Saran Snowden untuk Keamanan Berselancar di Web

Snowden PosterEdward Snowden, mantan analis NSA (National Security Agency) – semacam badan CIA khusus untuk intelijen informasi, data elektronik dan kontra intelijen global – menyebutkan bahwa bagi mereka yang ingin mendapatkan privasi atau keamanan dalam berselancar, berkomunikasi di internet, supaya menghindari layanan popular seperti Microsoft, Yahoo, Google, Facebook maupun Twitter.

Sebagai contoh, jika kita menginginkan layanan file sharing, seharusnya menghindari layanan DropBox, dan Snowden menyarankan menggunakan layanan SpiderOak. Terutama karena DropBox tidak mendukung enkripsi cukup baik.
Apa saja yang disarankan oleh Snowden, berikut hasil tips sebagaimana hasil interview dengan Jane Mayer sewaktu New York Festival, 11 Oktober lalu.

  1. Jika sering menggunakan GoogleHangout, voice messenger Skype atau lainnya, hampir semuanya tidak aman. Snowden menyarankan penggunaan teks atau suara terenkripsi, seperti yang ditawarkan RedPhone dan SilentCircle.
  2. Meskipun email hampir sebagian besar terenkripsi, masih banyak provider yang bisa memberikan ‘kunci’ jika diminta pemerintahan Amerika. Snowden dulu menggunakan layanan email LavaBit, namun sekarang telah ditutup Ladar Levison karena menolak untuk menyerahkan ‘kunci’ ke NSA. LavaBit merupakan provider webmail yang menggunakan proteksi tingkat tinggi, termasuk enkripsi asimetrik, serta kriptografi kompleks pada tingkat yang hampir tidak mungkin bagi agen intelijen untuk menyadap konten email.

Menurut Snowden, NSA memiliki banyak program rahasia, dimana warga Amerika tidak perlu tahu nama perorangan yang sedang dalam investigasi. NSA tidak perlu mengetahui teknis detil setiap program di dalam komunitas intelijen. Namun NSA harus mengetahui garis batasan kekuasan pihak lain dan garis batas kekuasaan yang diklaim pemerintahan Amerika, serta bagaimana itu dapat mempengaruhi hubungan Amerika di luar negeri. Karena jika NSA tidak melakukan itu, maka Amerika tidak lagi jadi penguasa, tidak lagi menjadi pemimpin. Amerika harus menjadi subyek, dan kami memiliki aturan.

Apa yang disampaikan Snowden telah membuka pemikiran banyak pihak, bahwa ada pihak tertentu yang senantiasa mematai segenap aktifitas warga, baik di Amerika maupun luar Amerika. Kemampuan NSA untuk menyaring, memfilter, menangkap informasi terutama yang beredar di internet, termasuk menekan penyedia layanan popular seperti Yahoo, Google, Facebook maupun lainnya tentunya bisa mengancam privasi dan keamanan.

Lalu, jika anda memilih aman berselancar, tentu lebih baik meninggalkan layanan popular tersebut. Gantilah dengan layanan dengan kriptografi, enkripsi serta proteksi tingkat tinggi.

Satu pemikiran pada “Saran Snowden untuk Keamanan Berselancar di Web

  1. Ping balik: Mengenal dunia terdalam Internet.. | ilmu SDM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s