Bagaimana Strategi Microsoft memenangi kerasnya persaingan dunia Mobile Handset?

satyanadellaKetika Xiaomi mampu menjadi pemain ketiga dalam dunia Smartphone di tahun 2014, diam-diam Microsoft juga bermaksud menjadi pemain yang diperhitungkan paska akuisisi Nokia. Langkah-langkah Microsoft saat ini mirip dengan Google atau Apple, mencoba masuk ke pasar baru, mempelajari pasar tersebut, dan akhirnya menjadi pemain yang diperhitungkan. Kisah masuk Microsoft di dunia Console Games melalui xBox menjadi kisah manis Microsoft dimana saat ini sudah menjadi rival utama Sony Playstation.

Dengan rencana peluncuran OS Windows 10, kemudian investasi Microsoft dalam perusahaan alternative mobile operating system yaitu Cyanogen telah memberikan arahan jelas kemana strategi Microsoft di dunia mobile. Menurut laporan dari Wall Street Journal Microsoft adalah mitra pendanaan terbaru Cyanogen (perusahaan dibalik custom Android ROM yaitu CyanogenMod).

Kira-kira apa yang ada di benar CEO Microsoft, Satya Nadella dengan langkah-langkah tersebut?

Jika Microsoft hanya bermaksud untuk membuat keuntungan besar dibalik akuisisi tersebut tampaknya meragukan. Ada cara yang jauh lebih baik menginvestasikan uang jika Microsoft hanya mengejar keuntungan semata. Jadi di mana nilai keterlibatan Microsoft dengan Cyanogen?

Mari kita analisis satu-satu. Cyanogen bukanlah musuh sebenarnya Google (yang masih sangat bergantung pada Android Open Source Project serta goodwill dari Google dan produsen lain untuk memungkinkan perangkat handset mudah dinstall ROM nya dengan lancar).  Seperti diketahui kalangan luas, update terbaru Android belumlah berjalan mulus, dan produsen handset tidak nyaman untuk terikat pada satu perusahaan terkait sistem operasi mobile handsetnya. Ini adalah salah satu daerah di mana Cyanogen dapat manfaatkan, sebagai penggantian sistem operasi dengan banyak kompatibilitas. Tentu penggantian ini akan berada di luar lingkup pengaruh langsung Google, namun bisa melemahkan Google sebaliknya malah memberi ruang kesempatan bagi Microsoft.

Artinya, disini Microsoft melihat peluang di luar sistem operasi mobile sebagai platform. Bahkan berupaya ingin memanfaatkan sistem operasi agar mampu berinteraksi dengan layanan Microsoft Cloud.  Ada ruang cukup besar bagi aplikasi dalam katalog Microsoft yang dapat berjalan pada Android (dan iOS) sehingga membawa pengguna ke dalam pengaruh lingkungan aplikasi Microsoft : Outlook email client, aplikasi Office, OneDrive, OneNote, dan lainnya.

CEO Microsoft, Satya Nadella telah membuat sejumlah besar langkah-langkah kecil dalam dunia Mobile handset. Investasi di Cyanogen merupakan contoh-langkah kecil tersebut, setelah akuisisi Nokia. Namun di masa depan, pengeluaran yang kecil itu dapat mengganggu kestabilan Google, bisa memberikan  layanan strategi ‘cloud mobile pertama ‘ bagi pengguna,  dan dari waktu ke waktu akan membawa lebih banyak pengguna ke layanan online Microsoft.

Pastinya ini bukan kemenangan besar bagi Microsoft, tetapi ketika melihat langkah yang dibuat oleh Nadella bukan hanya dalam ruang mobile handset, tetapi mencakup seluruh portofolio perusahaan. Microsoft sanggup menyapu begitu banyak kemenangan kecil di banyak kesempatan yang terbuka. Ketika pengguna mau menguangkan untuk layanan tersebut, saat itulah Microsoft bisa bertepuk tangan.

Tak mengherankan jika di awal tulisan ini , langkah Microsoft sudah mirip dengan Apple atau Google .

Benar-benar langkah yang cerdas dari Microsoft , Salut !

Sumber : Forbes

Satu pemikiran pada “Bagaimana Strategi Microsoft memenangi kerasnya persaingan dunia Mobile Handset?

  1. Ping balik: Mengapa Apple mengakuisisi Faceshift ? Sebuah analisis | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s