Tools untuk menjalankan scenario planning

Future VisionSetelah memahami bagaimana kegunaan dari scenario planning, yaitu untuk memahami persepsi manajemen dalam mengenali alternatif masa depan seperti apa sehingga bisa diambil rangkaian keputusan yang tepat, dan juga kebutuhan persyaratan dalam menjalankan scenario planning, maka dibutuhkan teknik yang tepat dalam menjalankannya.Ada berbagai metode, namun disini akan dibahas teknik yang umum.

Teknik umum untuk menjalankan scenario planning antara lain dengan menggunakan teknik dan metode tool scenario planning yaitu TAIDA.

TAIDA, adalah model yang sudah diujicoba dalam menjalankan scenario planning dan digunakan secara luas. Banyak proyek bisnis atau program yang membutuhkan scenario planning, telah menggunakan metode ini.

Secara garis besar, TAIDA meliputi :

  1. Tracking – Pelacakan. Langkah pertama dalam proses TAIDA adalah pelacakan. Tujuan utama dari langkah ini adalah untuk melacak dan menjelaskan perubahan-perubahan di dunia sekitarnya yang memiliki dampak terbesar terkait pertanyaan-pertanyaan serius yang muncul.
  2. Analysis – Menganalisis. Setelah pelacakan dilakukan, langkah berikutnya adalah untuk menganalisis perubahan dan menghasilkan skenario.
  3. Imaging – Pencitraan. Setelah mengumpulkan wawasan yang masuk akal dan logis tentang keadaan di masa depan, sekarang saatnya untuk membuat gambaran dari apa yang diinginkan: yaitu visi.
  4. Deciding – Menentukan. Dalam proses fase ini, dilakukan identifikasi area pengembangan dan strategi untuk mengatasi ancaman sekaligus mencapai visi dan tujuan.
  5. Acting – Bertindak. Rencana dari dalam sendiri jarang memberikan hasil. Akting adalah tentang mengambil tindakan dan menindaklanjuti.

Akan ditunjukkan dalam tulisan berikutnya bagaimana perencanaan skenario dapat dijalankan secara penuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s