Tahap 2 Implementasi business improvement UKM, inilah hasilnya (2)

SME businessPerbaikan dan peningkatan kinerja bisnis bagi UKM terpilih tentunya tidaklah datang seketika. Dari analisis telah diperoleh serangkaian problem-problem bisnis UKM, baik dari segi finansial, pelanggan, proses bisnis internal maupun kapabilitas sumber daya manusia. Dimana setelah itu dilakukan langkah-langkah perbaikan berdasarkan hasil analisis tersebut.

Atas hasil analisis tersebut, maka langkah utama perbaikan yang dieksekusi adalah :

  1. Perbaikan dalam pencatatan bisnis. Kelemahan utama bisnis UKM adalah kurangnya data pemasukan, pengeluaran dan lain-lain. Mirip dengan tukang sayur, belanja hari ini – dapat berapa hari ini- besok belanja lagi. Untuk meyakinkan pemilik bahwa pencatatan adalah hal penting sudah disadari pemilik, namun memang tidak bisa dalam waktu cepat. Setelah beberapa bulan, akhirnya bisa diketahui pencatatan pengeluaran, pembelian, jumlah jasa yang dicatat, nama pelanggan, serta pengeluaran kas keluar masuk secara rutin harian. Ke depan, akan dilanjutkan konsultasi manajemen untuk neraca keuangan, profit-loss statement , dan cashflow management.
  2. Perbaikan dalam segi segmentasi jasa . Fokus pada jasa/service yang memberikan margin tinggi dengan tingkat biaya atau resiko minimal menjadi perhatian perbaikan manajemen. Seperti jasa perawatan/ maintenance rutin pada laptop/notebook yang masih baik agar tidak terjadi kerusakan. Ini mirip dengan jasa Periodic maintenance, seperti yang biasa dilakukan oleh bengkel kendaraan distributor, dimana service ini memberikan keuntungan tinggi karena proses cepat, mudah dan dapat ditunggu. Adanya jasa ini menyebabkan arus kas langsung diperoleh saat itu juga. Berbeda dengan perbaikan besar yang beresiko tinggi, meskipun kadang bernilai besar pula.
  3. Perbaikan pada lay out, tampilan serta penataan cara kerja. Pada hasil analisis sebelumnya diperoleh bahwa lay out berantakan, tidak tertata rapi, dimana letak sparepart, component notebook, peralatan terletak sembarangan. Kini terjadi perbaikan lay out, pembuatan rak komponen/notebook serta perapihan tempat kerja. Perbaikan ini mampu meningkatkan kapasitas kerja. Perbaikan ini menggunakan prinsip 5R. Kedepannya, akan dilakukan konsultasi yang lebih advance dan maju untuk perbaikan bisnis tahap berikutnya.
  4. Perbaikan pada kapasitas, kompetensi dan kemampuan SDM. Untuk meningkatkan kapasitas, kemampuan dan kompetensi SDM, selain telah merekrut staff administrasi perkantoran untuk keperluan pencatatan administrasi bisnis, juga dilakukan pelatihan upgrading skill bagi teknisi komputer. Ada penambahan staff teknisi untuk menambah kemampuan perbaikan.

Dengan beberapa langkah perbaikan, ternyata hasilnya menjadi cukup signifikan. Ada peningkatan kinerja yang berarti dari aspek finansial, pelanggan, kapasitas perbaikan maupun tentunya pasar yang bisa dilayani. Uniknya  UKM , karena biasanya pemilik juga berperan sekaligus sebagai pengelola, maka implementasi atau eksekusi bisa segera dilakukan tanpa perlu sosialisasi, pendekatan budaya atau change management pada organisasi besar.

Hasil bisnis yang diperoleh sangat signifikan, dimana kinerja bisnis meningkat lebih dari 100% dari sebelum perbaikan. Adanya pengeluaran biaya  seperti perbaikan/lay out, penataan ruang kerja, investasi rak dan lainnya sekitar IDR 6 jt,  biaya tersebut  sangat wajar dibandingkan benefit atau manfaat yang diperoleh. Hasil lengkap akan berlanjut pada tulisan berikutnya.

Satu pemikiran pada “Tahap 2 Implementasi business improvement UKM, inilah hasilnya (2)

  1. Ping balik: Tahap 2 Implementasi business improvement UKM, inilah hasilnya (3) | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s