Menjalankan Employee Wellness Program di perusahaan

acrobatic business man in blackAnda ingin menjalankan employee wellness program di perusahaan? Jika dilakukan dengan benar akan memberikan manfaat besar dan kesuksesan terutama kesehatan karyawan. Bahkan juga mampu meningkatkan keterlibatan / engagement , karena karyawan merasa diperhatikan kesehatannya.

Tentunya, perlu dibuat langkah sistematis dan komperehensif agar program tersebut berjalan secara baik. Berikut adalah langkah esensial yang perlu dijalankan :

  1. Buat rencana secara formal dan terprogram. Artinya, harus memiliki sasaran jelas agar memiliki kredibilitas mengapa perlu program tersebut. Akan lebih baik jika bisa dikaitkan dengan program lain, seperti : menurunkan employee cost dalam hal pengobatan, meningkatkan keselamatan kerja dll. Tentunya yang bisa memberi dampak terhadap tingkat pengembalian investasi.
  2. Buat budget. Tanpa alokasi spesifik sumberdaya untuk program tersebut, maka dampaknya tidak akan terlihat.
  3. Tentukan siapa agen perubahan. Mirip dengan manajemen perubahan, maka diperlukan seseorang yang benar-benar bisa jadi teladan, role model bagi karyawan lain agar bisa menjadi inspirasi untuk ikut dan berpartisipasi erat dalam program tersebut. Perlu dukungan dari senior management untuk menjalankannya.
  4. Komunikasikan secara formal. Bisa melalui poster, email atau media lain. Beritahukan manfaat dan benefit bagi karyawan jika mengikuti program tersebut.
  5. Kumpulkan data. Untuk mengetahui apa yang karyawan butuhkan. Sumber umum dari data internal dan eksternal termasuk demografi karyawan, data klaim kesehatan, dan survei (yang dapat mencakup apa pun dari penilaian kesehatan karyawan dan survei keterlibatan karyawan ).
  6. Buat intervensi yang ditargetkan berdasarkan data diatas. Dari data dan informasi, bisa menargetkan isu-isu spesifik di tempat kerja misalnya melalui kesadaran dan pendidikan, program perubahan perilaku, atau penyesuaian kebijakan di tempat kerja.
  7. Mengukur hasil dan dampak. Kita sudah sering mendengar, “Jika Anda tidak dapat mengukurnya, Anda tidak bisa mengelolanya,” demikian pakar manajemen mengatakan. Pastikan sudah memiliki metrik di tempat untuk menentukan bagaimana program kesehatan berhasil dan area mana masih perlu perbaikan.

Jika dilaksanakan langkah diatas, maka hasilnya akan luar biasa. Kesehatan meningkat, keterlibatan karyawan membaik dan benefit bagi dua pihak yaitu karyawan dan perusahaan.

Satu pemikiran pada “Menjalankan Employee Wellness Program di perusahaan

  1. Ping balik: Apa yang perlu diperhatikan dalam program Wellness Program? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s