Bagaimana cara menjalankan program cost reduction yang efektif dan efisien

cost-savingsAda berbagai macam cara menjalankan program pengurangan biaya atau cost reduction. Ibarat perjalanan, banyak jalan menuju Bandung dari Jakarta. Bisa lewat puncak, bisa lewat toll cipularang, bisa lewat Purwakarta atau dengan naik pesawat. Tentunya semua ada unsur efektifitas dan efisiensinya. Program cost reduction yang paling baik dikaitkan dengan tujuan strategis perusahaan yang hendak diraih.

Program ini sangat relevan ditengah kesulitan  bisnis dan ekonomi tahun 2015. Saat berbincang dan berdiskusi dengan kalangan pengusaha dari berbagai sektor ternyata ada pengaruh dari kebijakan/ aturan pemerintah yang malah menyulitkan dunia usaha. Mulai dari kenaikan BBM, naiknya tarif listrik, melemahnya nilai tukar rupiah dan seterusnya. Jadilah rakyat dan pengusaha berada dalam posisi dilematis, dengan kenaikan biaya yang terus meningkat.

Cara paling efektif dan efisien berdasarkan pengalaman penulis adalah tentunya melihat dulu faktor utama paling menjadi prioritas. Ini yang kadang dilupakan sebagian pihak ketika usaha mengalami kesulitan dan sering menjalankan program pengurangan biaya dengan cara ‘hantam kromo’ – apa saja yang bisa mengurangi biaya perusahaan baik Capex ataupun Opex pokoke dieksekusi. Cara ini memang biasanya cepat memberikan hasil dalam jangka pendek, tapi umumnya berujung merugikan perusahaan dalam jangka panjang.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan analisis struktur biaya. Mana biaya yang paling besar menempati porsi total biaya keseluruhan perusahaan. Sebagai contoh untuk pertambangan batubara , yang mengalami  kesulitan akibat turunnya harga batubara dan adanya produk substitusi. Struktur Biaya bisa dibagi seperti :

  • Repair & Maintenance Cost (Schedule & Breakdown Schedule)
  • Consumables (Tire Cost, Oil, Fuel, Grease dll)
  • Fixed Cost (Equipment Depreciation)
  • Labor Cost (direct & indirect labor )
  • Explosive Cost
  • Port & loading cost
  • Tax
  • Royalties dan seterusnya

Kemudian, gunakan analisis Pareto untuk melihat mana yang paling besar. Nah jika sudah diketahui, maka itulah yang menjadi prioritas dalam melakukan program cost reduction.  Perlu diperhatikan bahwa tidak semua cost itu jelek. Anda perlu mempertimbangkan benefit & cost analysisnya terhadap setiap program yang akan dijalankan. Tidak merupakan masalah bila penambahan biaya tersebut, ternyata memberikan output atau benefit jauh lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan.

Selanjutnya tinggal menjalankan program tersebut. Inilah bagian terpenting. Kebanyakan kita menjalankan program yang kompleks dan memang bisa memberikan dampak pengurangan biaya besar. Tapi sebagaimana lazim dalam dunia bisnis, semakin kompleks suatu masalah, maka makin sulit juga pengendalian dan eksekusinya. Kompleksitas program cost reduction makin membutuhkan pendekatan multidisiplin dalam menjalankannya, karena akan mempengaruhi dimensi organisasi baik itu struktur, strategi, proses, budaya maupun sistem. Disini perlu dibangun matriks prioritas berdasarkan tingkat kemudahan menjalankan program dan dampak yang diperoleh. Tentunya prioritas terbesar adalah yang paling mudah dieksekusi dan memberikan dampak terbesar bagi perusahaan.

Dalam menjalankan program cost reduction ini, bisa dijalankan sendiri atau menggunakan konsultan.Keduanya mampu berjalan baik, selama ada komitmen penuh dari seluruh pihak mulai dari jajaran top manajemen sampai dibawah.

4 pemikiran pada “Bagaimana cara menjalankan program cost reduction yang efektif dan efisien

  1. Ping balik: Mengapa perusahaan bisa gagal dalam bisnis? | ilmu SDM

  2. Ping balik: Yang penting dimiliki sebelum menjalankan program Cost Reduction | ilmu SDM

  3. Ping balik: Menghitung penghematan – Cost Saving dalam program Cost Reduction | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s