Future of Work : Inilah penggerak perubahan pekerjaan di masa depan !

Glass TechologyDengan segenap tantangan pekerja di masa depan, mengenai kemampuan mengenali kompetensi yang bermanfaat di pekerjaan masa depan, maka kita bisa melukis gambaran kompetensi paling bermanfaat di masa depan. Tentunya untuk memastikan keberhasilan apakah kita mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan kondisi masa depan yang berbeda dengan masa kini.

Perubahan ini tentunya didorong sesuatu yang menjadi penggerak perubahan pekerjaan. Institute for the Future telah mendefinisikan serangkaian penggerak perubahan, dimana banyak perubahan mendasar yang menuntut agar organisasi mampu bertahan di depan. Menariknya, apa yang pernah penulis kemukakan dalam blog ini sangat nyambung dengan riset tersebut.

Inilah penggerak perubahan pekerjaan di masa depan :

  • Usia semakin panjang. Saat ini, sudah banyak manusia berusia makin panjang, dengan kemajuan teknologi kesehatan dan mereka yang memilih gaya hidup sehat. Usia pensiun 55 menurut penulis terlalu muda, bagi mereka yang masih  enerjik dan mampu berkarya seperti halnya mereka yang terus aktif melakukan deliberate practice.
  • Munculnya mesin cerdas dan sistem pintar: Teknologi akan meningkatkan dan memperluas kemampuan kita sendiri, sampai ke wilayah yang kadang tidak kita bayangkan sebelumnya.Teknologi robotika, mesin robotika yang dilombakan dalam ajang DRP membuat kita melihat bahwa sebentar lagi mesin-mesin cerdas dan sistem pintar akan membantu hidup lebih baik
  • Dunia komputasi: Akan ada peningkatan sensor dan pengolahan yang akan membuat dunia menjadi sistem terprogram. Tidak lama kita bisa menikmati sensor kesehatan, seperti tricorder yang akan dibenamkan ke perangkat mobile handset. Di perangkat smartphone premium, sudah ada sensor suhu, detak jantung, level oksigen jenuh (SpO2), tekanan darah dll. Konvergensi berbagai alat dalam lingkungan mobile computing akan menjadi nyata. Pengalaman menggunakan mobile handset dengan kemampuan setara PC atau Server semakin dekat.
  • Media baru ekologi: Akan ada alat komunikasi baru yang akan membutuhkan kemahiran media masa depan di luar teks semata.
  • Organisasi Superstruktur: Teknologi Sosial, jaringan super cepat dan lebar akan mendorong bentuk-bentuk struktur baru dari produksi dan penciptaan nilai produk atau jasa baru. Lebih adaptif, lebih virtual dan lebih cair. Model organisasi seperti DARPA akan semakin menjadi referensi masa depan.
  • Terhubung secara global di dunia: Keanekaragaman dan adaptasi akan menjadi pusat operasi, dalam lingkungan global yang terhubung satu sama lain. Era media mainstream konvensional akan menyusut, digantikan media baru dimana setiap orang bisa menjadi presenter, newsmaker, atau online journalist sendiri tanpa tergantung dengan pihak lain. Ekosistem dunia bisnis, sosial maupun budaya akan terbentuk dan terhubung.

Itulah penggerak perubahan pekerjaan di masa depan. Sudah siapkah anda dengan perubahan tersebut, tentu akan dilanjutkan dalam tulisan berikutnya mengenai kompetensi yang dibutuhkan terkait penggerak perubahan masa depan.

3 pemikiran pada “Future of Work : Inilah penggerak perubahan pekerjaan di masa depan !

  1. Ping balik: Apa kompetensi SDM Indonesia dalam menghadapi MEA 2015? | ilmu SDM

  2. Ping balik: Ketika ide tulisan menjadi kenyataan… | ilmu SDM

  3. Ping balik: Cara merekrut talenta untuk Perusahaan Start-Up dan Digital Technology Demonstrator | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s