Mengenal dunia terdalam Internet..

deep webJika selama ini anda hanya mencari info menggunakan search engine Google, Bing, Yahoo dan lainnya, maka sebenarnya muncul baru atas permukaan saja, sekitar 3% dari keseluruhan isi internet. Mesin pencari Google yang luar biasa baru mampu mengindeks sekitar 10 milyar halaman/pages website atau isi dari internet. Sisanya, nah ini yang sering disebut sebagai isi internet terdalam, atau dibawah gunung es. Jika web yang sudah terindeks oleh Google saja sudah lebih besar dari seluruh jumlah penduduk dunia sekarang. Apalagi isi internet terdalam.

Inilah yang disebut sebagai Deep Web, Dark Web, Hidden Web, Underground Web, Invisible Web, Deep Net dan istilah ‘dalam’ ‘tak terlihat’ lainnya. Jika menggunakan kata kunci di atas pada search engine biasa (Google, Bing, Yahoo dll) dengan browser standar, maka yang sering muncul adalah ilustrasi dari Deep web itu sendiri atau penjelasan mengenai Deep Web. Analoginya benar-benar mirip gunung es (iceberg), dimana deep web memiliki kelas dan ruang tersendiri yang letaknya sangat tersembunyi dan tidak muncul dipermukaan.

Karena itulah seringkali aktifitas pencarian di internet sering disebut berselancar (surfing) karena berselancar hanya ada di atas permukaan air laut. Bukan disebut aktifitas menyelam (diving) yang sebenarnya mampu mencari data, informasi yang tidak terlihat (invisible). Sehingga data-data yang diperoleh sangatlah luar biasa.

Sama halnya dengan di permukaan yang ‘relatif’ lebih aman, di ‘dalam’ lautan web maka benar-benar merupakan kumpulan informasi tersembunyi dan terkunci dari search engine biasa. Memang, data tersebut tidak dimaksudkan untuk konsumsi umum, tapi konsumsi pihak-pihak tertentu. Di dalamnya ada agensi pemerintahan, penelitian illegal, diskusi para ahli yang tidak diekspos, perdagangan illegal, jasa/produk tidak biasa maupun pasar gelap. Boleh dibilang, semua yang tidak ditemui oleh search engine bakal ditemui disitu.

Karena terdalam, maka deep web ini merupakan ‘sisi tergelap’ dari internet. Beberapa situs deep web yang menjual produk ‘berbahaya’ telah ditutup oleh agensi pemerintah seperti market place Silk Road dan jasa Freedom Hosting.

Deep web biasanya terdiri atas jaringan kecil (small network), peer to peer networks, termasuk juga jaringan besar popular seperti Freenet, I2P dan Tor. Yang terakhir merupakan merupakan akronim dari The Onion Ring Project,  sebuah project pengembangan komunikasi anonym (anonymous communication network), untuk menyalurkan lalu lintas data internet secara bebas, worldwide, melalui volunteer network  yang terdiri dari ribuan relay di seluruh dunia. Dengan adanya jaringan sukarela ini, membantu menyembunyikan lokasi user, untuk menghindari pengintaian network atau traffic analysis. Tak heran, penggunaan jaringan ini sering digunakan agensi pertahanan pemerintahan, jasa swasta, para peneliti rahasia dan juga digunakan para mafia, teroris, hacker dan berbagai pihak lainnya.

Penulis tidak menyarankan bagi orang awam untuk menelusuri deepweb, karena pihak pemerintah/agensi juga berupaya melacak pengguna deepweb terkait produk/jasa yang illegal.  Bahaya menelusuri  Deepweb tanpa bekal keamanan dan pengetahuan cukup karena banyaknya spam, malware,  hacking application yang bisa mengambil data atau menghapus data komputer seketika. Penelusuran ke deepweb memerlukan bekal pengetahuan ketrampilan internet seperti penggunaan proxy, VPN, dan lainnya, agar tidak terkena hal diatas.

Namun Deep web bisa bermanfaat bagi pengguna yang bijak misalnya untuk mempelajari teknologi keamanan jaringan terbaru, hasil penelitian rahasia, atau untuk pertukaran atau berbagi data antar jaringan yang aman. Pakar keamanan Snowden menggunakan jaringan Tor untuk mengirimkan informasi ke media.

Bisa disimpulkan Deep web merupakan kumpulan situs tersembunyi yang digunakan untuk berbagai tujuan. Bisa digunakan orang yang tak mau diketahui untuk aktifitas illegal, tapi juga bisa digunakan para professional yang membutuhkan dukungan anonym seperti dokter untuk menyediakan rekomendasi bagi pencandu obat, atau aktifis media  untuk memberikan informasi dalam sudut pandang berbeda dengan yang ditampilkan resmi oleh media mainstream.

3 pemikiran pada “Mengenal dunia terdalam Internet..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s