Senjata Masa Depan : Laser Weapon System !

US-Navy-Weapons-System-LaWSAngkatan Laut Amerika , US Navy baru saja mengumumkan bahwa ujicoba baru Senjata Laser di Teluk Persia akhir tahun ini, berjalan sukses saat uji coba bulan November. Ujicoba tersebut melibatkan Kapal Perang USS Ponce dan dua buah target baik di udara maupun di laut.

Senjata tersebut, dimana disebut sebagai LaWS (Laser Weapon System) buatan Kratos Defense & Security Solution berhasil menghancurkan dua target uji coba, yaitu sebuah kapal kecil dan pesawat nir awak. Menurut kepala riset angkatan laut amerika, Admiral Matthew L. Klunder, senjata ini akan menjadi kunci utama dan memainkan peranan vital dalam perang kombat di lautan.

Hasil uji coba sangat mengesankan. Dimana ketika target sudah berhasil dikunci, dan saat operator mengaktifkan melalui perangkat seperti joystick, maka target langsung kena hampir seketika dan instan. Mirip dengan permainan game, karena memang kecepatan Laser hampir mendekati kecepatan cahaya.

Senjata Laser mampu menunjukkan kinerja hampir sempurna dalam berbagai kondisi cuaca buruk serta mampu menargetkan obyek baik di udara maupun di laut seperti kapal kecil dan pesawat nir awak (UAV). Dengan pengoperasian seperti video game controller, maka sistem ini didisain untuk ancaman baik mematikan atau ancaman asimetrik, berupa kapal cepat kombatan kecil dan pesawat nirawak.

Tampaknya senjata ini, akan menjadi senjata masa depan dalam perang asimetrik di perairan, karena hanya memiliki biaya sangat rendah, kurang dari satu dollar per tembakan untuk prototype sistem ini dengan kekuatan 30 kilowat. Rencananya, akan dihantarkan sistem sejenis dengan kekuatan 100 s/d 150 kilowatt pada kapal perang Amerika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s