Persyaratan dalam menjalankan scenario planning

businessman in a hatAda beberapa persyaratan yang dibutuhkan dalam menjalankan scenario planning seperti pernah dijelaskan dalam awal tulisan ini. Memulai proyek scenario planning merupakan hal penting. Sehingga persiapan adalah hal yang utama.  Karena itu perlu mempersiapkan begitu banyak hal terkait informasi yang diperlukan.

Persiapan ini meliputi :

  • Kegunaan dari Scenario planning sudah ditetapkan. Apakah untuk mencari jalur bisnis yang benar? Apakah fokus untuk memperoleh bisnis baru dst.
  • Kesadaran akan resiko yang mungkin terjadi
  • Perpindahan paradigm atau pemikiran baru, dengan menggunakan scenario planning
  • Pengembangan bisnis atau konsep yang dijalankan melalui scenario planning

Berikut adalah beberapa persyaratan sebelum menjalankan scenario planning :

Identifikasi Sistem yang akan dianalisis

Adalah cukup mungkin untuk  melihat keseluruhan masa depan organisasi secara keseluruhan. Hal ini dapat menjadi pendekatan produktif, terutama jika operasional usaha cukup homogen dan bertindak di pasar yang sangat mirip.

Menentukan Pertanyaan Fokal

Pertanyaan secara spesifik akan menghasilkan jawaban spesifik. Pertanyaan samar akan menghasilkan jawaban yang samar pula. Karena itu perlu dijelaskan waktu, ukuran, spesifikasi serta jangkauan yang dibutuhkan.

Contoh untuk Department R& D. Ketika kita mulai mendefinisikan pertanyaan tentang strategi, ternyata departemen R & D sebenarnya ingin jawaban atas dua pertanyaan yang berbeda. Perhatian pertama mereka adalah untuk mengetahui jenis ompetence apa yang mereka butuhkan untuk mengembangkan produk besok. Kedua mereka adalah untuk fokus pada bagaimana untuk menarik, mempertahankan dan mengembangkan kompetensi dalam organisasi.

Horison Waktu

Merupakan hal penting bagi scenario planning. Jika melihat hanya beberapa tahun ke depan, mungkin akan ada sedikit perbedaan. Jika di sisi lain kita melihat 20 tahun ke depan mungkin banyak yang bisa berubah. Ketidakpastian yang besar, bagaimanapun, akan terlalu besar untuk menemukan jawaban yang dapat memberikan petunjuk bagi organisasi.

Menentukan masa lalu dan masa sekarang

Meskipun scenario planning berbicara masa depan,  adalah penting untuk mengetahui gambaran jelas saat ini dan masa lalu. Bagaiman sejarah organisasi? Bagaimana peta kompetisi? Apa indikator yang menyebabkan perubahan peta kompetisi?

Ada perbedaan besar dalam cara terbaik untuk melakukan proses scenario planning dalam bisnis IT yang cukup baru dibandingkan sebuah perusahaan yang telah berhasil selama bertahun-tahun di pasar dengan ketiadaan tanda-tanda perubahan besar seperti perusahaan yang umum bergerak di Food Energy dan Water (FEW)

Sejarah dan situasi saat ini

Ketika masalah telah dirumuskan, Anda harus mendapatkan gambaran keseluruhan dari situasi saat ini dan sejarah, yaitu kondisi yang mendasarinya. Anda harus memperjelas kondisi dasar untuk analisis skenario serta untuk visi dan strategi: atau dengan kata lain semua tahapan scenario planning. Akan dijelaskan dalam tulisan berikutnya tahapan apa yang penting dalam menjalankan scenario planning secara tepat.

2 pemikiran pada “Persyaratan dalam menjalankan scenario planning

  1. Ping balik: Tools untuk menjalankan scenario planning | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s