Siapa lima besar produsen smartphone tahun 2015?

Huawei Launch p8Tahun lalu, dalam tulisan ini. Xiaomi secara mengejutkan sudah bertengger di posisi nomor tiga sebagai produsen smartphone terbesar . Kerasnya persaingan di dunia gadget, tablet, smartphone maupun wearable device, membuat para produsen smartphone mencari strategi terbaik dalam rangka memenangi persaingan. Xiaomi yang terkenal dengan strategi pemasarannya , sudah membuat strategi khusus guna mencapai ambisi menjual 100 juta smartphone mereka tahun 2015.

Kini mari kita lihat. Siapa yang masih bertengger dalam posisi lima besar produsen smartphone tahun 2015?. Berdasarkan data yang dilansir dari Gartner, IDC dan Trendforce, ternyata terjadi perubahan cukup signifikan terhadap posisi lima besar produsen Smartphone 2015 dibandingkan tahun 2014. Kecenderungan ini tampaknya tidak berubah, meski data yang diperoleh masih dari Q2 2015.

Posisi pertama masih ditempati Samsung. Namun secara marketshare sudah mengalami penurunan. Suatu sinyal yang mesti diperhatikan oleh Samsung, karena kini pangsa pasarnya hanya 21%. Meski sudah meluncurkan flagshipn Galaxy S6 dan S6Edge, namun penurunan pertumbuhan yang terjadi cukup drastis dibandingkan tahun 2012 yang mencapai 32% pangsa pasar.

Posisi kedua masih ditempati Apple. Sukses peluncuran iPhone 6 dengan berbagai besar ukuran layar telah memberikan pertumbuhan positif dibandingkan tahun 2014. Market share meningkat dari 11.6% tahun 2014 menjadi 13.9% di tahun 2015 Q2.

Kini nomor tiga. Apakah masih Xiaomi? Ternyata posisi nomor tiga tahun 2015 sekarang ditempati Huawei yang sukses menggeser Xiaomi menjadi posisi ke 4. Huawei yang dulunya dikenal sebagai penyedia perangkat komunikasi/ telekomunikasi global dan infrastruktur jaringan bagi para operator i kini juga menjadi produsen smartphone yang layak diperhitungkan.  Setelah melewati Ericsson sebagai penyedia perangkat telekomunikasi terbesar di dunia tahun 2012, tampaknya Huawei juga berambisi untuk menjadi produsen smartphone terbesar. Sukses Huawei berkat keberhasilan produk premiumnya yaitu Series Ascend Mate 7, P-Series dan Honor, terutama di pasar China.

Keberhasilan Huawei di Cina daratan menjadi pukulan bagi Xiaomi dalam upaya mempertahankan pasar dan pertumbuhan sebagai pemain internasional karena turunnya pertumbuhan penjualan.

Posisi ke lima sekarang ditempati Lenovo Group, yang sudah mengakuisisi brand Motorola. Belum banyak perubahan berarti dari penjualan handset Smartphone Lenovo, meskipun brand Motorola telah berkontribusi sekitar 36% dari total penjualan Smartphone Lenovo.

Tampaknya analisis khusus perlu disematkan kepada Huawei.  Perusahaan ini dikenal berani mengalokasikan khusus bagian R&D sebagai ujung tombang pengembangan perangkat telekomunikasi, komunikasi, mobile device , multimedia teknologi dan infrastruktur jaringan. Dari 170 ribu karyawan,  sekitar 76 ribu terlibat dalam riset dan pengembangan atau hampir 45% karyawan adalah tim Riset dan Pengembangan !

Berapa % karyawan perusahaan anda yang terlibat di R&D?

Sumber : IDC, Gartner, Trendforce dan Canalys

3 pemikiran pada “Siapa lima besar produsen smartphone tahun 2015?

  1. Ping balik: Bagaimana Huawei bisa menjadi raksasa manufaktur perangkat telekomunikasi terbesar di dunia? | ilmu SDM

  2. Ping balik: Inilah salah satu kandidat produsen Smartphone terbanyak di dunia tahun 2016 | ilmu SDM

  3. Ping balik: Apa dampak Xiaomi dan Huawei bagi Samsung? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s