Inilah pemenang ajang kontes robot paling bergengsi di dunia tahun 2015

TeamKAIST_DRCHubo2_mainSetelah bertahun-tahun penelitian dan pengembangan, beberapa hari persiapan intens di lokasi kompetisi, sekian hari latihan dan dua hari penuh persaingan head-to-head di depan ribuan penonton, kini akhirnya tim terbaik terpilih sebagai pemenang DRC, yang menurut penulis adalah ajang kontes robot paling bergengsi se dunia.

Mengambil tempat pertama dan hadiah 2 juta USD adalah Tim KAIST dari Daejeon, Republik Korea dengan robot DRC-Hubo. Cukup mengejutkan bahwa kali ini, tim dari negara Korea Selatan tampil sebagai pemenang, mengalahkan tim kuat robotika dari negara Jepang. Sepertinya kemajuan teknologi Korea Selatan bisa mengungguli teknologi jepang, yang dikenal maju robotika maupun elektronika. Kemunduran perusahaan teknologi seperti Sony, Toshiba, Sharp dibandingkan kemajuan perusahaan korea seperti Samsung, LG dan lainnya merupakan fakta tak terbantahkan.

Tempat ke dua  diraih  Tim Robotika IHMC dari Pensacola, Florida., dengan robot bernama Running Man.  Sedangkan tempat ke tiga memperoleh hadiah 500 rb USD yaitu Tim TARTAN Resuce, dengan CHIMP yang robotnya sangat menyerupai bentuk simpanse.

Ke tiga tim memperoleh total nilai skor yang sama.  Namun tim KAIST dapat menyelesaikan dengan waktu tercepat, sehingga layak menjadi pemenang kontes ajang robot paling bergengsi di dunia ini. Tim TARTAN rescue sempat unggul di hari pertama, namun posisinya di hari kedua dikalahkan oleh tim IHMC dan tim KAIST.

Gagasan tantangan robot DARPA ini, atau DRC diluncurkan dalam menanggapi kebutuhan kemanusiaan yang ketika terjadi bencana nuklir di Fukushima, Jepang, pada tahun 2011, dimana tak satupun manusia berani mengambil resiko besar untuk memperbaikan kebocoran reactor nuklir tersebut akibat gempat bumi. Tujuannya adalah untuk mempercepat kemajuan dalam robotika dan mempersingkat waktu karena robot memiliki ketangkasan yang cukup dan kekokohan untuk memasuki daerah terlalu berbahaya bagi manusia dan mengurangi dampak dari bencana alam atau buatan manusia.

Tim robot DRC final wajib untuk menyelesaikan delapan tugas sulit yang relevan dengan penanggulangan bencana, di antaranya mengemudi sendirian, berjalan melalui puing-puing, menghadapi pemutus sirkuit, memutar katup dan menaiki tangga. Selusin tim dari Amerika Serikat dan sebelas lain dari Jepang, Jerman, Italia, Korea Selatan dan Hong Kong berlaga di kompetisi luar.

Ajang kontes ini adalah akhir dari tantangan robotika DARPA tetapi hanya awal dari sebuah masa depan di mana robot bisa bekerja bersama orang-orang untuk mengurangi korban bencana. Diharapkan hasil dari DRC bisa membantu untuk mengkatalisasi akan melakukan hal-hal besar di tahun-tahun mendatang.

Hasil lengkap DARPA Robotic Challenge 2015

DRC FINAL STANDINGS
TEAM SCORE TIME
Team KAIST 8 44:28
Team IHMC Robotic 8 50:26
Team TARTAN RESCUE 8 55:15
Team NIMBRO RESCUE 7 34:00
Team ROBOSIMIAN 7 47:59
Team MIT 7 50:25
Team WPI-CMU 7 59:35
Team DRC-HUBO AT UNLV 6 57:41
Team TRAC LABS 5 49:00
Team AIST-NEDO 5 52:30
Team NEDO-JSK 4 58:39
Team SNU 4 59:33
Team THOR 3 27:47
Team HRP2-TOKYO 3 30:06
Team ROBOTIS 3 30:23
Team VIGIR 3 48:49
Team WALKMAN 2 36:35
Team TROOPER 2 56:04
Team HECTOR 1 02.44
Team HKU 0 00:00
Team VALOR 0 00:00
Team AERO 0 00:00
Team GRIT 0 00:00

 

Sumber :

DARPA Robotic Challenge 2015. Theroboticschallenge.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s