Apa strategi Xiaomi di tahun 2015?

Lei jun and JobsPendatang baru nan cemerlang di dunia smartphone, Xiaomi memang benar-benar memiliki strategi yang jitu. Meskipun dikritik meniru habis gaya iPhone maupun Steve Jobs dalam peluncuran produk-produknya, mereka juga memiliki strategi hunger marketing sebagai salah satu kiat terbaik. Di tahun 2015, tampaknya mereka berambisi untuk merebut pangsa pasar ke 2 sebagai produsen smartphone. Artinya, akan melewati Apple.

Tahun 2014, Xiaomi mengklaim telah menjual 61 juta Smartphone. Sebuah klaim yang masih perlu dicek, karena berasal dari data internal mereka sendiri, bukan pihak ke tiga. Data IDC, sampai dengan kuartal 3 2014 hanya 17.3 juta unit Xiaomi, jika diinterpolasi maka sampai akhir 2014 perkiraan penjualan adalah sekitar 23 juta smartphones. Namun di tahun 2015, Lei Jun berencana menjual sampai dengan 100 juta smartphone ! sebuah nilai yang sangat ambisius untuk produsen smartphone.

Untuk mencapai penjualan sebesar itu, XIaomi berencana meluaskan pangsa pasarnya ke negara lain, seperti asia tenggara termasuk Indonesia, dan mulai ke negara Mexico, Turki, Russia dan Brazil di tahun 2015. India juga menjadi target Xiaomi, karena penjualan di negeri tersebut cukup menjanjikan, setelah berhasil memasarkan 1 juta unit dalam tempo lima bulan. Di negeri sendiri, Cina, Xiaomi telah berhasil mengalahkan rival nomor 1 yaitu Samsung dalam penjualan terbesar. Rivalnya seperti Lenovo dan Huawei membayang-bayangi di belakang.

Beberapa produk baru juga akan dirilis, terutama dengan kemampuan 4G dan LTE. Xiaomi memiliki visi untuk mendukung ekosistem manufaktur smartphone dari sekitar 100 lebih perusahaan perangkat keras dan chip smartphone. Xiaomi juga telah menginvestasikan ke beberapa perusahaan elektronik seperti Misfit Wearable dan perusahaan pembuat home appliances Midea.

Strategi dan inovasi XIaomi, baik secara organik dan anorganik, tampaknya akan membuat lembaran baru dalam sejarah industri elektronik di dunia.

Sumber : Weibo, IDC

2 pemikiran pada “Apa strategi Xiaomi di tahun 2015?

  1. Ping balik: Siapa lima besar produsen smartphone tahun 2015? | ilmu SDM

  2. Ping balik: Samsung tiru langkah Apple di otomotif? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s