Teknik Berpikir dalam pemecahan masalah (2)

Adaptive thinking

Seperti tulisan terdahulu dalam penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan, maka pendekatan reaktif merupakan pendekatan yang umum dilakukan oleh orang atau kebanyakan leader. Pendekatan lebih maju di atas itu adalah pendekatan adaptif.

Apa itu pendekatan adaptif, bagaimana polanya dan seperti apa caranya? Berikut akan dijelaskan.

Pada pendekatan adaptif, umumnya para manajer/leader akan melihat suatu masalah untuk mencari pola atau atau susunannya. Pada dasarnya, mereka melihat masalah tersebut berdasarkan sejarah/history, frekuensi kejadian, data jumlah kejadian, dan hubungan dengan suatu kejadian lain.

Dengan demikian pendekatan adaptif memiliki ciri-ciri :

  1. Mulai melihat dinamika suatu kejadian, dari satu waktu ke waktu. Maka pola atau data kejadian masa lalu diperlihatkan.
  2. Berdasarkan pola tersebut, maka mulai melakukan prediksi atau prakiraan, apa kejadian yang mungkin terjadi berdasarkan kecenderungan pola tersebut.
  3. Telah melakukan perencanaan antisipatif masa mendatang.

Pendekatan adaptif bisa disebut sebagai pendekatan antisipatif, namun ini belumlah pendekatan yang terbaik. Kebanyakan para manajer/leader menggunakan pola ini sekitar 20-30%. Bisa dilihat, mereka menggunakan data statistik, analisis kuantitatif/kualitatif, penggunaan quality tools (7 Tools dan turunannya), serta korelasi hubungan antar kejadian satu sama lain.

Contoh pendekatan adaptif : Diketahui bahwa turnover karyawan sukarela sering berlangsung pada bulan Februari, Maret  tiap tahun ternyata dikaitkan dengan proses perencanaan manpower planning kompetitor perusahaan lain. Berdasarkan analisa data, diketahui bahwa yang keluar adalah karyawan dengan masa kerja dibawah 3 tahun, status management trainee. Selanjutnya dibuat solusi melalui pemberian retention reward, untuk trainee bila melewati masa kerja di atas 5 tahun, dan berprestasi dengan nilai performa memuaskan.

Pendekatan antisipatif atau adaptif paling sering melihat hubungan antar kejadian event satu sama lain, pola kecenderungan, sejarah kejadian dan berbagai analisis statistik.

Satu pemikiran pada “Teknik Berpikir dalam pemecahan masalah (2)

  1. Ping balik: Teknik Berpikir dalam pemecahan masalah (3) | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s