Mengenal Model Konsultansi Manajemen pada Perusahaan

blue oceanJika perusahaan anda memerlukan jasa konsultansi, advisory atau nasihat bisnis sebenarnya setiap perusahaan konsultansi bisa dibagi dalam beberapa kategori, khusunya konsultansi manajemen. Hal ini diperlukan agar kita bisa mengetahui kategori dan jenis konsultansi apa yang dibutuhkan sehingga tidak salah pilih dalam menentukan konsultan yang tepat.

Konsultasi manajemen dapat dibagi menjadi tiga kategori besar konsultasi : Konsultasi Strategi, Konsultasi Organisasi dan Konsultasi Perubahan .

Kategori pertama, konsultasi strategi modern, telah muncul karena faktor ekonomi. Keberadaan konsultasi strategi dianggap sebagai pendekatan top-down yang melibatkan eksekutif senior menempatkan eksistensi mereka pada strategi dan arahan kepada organisasi.

Kategori kedua konsultasi organisasi berakar pada psikologi industri, dan biasanya dimulai dengan dinamika kelompok kecil dan kemudian ke arah atas lapisan organisasi lebih tinggi. Meskipun dua aliran tradisional diatas terlihat terpisah, namun kini mereka telah menjadi semakin terintegrasi satu sama lain dalam penawaran konsultasi manajemen modern dan praktek kerja modern. Tidak melepaskan faktor dinamika kelompok lapisan organisasi atas namun juga melihat faktor dinamika kelompok lapisan bawah atau taktikal.

Kategori ketiga, konsultasi perubahan, memiliki asal-usul terkait erat dengan organisasi konsultasi. Karena konsultasi organisasi tradisional melibatkan berbagai perubahan, pelaksanaannya memerlukan perhatian khusus dengan dinamika perubahan manusia. Konsultansi Strategi tidak bergerak ke arah isu manajemen perubahan, karena proyek strategi awal difokuskan terutama pada kelompok-kelompok kecil dari senior eksekutif .Tapi sekarang, terlihat kecenderungan dimana kini konsultasi manajemen semakin terlibat dalam pelaksanaan dan manajemen perubahan pada perusahaan atau organisasi.

Meskipun tiga kategori diatas sudah didefinisikan, perusahaan konsultasi manajemen memiliki berbagai dimensi untuk membedakan dengan yang lain. Perusahaan konsultan biasanya memposisikan dirinya dengan berbagai dimensi seperti jumlah kontak klien dan level kustomisasi, menyediakan infrastruktur atau jasa pemecahan masalah, memiliki penguatan inti filosofi atau dikenal sebagai Pakar maupun Advisor . Berbagai peran konsultansi nanti akan dijelaskan dalam tulisan selanjutnya.

Sumber :

Nadler, D. A. & Slywotzky, A. J. (2005): Strategy and Organization Consulting. In Greiner, L. & Poulfelt, F. (eds.): The Contemporary Consultant. Canada, Thomson South-Western.

2 pemikiran pada “Mengenal Model Konsultansi Manajemen pada Perusahaan

  1. Ping balik: Memahami Tipe Konsultasi Manajemen – Konsultasi Proses atau Process Consulting | ilmu SDM

  2. Ping balik: Saat klien tidak mengetahui permasalahan sebenarnya | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s