Tanggungjawab Manager atau Leader dalam perencanaan Karir

career_planningSalah satu pihak yang berperan signifikan dalam pengembangan karyawan dan karir adalah para atasan, manajer atau leader di perusahaan. Seperti pernah diuraikan sebelumnya, bahwa ada empat pihak di organisasi yang berperan dalam pengembangan individu atau karir karyawan. Peran atasan / manajer atau leader menempati urutan ke dua terpenting untuk urusan karir.

Ada empat peran seorang atasan/manajer/leader bagi staffnya yaitu :

  1. Sebagai Coach

Ini adalah peran atasan/manager/leader yang harus dapat menggali problem, minat, nilai-nilai maupun kebutuhan bagi karyawan. Sebagai coach, seorang atasan/manager/leader harus mampu mendengarkan, peka dan mampu mengklarifikasi kebutuhan karyawan sehingga karyawan bisa menggerakkan segenap potensi/talenta yang ada di dalamnya.

  1. Sebagai Appraiser

Peran disini menuntut kemampuan untuk memberikan feedback, menyusun standar kinerja yang diperlukan, membuat tanggungjawab dan wewenang staff serta mengaitkan antara kebutuhan karyawan dengan organisasi

  1. Sebagai Advisor

Peran ini menuntut manager agar bisa memberikan opsi, membagi pengalaman/pengetahuan, membantu menyusun perencanaan target/sasaran anak buah serta rekomendasi yang dibutuhkan.

  1. Sebagai referral agent.

Disini adalah bagaimana manajer mampu mengaitkan sumberdaya manusia yang dimilikinya dengan rencana karir yang ada baik dari sisi individu maupun sisi organisasi, selanjutnya melakukan tindak lanjut terhadap rencana karir yang sudah dibuat.

Jika manager mampu melaksanakan ke empat peran tersebut, maka penyusunan karir akan menjadi mudah, sistematis dan terstruktur. Bagi karyawan atau staff, mereka juga akan lebih percaya diri dan merasa diperhatikan karena ada perhatian dalam pengembangan individu. Tidak merasa menjadi obyek atau sumber daya yang hanya disuruh kerja saja.

Masalahnya adalah, apakah manager/leader/atasan di perusahaan sudah mampu menjalankan ke empat peran itu semua?

2 pemikiran pada “Tanggungjawab Manager atau Leader dalam perencanaan Karir

  1. Ping balik: Bagaimana cara menurunkan Sasaran Strategis ke Divisi / Department/ Bagian Organisasi Anda? | ilmu SDM

  2. Ping balik: Tanggungjawab Manager atau Leader dalam perencanaan Karir | Konsultan ISO Surabaya-Proxsis-Quality-OHSAS-Food-Safety

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s