Memahami Tipe Konsultasi Manajemen – Konsultasi Proses atau Process Consulting

Design of ExperimentsSeperti tulisan sebelumnya mengenai model konsultasi manajemen, yaitu memahami tipe-tipe atau jenis konsultan berperan dalam menangani klien. Kini akan lebih dalam memahami peran dan tipe konsultasi yang bisa diberikan. Disini akan diberikan peran apa yang menjadi tanggungjawab klien dan peran apa yang juga harus dikerjakan oleh konsultan.

Pemahaman peran ini penting agar tidak terjadi salah pengertian dan miskomunikasi antara konsultan dan klien, dimana isering terjadi karena kesalahan persepsi, kesalahan lingkup ruang kerja, kesalahan memahami/mendiagnosis permasalahan dan lainnya. Jika terjadi salah satu atau beberapa atribut diatas, maka yang mengalami kerugian adalah pihak klien dan konsultan. Baik dari segi waktu, biaya, sumber daya dan lainnya.

Untuk yang pertama dijelaskan adalah mengenai Process Consulting atau Konsultasi Proses. Process Consulting, awal permasalahan didiagnosis atau dikenal gejalanya oleh klien dan untuk hal diagnosis bisa dibantu oleh konsultan. Mengapa? Karena pada dasarnya klien lebih paham proses internal dan konsultan bisa membantu melihat dari sudut pandang yang berbeda atau best practice yang dipahaminya, atau bagaimana menyusun peta proses, atribut proses atau model proses sesuai karakter organisasi.

Setelah memahami masalah dalam proses, perlu diingat bahwa pada tipe konsultasi ini implementasi atau eksekusi dilakukan oleh klien. Dalam pelaksanaan implementasi, maka konsultan bisa membantu implementasi dalam aspek monitoring, feedback atau menjaga agar proses berjalan sesuai rencana/ target/ keinginan.

Pada Process consulting, klien diharapkan memberikan data yang valid, terbuka terhadap umpan balik dan perubahan yang disepakati. Karena memang, implementasi menjadi tanggungjawab sepenuhnya oleh klien. Konsultan di process consulting berperan dalam melihat proses-proses yang ada dan menawarkan alternatifsolusi terhadap proses tersebut, tapi tidak harus menjadi pakar/ahli dalam proses, karena memang memiliki perbedaan peran.

Keuntungan dalam process consulting ini adalah klien belajar memahami proses secara lebih utuh dan menyeluruh, adanya pihak ketiga independen yaitu konsultan yang bisa memberikan bantuan dalam melihat proses-proses yang ada, serta kelemahan proses berdasarkan pemahamannya. Selain itu, klien bisa belajar mandiri melalui metode, cara dan bantuan konsultan, sehingga bisa menjalani sendiri ketika terjadi permasalahan dalam proses di kemudian hari.

Risiko pada tipe konsultasi ini biasanya membutuhkan waktu lebih lama, karena kesibukan dan operasional harian yang kadang menyita waktu klien. Namun ini bisa diminimalisir melalui perencanaan project management yang baik terutama saat implementasi proses baru. Hasil dan benefit kadang membutuhkan waktu lama, karena memang jenis konsultasi ini belum bisa dirasakan manfaatnya dalam waktu singkat mendapatkan benefit signifikan. Ukuran keberhasilan biasanya melibatkan aspek kualitatif dan juga kuantitatif.

Untuk perbaikan secara cepat, bisa menggunakan model seperti Rapid Process Improvement. Namun model tersebut harus melihat skala organisasi dan kompleksitas permasalahan agar mampu memberi manfaat dan benefit optimal bagi klien.

Pada perusahaan konsultan, konsultasi ini ditawarkan dalam berbagai variasi yang sangat beragam mulai pemetaan proses – process mapping, peningkatan bisnis proses- business process improvement, rekayasa proses – process reengineering, perbaikan kualitas – quality management, dan lainnya. Seringkali dibungkus dengan nama atau istilah keren supaya mampu menarik perhatian klien.

3 pemikiran pada “Memahami Tipe Konsultasi Manajemen – Konsultasi Proses atau Process Consulting

  1. Ping balik: Memahami Tipe Konsultasi Manajemen – Konsultasi Pakar / Expertise | ilmu SDM

  2. Ping balik: Saat klien tidak mengetahui permasalahan sebenarnya | ilmu SDM

  3. Ping balik: Praktik BPR secara memikat dengan penyajian Visual | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s