Inilah negara yang 100% menggunakan energi terbarukan !

crgreen2Mungkinkah suatu negara menggunakan 100% kebutuhan energinya dari energi terbarukan? Terdengar mustahil, tapi tidak untuk negara ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, negara  tersebut telah berhasil menggunakan energi terbarukan (renewable energy resource) untuk seluruh kebutuhan energi nasional. Luar biasa!

Siapa negara tersebut, mengapa bisa menjalankan secara penuh kebutuhan energi melalui energy terbarukan? Padahal ada negeri yang kaya melimpah energi terbarukan (baca : Indonesia) tapi sama sekali tidak memiliki kebijakan energi terbarukan secara sistematis, terstruktur dan strategis sehingga rakyat malah makin sulit dengan kenaikan harga listrik, gas, minyak dari waktu ke waktu.

Kosta Rika, itulah nama negara yang berhasil mencatat prestasi mengesankan dalam penggunaan energi terbarukan, karena untuk 75 hari berturut-turut telah menggunakan sumber daya energi terbarukan di tahun 2015. Peristiwa ini tentu tidak muncul seketika, namun melalui serangkaian komitmen, kebijakan, dukungan dan strategi pemerintah Kosta Rika yang memang ingin menjadi negara carbon-neutral di tahun 2021. Prestasi ini tentu akan membuat lebih cepat mencapai tujuan tersebut.

Badan listrik negara kostarika, Kosta Rika Elektrik Institut (ICE), semacam PLN nya Kosta Rika telah mengumumkan pekan ini bahwa negara itu benar-benar menjalankan secara penuh 100% energi terbarukan seperti angin, surya, biomassa dan panas bumi, tanpa menggunakan bahan bakar fosil (gas, minyak, batubara dll).

Padahal dahulunya, selama beberapa dekade, Kosta Rika yang hanya memiliki lahan seluas 51 ribu km persegi dilanda laju penebangan hutan yang sangat massif terutama untuk pembukaan lahan pertanian,perkebunan dan lainnya. Negara ini memang terkenal karena hasil pertanian untuk ekspor seperti jagung, kopi dan pisang. Namun sekarang, kosta rika mampu memanfaatkan hutan secara simbiosis, dengan menggunakan hutan sebagai kanopi dan dibawahnya menanam tanaman pangan yang dibutuhkan, atau lebih dikenal sebagai forest farming. Kini program konservasi hutan di kosta rika termasuk program konservasi paling ambisius dan maju di antara negara-negara hutan hujan tropis.

Struktur penggunaan energi di Kosta Rika bisa dirinci sebagai berikut. 68% energy berasal dari pembangkit listrik air (hydroelectric), energy panas bumi (geothermal) menyumbang sekitar 15%,  energi dari angin sejumlah 5% dan sisanya berasal dari biomass, sel surya dan lainnya.

Negara ini memang telah banyak menginvestasikan sumber energy terbarukan. Tahun lalu, sekitar USD 958 juta investasi proyek geothermal telah dijalankan dengan bantuan dari JICA. Mereka juga telah mengembangkan sekitar 100 MW turbin angin, dan 40 MW untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Keberhasilan Kosta Rika dalam pengembangan energi terbarukan dan hijau memang sudah sejak lama didengungkan, bahkan di tahun 2009 mendapat predikat sebagai negeri paling hijau oleh lembaga thinktank New Economy Foundation.

Kapan ya negara Indonesia yang memiliki potensi serupa kosta rika bisa mendapat predikat negara paling hijau dan menggunakan energi terbarukan dominan?

Sumber :

CIA Worldfact Book. Dari laman https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/geos/cs.html

Badan Usaha Kosta Rika. Group ICE. Dikutip dari laman Website GroupICE. http://www.grupoice.com

3 pemikiran pada “Inilah negara yang 100% menggunakan energi terbarukan !

  1. Ping balik: Bagaimana kondisi minyak di Indonesia? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s