Memahami Tipe Konsultasi Manajemen – Konsultasi Pakar / Expertise

Engine Aircraft
Dalam tipe konsultasi proses, awal permasalahan didiagnosis oleh klien dengan kemungkinan dibantu oleh konsultan. Dan pada tahap implementasi dilakukan klien dengan dibantu oleh Konsultan. Selanjutnya ada tipe konsultasi berikutnya, yaitu konsultasi kepakaran / atau expertise.

Pada konsultasi ini, diagnosis dilakukan sepenuhnya oleh Konsultan, karena konsultan paling paham tentang area/fungsi/unit/bagian dari Organisasi yang akan dilakukan pembenahan atau perbaikan. Biasanya konsultan jenis ini sudah memiliki pengalaman/ track record / expertise di bidang / area/ fungsi yang akan dibenahi atau dicarikan solusinya.

Konsultan tipe ini biasanya langka, karena untuk menjadi pakar/ expertise / ahli dalam suatu bidang, maka dia harus menguasai bidang tersebut bertahun-tahun dan sukses dalam bidang tersebut. Umum terjadi para technical consultant yang benar-benar menguasai, menjadi pakar dan sering sebagai nara sumber pada bidang itu. Boleh dibilang, konsultan jenis ini menjadi Dokter bagi ‘pasien’ organisasi, tinggal organisasi menjalankan resep/rekomendasi yang diberikan konsultan.

Meskipun demikian, tetap ada risiko yang ditanggung klien. Ketidaktahuan atau ketidakmengertian tentang area/fungsi/problem atau tidak bisa menjadi counterpart yang sepadan bagi konsultan pakar ini, bisa menyebabkan ketergantungan penuh terhadap konsultan yang menjalankan. Ada kalanya sebagaimana manusia, bisa terjadi kesalahan diagnosis dan persis seperti Dokter manusia, mungkin saja terjadi kesalahan.

Klien membutuhkan konsultasi kepakaran saat problem yang dihadapi sangat kompleks, sehingga perlu adanya orang yang memiliki kepakaran atau keahlian cukup untuk mendiagnosis problem tersebut. Bisa juga saat  problem langka pada suatu unit/fungsi/area organisasi, dan biasanya pada problem tersebut, klien tidak belajar banyak untuk mengatasinya maka dibutuhkan konsultan jenis ini.

Konsultan bidang ini sangatlah spesifik. Umumnya terkait dengan bidang/layanan/fungsi spesifik dan langka untuk mencari ahlinya.  Beberapa bidang yang dilayani seperti : konsultan teknologi,  konsultan rekayasa teknik, konsultan aerospace engineering,  konsultan underground mining /tambang bawah tanah,  konsultan oceanografi, konsultan geologi,  konsultan perminyakan dan gas, konsultan bio environmental,   konsultan aircraft design dan lainnya.

Satu pemikiran pada “Memahami Tipe Konsultasi Manajemen – Konsultasi Pakar / Expertise

  1. Ping balik: Saat klien tidak mengetahui permasalahan sebenarnya | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s