Menentukan urutan/ tahapan rekruitmen yang paling efisien

recruitment-process

Kadang kala kita sering dihadapkan dalam proses perekrutan, bagaimana memilih tahapan yang paling efektif dan efisien. Terutama jika kantor atau perusahaan memiliki budget yang terbatas, deadline atau tenggat waktu serta faktor lainnya.

Lantas bagaimana mengurutkan proses rekrutmen agar tidak menimbulkan biaya tinggi. Tentunya ada beberapa tips atau pedoman agar perekrutan berjalan lancar, efektif dan efisien. Berikut adalah tips praktis berdasarkan pengalaman penulis yang bisa dijadikan pedoman atau acuan terkait menentukan tahapan proses perekrutan.

Acuan, referensi atau pedoman tersebut diantaranya :

  1. Tentukan strategi perekrutan. Apakah pelamar harus melewati semua tahapan selanjutnya dinilai total kumulatif setiap tahap, ataukah menggunakan sistem gugur untuk setiap tahapan yang dilewati. Proses pertama paling baik, karena mendapat profil menyeluruh tentang kandidat, namun biayanya besar. Sedangkan proses kedua lebih efektif dalam biaya, meskipun kadang perlu waktu lebih panjang.
  2. Setiap proses tentu memiliki biaya. Karena itu perlu mengetahui mana proses yang memiliki biaya tertinggi sampai terendah. Silakan dihitung biayanya.
  3. Kemudian lakukan tahapan proses perekrutan mulai dari proses yang biayanya paling rendah sampai dengan biaya tertinggi. Dengan demikian tidak perlu membuang biaya lebih tinggi di awal.

Dengan berpedoman pada referensi diatas, maka akan diperoleh proses yang efektif dan efisien. Namun, dalam beberapa kasus  bisa saja terjadi proses yang biayanya lebih besar berada di depan. Hal ini bisa disebabkan karena :

  1. Ketiadaan manpower/tenaga kerja untuk melakukan proses tersebut. Misalnya ketika menjalankan proses seleksi berkas atau proses interview.
  2. Adanya faktor eksternal dari luar, dimana bisa terjadi tekanan-tekanan pihak tertentu sehingga akan lebih aman jika menggunakan proses seleksi menggunakan vendor/recruitment agency. Biaya memang lebih besar, tapi keamanan dan stabilitas bekerja lebih utama.

Faktor-faktor tersebut diatas hendaknya bisa menjadi pertimbangan bagi pihak yang menjalankan rekrutment eksternal.

Selamat menjalankan perekrutan karyawan yang efektif dan efisien !

Satu pemikiran pada “Menentukan urutan/ tahapan rekruitmen yang paling efisien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s