Tahap 2 Implementasi business improvement UKM, inilah hasilnya (1)

UKM KomputerSetahun lalu, di web blog ini dicantumkan layanan bagi UKM yang terpilih mendapatkan pendampingan strategis konsultasi bisnis dan manajemen. Tentunya untuk meningkatkan kinerja bisnis sesuai dengan best practice berlaku. Melalui rangkaian konsultansi yang diberikan baik melalui tatap muka atau secara online, ternyata telah membuahkan hasil.

Bagaimana hasilnya? Ternyata telah terjadi perubahan yang signifikan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan perspektif finansial, pelanggan, internal bisnis process dan kemampuan/kapabilitas SDM maka dihasilkan beberapa temuan,  seperti yang sudah dianalisis pada tahap 1, hanya saja ini lebih rinci. Analisis temuan selanjutnya dibagi agar bisa dijalankan program aksi secara sistematis.:

Perspektif Sisi Finansial

Selama ini tidak diketahui pasti berapa keuntungan dan kerugian. Merupakan problem umum pada UKM karena mereka memperoleh arus kas dari belanja hari ini untuk keperluan hari ini, termasuk pendapatannya. Belum ada pencatatan Revenue yang baik , sehingga tidak diketahui keuntungan secara riil ( Loss/Profit Statement), hanya berdasarkan perhitungan harian.

Perspektif Customer

Promosi yang dilakukan sudah tergolong maju. Jasa service bisa diketahui cukup dengan kata kunci key words : “ Jasa service notebook/laptop terpercaya di depok”, maka pilihan pertama akan muncul.  Namun belum ada pembagian segmentasi yang optimal, mana layanan services yang memberikan profit tertinggi dengan cost minimal. Aspek customer merupakan salah satu kekuatan dari UKM ini.

Perspektif  Internal bisnis process

Ini merupakan aspek terpenting.  Dari hasil analisis pemasaran diketahui, karena letak dan posisinya yang strategis, banyak permintaan yang belum terlayani dengan baik. Kapasitas workshop maintenance masih 3-5 laptop/notebook per hari, dan bisa turun menjadi 2-3 laptop per hari, jika owner atau senior staff tidak turun tangan. Belum lagi transfer knowledge belum berjalan lancar.

Perspektif Kapabilitas SDM

Disini terjadi jurang perbedaan yang cukup jauh. Gap kompetensi senior staff dengan yang yunior dalam perbaikan cukup signifikan. Selain itu ada masalah kedisiplinan, dimana karyawan masuk jam 8.00 tapi ternyata masuk pukul 09.00.

Tentunya masih ada hal-hal lain, namun temuan diatas hal-hal pokok yang perlu diperbaiki. Berdasarkan hasil analisis diatas, maka sudah disiapkan langkah-langkah perbaikan bisnis yang akan dibuat dalan tulisan berikutnya. Ini sudah dijelaskan langkah sistematisnya seperti dalam langkah tahap 2.

Satu pemikiran pada “Tahap 2 Implementasi business improvement UKM, inilah hasilnya (1)

  1. Ping balik: Tahap 2 Implementasi business improvement UKM, inilah hasilnya (2) | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s