Tahap 2 Implementasi business improvement UKM, inilah hasilnya (3)

New Lay Out Service NotebookSetelah melakukan langkah improvement, seperti yang sudah diutarakan pada tulisan ini, kini bisnis UKM memperoleh hasil nyata. Perbaikan tersebut diperoleh dalam berbagai aspek, baik aspek bisnis proses, aspek SDM, aspek pelanggan dan pada akhirnya aspek finansial, sebagai hasil akhir.

Apa saja yang diperoleh dan bagaimana hasilnya? Berikut adalah uraiannya:

  1. Perbaikan aspek SDM dengan merekrut tambahan 1(satu) tenaga trampil untuk jasa perbaikan dan 2 (dua) orang bagian administrasi lulusan SMK telah meningkatkan dan membantu perbaikan bisnis proses. Semua catatan finansial, perolehan, keluaran, barang keluar dan masuk serta catatan arus kas kini termonitor dengan baik. Bisa diketahui jumlah penerimaan, jumlah jasa service, jenis jasa service maupun profit/keuntungan jasa service.
  2. Perbaikan internal lay out yang lebih rapi, melalui aplikasi 5 R secara sederhana telah memberikan kesan dan citra bagi pelanggan, sebagai tempat service notebook terpercaya. Gambar diatas mencerminkan perubahan yang telah terjadi. Dengan lay out dan tampilan yang lebih baik akan meningkatkan kepercayaan bagi pelanggan lama atau baru terhadap kehandalan proses perbaikan, sehingga diharapkan repeat order terus meningkat.
  3. Perbaikan pada segmentasi customer. Kini segmentasi pasar dengan jasa ringan, periodic maintenance bagi notebook menjadi fokus yang lebih ditekankan, tentunya tanpa mengurangi jasa service berat lainnya. Jasa periodic maintenance seperti perawatan rutin notebook diupayakan bisa dilakukan sambil menunggu, sehingga pelanggan tidak kehilangan produktifitasnya dan bisa menggunakan segera laptop setelah perbaikan selesai. JIka dulunya hanya mampu menangani 3-5 jasa service per hari, setelah perbaikan lay out, peningkatan kapasitas SDM dan proses kerja, kini sudah mampu melayani 8 – 11 permintaan service perhari ! Dampaknya tentu terkait dengan sisi finansial
  4. Perbaikan hasil finansial. Akhirnya ini yang paling ditunggu bagi pelaku bisnis UKM, yaitu perbaikan dalam hal sisi finansial. Jika dulunya (sebelum perbaikan) hanya mampu melayani 3 – 5 jasa service, dengan nilai rata-rata sekitar 100-200 rb rupiah / service, kini omzet perbaikan meningkat hampir 150% dengan penambahan permintaan service 8-11 permintaan. Bisa diperkirakan, pendapatan pun meningkat sekitar 150% dibandingkan sebelum perbaikan. Target pun tercapai bahkan lebih, sehingga pelaku bisnis UKM s merasakan manisnya sisi finansial yang diperoleh.

Apa langkah selanjutnya. Ada cita-cita dari pemilik bisnis UKM untuk menjadikan tempat servicenya sebagai service terbesar  dan terbaik di kota Depok. Dengan hasil yang diperoleh sekarang, dan kesiapan untuk menjadi layanan service terbesar di kota termasuk menerima masukan/input perbaikan yang lebih advance, rasanya cita-cita tersebut bukan hal yang tak mungkin diraih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s