Cara mengatasi masalah sulit dalam diri anda

kashmirDalam sesi pelatihan kepemimpinan dan motivasi bagi para leader tingkat eksekutif, ada hal yang sering penulis sampaikan terkait dengan menghadapi kondisi sulit atau menyulitkan. Tentunya, seringkali dipahami bahwa masalah ‘dilemparkan’ atau merupakan pihak lain menjadi ‘sumber masalah’. Padahal tidak selamanya demikian. Pernahkah anda berpikir jangan-jangan bahwa diri andalah yang ‘bermasalah’?

Ini justru menjadi masalah besar. Jika tidak menyadari bahwa diri kita adalah sumber masalah, maka selamanya tidak akan bisa mengenal bagaimana mengatasi masalah tersebut. Beberapa langkah bisa dijalankan untuk mengatasinya, yang terpenting adalah pertama anda adalah sadar bahwa hal tersebut datang dari diri anda.

Apa yang harus anda lakukan? Inilah tindakan yang seharusnya dikerjakan :

  • SELF-AWARENESS: Menggunakan kesadaran diri untuk mengatur diri sendiri.
  • ALLOW OTHERS TO HELP ME: Ijinkan orang lain untuk memberi sinyal kepada anda, lalu atur diri sendiri.
  • SEEK FEEDBACK: mencari bimbingan dan umpan balik, bagaimana seharusnya bersikap.
  • ANTICIPATE AND PREPARE: Belajar untuk mengantisipasi masalah atau situasi sulit, kemudian melatih mental bagaimana meresponsnya dengan positif.
  • PRACTICE: Berlatihlah ketika menghadapi situasi sulit dan berat. Saat anda dalam keadaan sulit/berat, maka itu kesempatan untuk melatih tingkat emosi/mental anda
  • GIVE MYSELF A TIME-OUT: Gunakan teknik untuk mengubah  mental/emotional state anda… telpon teman, baca puisi, menulis, olahraga atau hal lainnya.

Jika anda punya cara lain, segera cari dan temukan. Karena hal tersebut akan membantu bagaimana anda mengendalikan dan mengontrol tingkat emosi/mental anda. Jika sudah tahu dan cara tersebut bekerja untuk diri anda, catat dan jadikan pengingat bahwa teknik tersebut berhasil untuk anda.

Tidak ada cara yang lebih baik dari melatih diri anda sendiri dalam menghadapi situasi sulit. Hanya terkadang, banyak orang tidak sadar bahwa mulai dari diri sendiri seharusnya dimulai..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s