% dari waktu efektif operasi mesin (OEE-Overall Equipment Effectiveness) yang termanfaatkan dengan waktu potensi yang ada. Ruang ini bisa menjadi celah untuk peningkatan kinerja mendekati angka 100%, meskipun kenyataannya tidak mungkin bisa mencapai 100%.

Atas dasar tersebut, maka konsep Internet of Things (IoT) bisa membantu pencapaian KPI pabrikan/manufaktur, sehingga ada beberapa karakteristik atau atribut yang bisa membuat pabrikan menjadi smart factory, dalam ranah Industri 4.0.

Berikut adalah karakteristik atribut yang bisa membuat pabrikan menjadi Smart Factory , dengan melihat peran besar apakah sebagai pemasok, manufaktur/pabrikan atau pelanggan/customer.

  1. Smart supply network : Jaringan cerdas pasokan, merupakan model bentuk jaringan dengan transparansi terhadap persediaan pemasok serta kendaraan logistik disertai otomasi informasi dan pergerakan material.
  2. Next-gen manufacturing system : Sistem manufaktur generasi masa depan. Beberapa ciri dari sistem manufaktur generasi masa depan adalah mampu menjadwalkan otomasi produksi sesuai prediksi ataupun ketersediaan pasokan, menawarkan aplikasi mesin cerdas, integrasi engineering / rekayasa tanpa batas termasuk visualisasi jarak jauh, monitoring, pengendalian dan sinyal otomatis.
  3. Cloud Storage/Processing. Penyimpanan komputasi awan. Data informasi dan aplikasi disimpan melalui komputasi awan yang aman.
  4. Data analytic. Analisis Data. Adanya analisis secara realtime, termasuk didalamnya sudah built-in algoritma kompleks untuk pengambilan keputusan.
  5. Cybersecurity. Keamanan jaringan. Proteksi data melalui mekanisme enkripsi untuk melindungi terhadap ancaman dan kelemahan dari luar.

Bila dilihat atribute diatas, baru mencakup sisi Pemasok ada di no 1, sedangkan di sisi perangkat lunak pada pabrikan/manufaktur pada atribut di no 2,3,4 dan 5. Padahal yang namanya pabrikan/manufaktur tentu tidak lepas dari area kerja atau sering diistilahkan sebagai shopfloor.

Akan dijelaskan nantinya bagaimana attribute yang penting pada pabrikan/manufaktur khususnya area shopfloor.

Satu pemikiran pada “Atribut atau karakteristik dari Internet of Things yang bisa membawa pabrikan menuju Industri 4.0

  1. Ping balik: Atribut atau karakteristik dari Internet of Things menuju Smart Factory untuk area Shopfloor | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s