Inilah Lima Besar Produsen Smartphone di tahun 2014 !

Concept SmartphoneSiapa lima besar produsen Smartphone tahun 2014 ini berdasarkan pengiriman sampai Q3 2014 ? Jika terpikir  nama seperti Blackberry, Sony maupun Nokia/Microsoft masih masuk lima besar, maka anda salah besar. Mereka memang masuk lima besar sekitar 5 tahunan lalu., namun kini sudah terdepak.

Kerasnya persaingan di dunia gadget, smartphone dan cepatnya perkembangan teknologi  mobile handset menyebabkan nama-nama tersebut gagal mempertahankan pangsa pasarnya. Beberapa nama lain seperti Siemens, Ericsson bahkan sudah tidak lagi terdengar di dunia mobile handset. 

Lima besar produsen Smartphone adalah Samsung, Apple, Xiaomi, Lenovo dan LG. Dua dari Korea, dua dari Cina dan satu lagi dari Amerika.  Hanya satu nama, Xiaomi yang belum terdengar kiprahnya lima tahun lalu, namun kini sudah bertengger di nomor tiga, dengan nilai penjualan 17.3 juta unit sampai Q3-2014, menggeser posisi Lenovo. Padahal tahun lalu masih berada di posisi nomor 5. Posisi mahkota masih ditempati Samsung, diikuti oleh Apple.

Xiaomi yang didirikan oleh Lei Jun, tahun 2010 kemudian pada tahun 2013 diperkuat mantan pengembang Android di Google , Hugo Barra memang mencatat pertumbuhan mencengangkan.  Tahun 2013, mereka sudah mencatat pertumbuhan pendapatan senilai 5.4 Milyar USD, dengan total karyawan mencapai 3000. Pendirinya, Lei Jun sudah menempati urutan no 23 terkaya di daratan Cina versi Forbes.

Chart IDC 2014Q3Dengan spesifikasi cukup mumpuni dan harga sangat kompetitif, Xiaomi hanya dalam tempo  kurang dari 4 tahun, sudah menjadi produsen no 3 Smartphone di dunia, berdasarkan laporan IDC. Lei Jun, dalam wawancara dengan Bloomberg mengatakan bahwa harga Xiaomi hampir mendekati harga material komponennya atau Bill of Material (BOM). Artinya, margin dari handset Xiaomi tentunya sangat tipis sekali.

Apa saja strategi, inovasi maupun langkah aksi yang dilakukan Xiaomi, sehingga mereka bisa menjadi rising star dalam dunia Smartphone?.  Bagaimana mereka bisa meraih keuntungan? Darimana saja sumbernya?. Beberapa analis bahkan menduga jika mereka konsisten dengan strategi maupun inovasinya,  bisa melampaui Apple di posisi no 2 vendor Smartphone.

Nantikan pada tulisan selanjutnya.

Sumber : IDC.com, Bloomberg, Forbes

7 pemikiran pada “Inilah Lima Besar Produsen Smartphone di tahun 2014 !

  1. Ping balik: Strategi Xiaomi dalam menembus pangsa pasar Smartphone | ilmu SDM

  2. Ping balik: Apa strategi Xiaomi di tahun 2015? | ilmu SDM

  3. Ping balik: Bagaimana Strategi Microsoft memenangkan kerasnya persaingan dunia Mobile Handset? | ilmu SDM

  4. Ping balik: Siapa lima besar produsen smartphone tahun 2015? | ilmu SDM

  5. Ping balik: Siapa pemain terbesar manufaktur IC/Chipset di dunia? | ilmu SDM

  6. Ping balik: Inilah salah satu kandidat produsen Smartphone terbanyak di dunia tahun 2016 | ilmu SDM

  7. Ping balik: Apa dampak Xiaomi dan Huawei bagi Samsung? | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s