Belajar dari Genentech, perusahaan tempat kerja terbaik peringkat 6 tahun 2014

GenentechGenentech, subsidiari dari Roche company, perusahaan industri farmasi, bioteknologi cukup besar menempati peringkat 6 perusahaan tempat kerja terbaik versi Fortune 100 di tahun 2014. Peringkat 1 ditempati Google, dan peringkat 2 diraih SAS. Keduanya sudah pernah direview di sini, baik untuk Google maupun SAS maka kali ini review akan fokus pada Genentech. Riset ini seperti biasa dilakukan oleh Great Place To Work Institute (GPTW).

Memiliki kantor pusat di San Fransisco, California, dengan pendapatan 16 milyar USD pertahun, Genentech banyak memiliki program yang memberikan kebanggaan bagi karyawan dan juga dedikasi untuk bekerja lebih baik. Beberapa program seperti Patient Connect, dimana karyawan dapat bertemu dengan orang-orang sebagai inspirasi hari ini, sampai dengan Pipeline Palooza, sebuah selebrasi terhadap ilmu maupun inovasi karyawan telah membuat lingkungan kerja di Genentech penuh dengan komitmen bersama.

Di Genentech, 92 persen karyawan melaporkan bahwa mereka sering atau hampir selalu membawa tanggung jawab yang berarti dalam organisasi dan bangga dengan prestasi mereka, dampak perusahaan bagi masyarakat dan reputasi perusahaan di dunia. 79 persen karyawan mengatakan mereka sering atau hampir selalu mengalami pertukaran bebas dan transparan ide dan informasi dalam organisasi. Mayoritas (83 persen) dari karyawan merasa bahwa mereka mendapatkan informasi mengenai isu-isu penting tentang  perubahan, dengan manajer yang mudah didekati dan untuk diajak bicara. 8 dari 10 karyawan juga percaya harapan terhadap pekerjaan dibuat dengan jelas dan manajer benar-benar mencari dan menanggapi saran dan ide-ide mereka  memiliki. Sebagian besar (78 persen) mengatakan bahwa mereka mendapatkan jawaban langsung ke pertanyaan wajar yang mereka minta.

Program unggulan yang dikembangkan untuk meningkatkan keterlibatan dan komitment karyawan juga berjalan baik di Genentech, antara lain :

  • Pipeline Palooza: Sebuah acara festival bertema disebut Pipeline Palooza, dimana pemimpin platform untuk berkomunikasi dan merayakan prestasi ilmiah terbaru terhadap karyawan.
  • Inovasi Ah-Ha: Pada acara perayaan yang disebut Inovasi Ah-Ha, produk karyawan pengembangan teknis bersama-sama membahas bagaimana kelompok itu mendorong inovasi yang lebih baik.
  • EC Coffee Chatting: program Santai, kelompok kecil bertemu dengan Komite Eksekutif Genentech, yang disebut EC Coffee Chatting, memungkinkan karyawan untuk menghubungkan, bertanya dan membagi perspektif. Chatting ini terjadi di seluruh perusahaan.
  • DNA News. DNA News adalah sumber daya perusahaan untuk berita penting yang melibatkan pertukaran informasi, budaya dan komentar. Karyawan menulis artikel berita untuk berbagi segala sesuatu yang terjadi di perusahaan dan pemimpin yang terlibat dalam mengkaji kisah-kisah tersebut.
  • IdeaStorm: IdeaStorm adalah cara bagi karyawan untuk mengusulkan segala macam ide untuk aplikasi. Ide ditampilkan agar semua orang bisa melihatnya, aplikasi terkait yang sudah dibagi dan serta ide aplikasi yang akan dikembangkan lebih lanjut.

Genentech2Bagaimana komentar karyawan terhadap Genentech sendiri? Ini yang menarik. Mari kita lihat komentar mereka  :

“Saya percaya bahwa banyak orang yang bekerja di Genentech benar-benar ingin membuat perbedaan bagi masyarakat, khususnya untuk mengembangkan terapi yang membuat perbedaan berarti bagi kehidupan pasien.”

“Budaya di sini adalah fantastis. Anda memiliki banyak kesempatan untuk mengejar impian Anda di sini, mengembangkan diri dan menciptakan jalur karir Anda. Pipa di sini sangat kuat, membuat masa depan yang sangat menarik.”

“Perusahaan ini memberikan rasa stabilitas. Ada rasa bangga dalam pekerjaan yang saya lakukan untuk membantu memberikan kontribusi membawa obat baru ke pasar. Ada sejumlah besar produk yang dipasarkan. Selain itu, kami memiliki ilmuwan besar di sini memberikan kontribusi untuk pembangunan dan memberikan harapan untuk memerangi penyakit di luar sana. “

Genentech telah melangkah jauh, dalam berkolaborasi erat dengan karyawan maupun berbagi terhadap komunitas di sekelilingnya. Hasilnya, sebuah jalinan erat antar karyawan, manajemen maupun lingkungan dengan kontribusi ke depan dalam memberi manfaat lebih luas baik bagi masyarakat maupun para stakeholder lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s