Industri 4.0 : Kolaborasi dan Konvergensi antara Infrastruktur Manufaktur dengan IT

Smart Factory

Industri manufaktur, sebagaimana layaknya Industri IT juga mengalami evolusi. Perbedaan utama terletak pada tingkat kecepatan dan disruptive innovation pada industri manufaktur. Di awal tulisan mengenai kolaborasi internet IT dengan manufaktur telah dijelaskan bagaimana perubahan yang terjadi pada manufaktur. Antara lain : meningkatnya level otomasi,  adopsi sistem manufaktur dan integrasi sistem.

Konsep manufaktur masa depan bagaimana yang bisa berkolaborasi dengan baik? . Mari ambil teladan dari negara Jerman yang bisa dibilang inovasi manufakturnya lebih baik daripada Amerika. Semakin terlihatnya kolaborasi antara IT dengan manufaktur, telah membuat pemerintah jerman menyebutnya sebagai revolusi “Industri 4.0”.

Namun seandainya ini ditanyakan kepada pelaku industri manufaktur atau pabrikan, tentu masih banyak yang belum paham. Bahkan survey dari World Economic Forum, sekitar 88% pelaku dan pengambil keputusan di industri manufaktur mengatakan “ mereka tidak mengerti sepenuhnya apa model bisnis yang mendasari serta implikasi jangka panjang apa dari industri internet /IT yang bisa mempengaruhi kepada manufaktur mereka”. Terlihat bahwa pemahaman sepenuhnya tentang kecepatan industri internet/IT, Internet of Things, Big Data belum dipahami, karena memang para eksekutif industri sekarang belum pernah menyaksikan gangguan utama/disruptive seperti halnya dialami industri teknologi tinggi/IT atau Internet.

Lantas kira-kira, gangguan atau permasalahan utama apa yang dihadapi industri manufaktur jika tidak mengalami perubahan mendasar pada model bisnis mereka?. Tentu ada banyak asumsi yang mendasar yaitu bahwa sebenarnya pabrik/manufaktur sekarang tidaklah efisien. Jika masih menggunakan model lama manufaktur atau belum beralih ke model revolusi Industri 4.0

Untuk menentukan ukuran efektifitas dalam lingkungan industri manufaktur, peralatan, mesin atau equipment, maka sebenarnya hanya perlu satu metrik KPI (Key Performance Indicator) yang menentukan dalam lingkungan manufaktur, yaitu  OEE (Overall Equipment Effectiveness). Ukuran KPI ini membandingkan seberapa efektif operasi manufaktur mesin/peralatan/industri termanfaatkan dibandingkan dengan seberapa efektif potensi seharusnya bisa berjalan. Rata OEEs manufaktur dijalankan pada 60-70%. Penulis bahkan pernah menemukan OEE yang berada dibawahnya yaitu 55%. Untuk manufaktur kelas dunia memiliki  OEEs kelas sekitar 85% atau diatasnya Ini berarti bahwa pabrikan manufaktur saat ini yang paling efektif sekalipun,  saat ini kehilangan 15% dari waktu yang tidak membeikan nilai tambah / non value added, seperti pergantian mesin, penghentian, pemeliharaan, dan produksi material yang cacat atau rusak.

Dengan demikian masih banyak ruang untuk pabrikan sekarang menuju smart factory/smart plant sehingga memiliki OEE mendekati 100%. Bayangkan jika efektifitas peralatan/mesin/pabrik anda mendekati angka 100%, tentu sangat membantu produktifitas dan profitabilitas perusahaan.

Pertanyaan paling penting bagi industri manufaktur:  Atribut atau karakteristik apa dari Internet of Things yang bisa membawa pabrikan manufaktur mereka menuju smart factory / smart plant  atau relevan dengan industri 4.0 ?

Akan dijelaskan dalam  tulisan selanjutnya.

5 pemikiran pada “Industri 4.0 : Kolaborasi dan Konvergensi antara Infrastruktur Manufaktur dengan IT

  1. Ping balik: Atribut atau karakteristik dari Internet of Things yang bisa membawa pabrikan menuju Industri 4.0 | ilmu SDM

  2. Ping balik: Atribut atau karakteristik dari Internet of Things menuju Smart Factory untuk area Shopfloor | ilmu SDM

  3. Ping balik: Inilah pergeseran pekerjaan di masa depan | ilmu SDM

  4. Ping balik: Ketika bisnis anda bersaing dengan disruptive innovator | ilmu SDM

  5. Ping balik: Samsung tiru langkah Apple di otomotif? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s